blogger bekisar : laporan observasi (pt.one)

  • perhatian : ini cerbung
  • maap, belum pake ilustrasi poto, lg dipilihin -
  • link juga belum sempurna -

Awalnya dr sebuah komennya zam, di salah satu posting, yg menceritakan keadaan pandansari riwayatmu kini. Berhubung daku sedang ga intens dengan dunia maya, maka promosi yang sekaligus sbg undangan itu belum terlalu memikat perhatian. Beberapa hari kemudian, melayang undangan yg dikirimkan Zam lewat sms. Undangan untuk ikutan bersih-bersih Pantai Pandansari, tertanggal 27 januari jam 7 kumpul di Vredeburg. Hualah, pucuk dicinta ulam tiba. Ini undangan kopdar bukan ??? Buru2 daku sounding ke pacar gw, bahwa hari Minggu tersebut daku tak bisa berada di sisinya dikarenakan ada undangan dr komunitas blogger untuk bersih2 pantai. Sengaja ga ku ajak, biar ga ganggu ketika waktunya daku untuk ngelaba nanti….huehehehehe….

Sayangnya, ketika kucoba untuk mengajak bbrp temen cewek yg masih lajang tp sudah punya pacar semua, ga ada satupun yg tertarik, walo udah di iming2i acara ngelaba (kan sebagian bsr blogger yg hadir nanti, cowo, hehehe).

  Ternyata akhir pekan tersebut sangat padat buatku. Jagong bayi dan jd nyonya rumah acara masak2 tempoyak, sehingga daku ga sempet belanja apa-apa, seperti cemilan. Membayangkan bahwa berangkat jam 7, pasti belum sarapan shg perlu cemilan pengganti makan pagi plus untuk berbagi dg teman2 baru nanti (diplomasi makanan). Selain itu, baru malam itu aku sempet buka antobilang, so baru ngeh dg kisah sebenarnya dan persyaratannya. Sialnya, aku juga baru bs tidur jam 3an, so ketika alarm hape bunyi hmp jam setengah enam, daku lumayan gelagapan dan males krn masih sgt ngantuk. Tapi terbayang wajah Zam akan menjemputku nanti yg akan kecewa krn tamu undangan sekaligus bintang tamu ini membatalkan untuk datang –huek!!- (kebetulan semalam udah sms, andai tak keberatan, Zam menjemputku, dikarenakan mumunku sedang ogah keluar) maka rasa ngantuk pun ku tepis jauh2.  Sisa pagi yg singkat itu segera kumanfaatkan sebaik mungkin untuk sarapan indomie dan mandi. Dan sial bagi Zam, dia terpaksa harus menunggu mandiku, di tengah2 dia kebingungan mencari rumah Jeng Memeth ini. Aduh kasian sekali kamu nak, pagi2 udah bingung di kampung orang, hehehehe…. 

Jam 7.05, kami berdua sudah stand by di lokasi, tepatnya di seberang gedung agung. Awalnya hanya kami berdua, dan mas Zam sempet kebingungan cari temen cowoknya –gubrags!!!- Pd saat itu, daku sempet melirik sosok yg cukup eye catching di bilangan Vredeburg, sedang duduk-duduk seperti menunggu sesuatu or seseorang. enilik gayanya seperti sosok turis dr Jakarta gitu. 

 Setelah mas Zam ketemu temen cowoknya, yaitu bang kai alias bang lani (eh bener ga ya, ejaannya) dan melepas rindu –hihihi- kami segera ketemu mas Funkshit dan beberapa orang lain yg belum daku kenal. Sesi kenalan pun langsung terjadi. Ga seunik yg diceritain kang Dobelden sih, biasa aja tuh, habis ga pake game2 a la training gitu, hehehe. Jadi ya Cuma salaman, nyebutin nama, gitu aja. E lhadalah, tyt sosok eye catching tadi, beneran blogger. Dialah kang Herry, dg blognya rumahkayubekas –feeling gw tajam juga nih- 

Ada kebetulan yang menyenangkan dari kang Herry ini. Setelah ngobrol-ngobrol, ternyata beliau istirahat di losmen sederhana milik Bapak (**promosi : hotel Pantes**) !!! Wah, padahal tadinya begitu tau ada calon konsumen, uda mo promosi. Ternyata keduluan^^. Sudah begitu, dengan latar belakang beliau, wah….daku merasa sungguh beruntung bertemu beliau. Jadi bisa konsultasi nih ^^ (eh, Kang, bisa kok dibarter konsultasi psikologis, hehehe)

Menit merangkak naik, begitu juga matahari. Ternyata masih banyak temen2 yg telat (ato nelat???). terlihat wajah2 gelisah krn kelaparan. Mbak Sari, yg dibawa oleh Kang Deden (ehm) cerita, dia bela2in bangun jam 3 (krn rumah di Magelang sono) dan memaksakan diri untuk sarapan (ato sahur??) mie + energen. Hasilnya ?? ga habis, ya maklum, mungkin yg bersangkutan ga biasa lambungnya diisi makanan berat jam segitu. 

Nah, sampe jam 8 lebih, masih aja, ada teman2 yg belum datang dan ga jelas lg ngapain. Tp kegelisahan (dan kelaparan) tersamar oleh hasrat narsis, maklum PSK, sehingga dimanfaatkan untuk ajang foto-foto. Hah, obsesi model majalah trubus gak kesampaian ya ?? *PSK = pria/perempuan sadar kamera*

Kasihan juga sih, kl lihat tampang2 yg mengharap sarapan ato sekedar cemilan. Sebenarnya, andai teman2 yg telat kasih kabar bakalan telat gitu, mungkin akan lebih enak. Karena kami jadi pasti mo ngapain. Kemaren, mo daku ajak cari sarapan bubur gudeg di bilangan Sosrowijayan, gudegnya mBok Lindu yang establish sejak thn 70an dan sambel kreceknya maknyussss, dakunya ragu2 krn menunggu teman2 yg belom pd dateng itu. 

Akhirnya mas Anto, seksi sibuk yg sama sekali jauh dr seksi, memutuskan untuk berangkat jam 8 lebih tersebut (lupa, tepatnya kapan) krn nanti khawatir kesiangan dan di pantai akan kepanasan. Ternyata sebagian besar rombongan lbh suka naik motor sendiri drpd naik bis yg telah tersedia. Total dr 30an peserta, hanya sekitar 10 yg naik bis (daku, mbak Sari, kang Dobelden, kang Herry, Tikabanget, Anto, Uncle Goop (naik bis, nggak Mas???jangan2 salah orang lagi >__<), mbak Dina -Yg khusus diperkenalkan oleh mas Ijal-, Nico, mbak Amma, mas Edwin -?? Yg pendiem bgt itu lo-, ada yg belum absen ??). Lhah, kok ga sesuai dg semangat go green-anti global warming ??? lha itu pd milih pake motor drpd ber-ngirit ria pake bis. Bisnya emang jauh dr eksklusip sih, ya bis kecil dg kapasitas 15-20 orang trayek jogja-samas gitu deh. Angkudes alias angkutan pedesaan lah. 

So rombongan beriring-iringan menuju puskesmas kecamatan Mantrijeron, atas kebaikan hati mbak Amma yg kakaknya berumah dinas disitu, utk nitip motor (biar ber boncengan). Disitu pun sempat tjd aksi tunggu menunggu, entah nunguin apa. Kelar urusan, cabuuuut hyuuuuuk. Sopir bis langsung tancap ke arah ring road selatan dg melewati Panggung Krapyak. Ternyata masih ada teman yg domisili jogja, yg masih blm ngeh dg Panggung Krapyak. Sayang Zam, si tour-guide ga di dalam bis, jdnya gw ngasih penjelasan agak belepotan.

 Dr ring road, gw sempet liat jam, sekitar jam 9.15. Kami yang berada dalam bis, cukup menikmati perjalanan. Memang obrolan agak kurang mengalir lancar, krn masih baru jumpa dan sering bingung mo ngomong apa. Daku perhatikan, teman2 yg sudah pernah berjumpa dan akrab, yg mengalir lancar obrolannya. Tp bagus lah, suasana jd lbh hidup. Paling enggak buat blogger kuper kayak daku, yg gak ngeh dg infotainment dunia blogger, jd rada2 ngerti gitu. Selain itu, pemandangan sawah dimana-mana cukup membuat mata terhibur. Pemandangan menuju pantai memang indah. Sawah-sawah di bantul, kl menurutku, khas krn landai. Udah gitu tanah bantul tuh subur, jd selain sawah yg ijo royo-royo, masih banyak pepohonan di sisi jalan. Kang Deden aja sampe heran pas liat masih banyak sawah di Bantul, padahal dia aselinya Cianjur, termasuk gudang beras to??

Oia ada yg cukup lucu, krn tyt supir bisnya ga ngerti pantai Pandansari. Dia ngehnya dg pantai Patehan. Lha malah kita yg kurang ngeh. Untunglah, mas Anto berhasil menjernihkan kekisruhan tersebut. Selain itu, petunjuk jalan menuju Pandansari juga cukup jelas kok. 

Ciiiit, akhirnya bis memasuki area pantai dan berhenti di parkiran. Eh mundur dulu bentar, pas kita mo masuk loket retribusi. Motor yg dinaiki Zam berboncengan dg mesranya dg bang Kailani sempet ketiban masalah : bannya bocor. Jadilah mereka minta ditinggal dulu. Sementara kami bayar retribusi. Cukup murah lo, bis/ mobil cuman 1500, per orang masuk 1000. pokoke waktu itu bayar serombongan 30ribuan lah. Nah akhirnya, kita masuk pantai. Jam menjunjukkan jam 10 kurang. Berarti lama perjalanan sekitar 30 menit.

Begitu rombongan turun dr bis, kami disambut terik panas matahari. Benar2 cerah dan tiada awan sedikitpun. Daku sempet curiga, entah siapa di antara cah andong yg lempar cancut alias celdam ke atap kos-kosannya, shg cuaca sampe malam itu cerah banget, malah super gerah. Padahal sehari sebelumnya, Jogja diguyur hujan superlebat dan kabarnya sempet angin kencang. Rombongan tampak rada jiper dg panas menyengat. Jadinya kami masih duduk2 dulu, nyiapin peralatan tempur, briefing singkat, sambil minum2. begitu cowo2 seksi -maksudnya seksi sibuk- mengeluarkan peralatan tempur, gw sempet terkesima dg hasil belanjaan mereka. Soalnya lgsg berimajinasi, gimana gaya cowo2 tersebut belanja. Bayangkan sodara, cowo2, tampang mahasiswa (tua), gerombolan (pasti ribut dan norak kl ada cewe, dan itu terbukti dr cerita mereka yg sempet nggodain SPG), belanja di alfa supermarket. Mereka sempet2nya beli mitu, tisu basah. Oooh, daku terharu….. 

Yg daku sayangkan, kenapa beli kantong plastik baru ??? iya sih, kepake. Tp bukannya lbh hemat dan sesuai dg semangat cinta lingkungan, kl pake tas kresek bekas. Seperti beberapa mbak-mbak, down line-nya mas Alle, begitu siap2 mereka lgsg ngeluarin tas kresek bekas. Sepertinya mereka udah pengalaman. 

Pantai pagi itu, cukup sepi. Yg cukup banyak adalah pemancing ikan. Selain itu, ada beberapa pasangan (pacaran kok panas2) dan 3 abege putri yg Cuma duduk2 aja di parkiran smb sedot es jeruk dan ngobrol2. maka begitu rombongan kami beraksi, palagi pake gelar spanduk segala, kegiatan kami cukup menarik perhatian pengunjung yg lain. Sayangnya, mereka seperti kurang mengapresiasi. Buktinya daku sempat menemukan bbrp sampah yg msh baru kinyis2. daku sempet nyeletuk kpd pasangan yg baru datang, “eh buang sampah pd tempatnya ya”. Lhah, mereka malah celingukan kayak bingung.

Oia, sebelumnya, ternyata rombongan kami sudah ditunggu oleh bbrp teman dr gudegnet, yg kabarnya khusus utk motret2 kami eh kegiatan kami. Begitu ada komando dr mas Anto, rombongan langsung beraksi. Ada yg berkelompok, ada yg menyendiri. Kayak daku yg menyendiri, krn merasa lbh khusyu’. Dan sepanjang pemungutan, bener yg dibilang mas Anto, bahwa sampah plastik buanyaaaaaaak banget bertebaran. Sgt membuat prihatin. Dr bungkus makanan sampe pembalut bekas, masya allah gustiiiiii……jij sekali deh. Daku dr pertama sudah lgsg konsen ke sampah yg sulit terurai seperti plastik dan karet. Omong2 karet, daku kok ga nemu karet kondom ya, hehehe. Jenis sampah yg daku berhasil kumpulkan satu tas kresek penuh, mulai dr plastik bungkus makanan, plastik gula, sandal, tali tambang, bungkus odol, sachetan shampoo, sikat gigi, batre, dan robekan kain (bukan cancut maupun bra looooo). 

Jam 11an, daku sudah tak tahan. Rasanya panas sekali. Setelah plastik cukup penuh, daku kembali ke base camp yg memanfaatkan keteduhan cemara udang pinggir pantai, dan lgsg meneguk air putih nan segar. Sambil berteduh, daku perhatikan teman2 yg masih semangat 45, seperti jeng Tikabanget yg dg gagah berani menyongsong panas, tanpa topi tanpa jaket (walo pas balik dr mungut sampah tyt doi udah pake jaket, entah jaket sapa), ato kang Herry yg jauh2 dr bandung, belum sarapan, dan menutup kepala dg handuk untuk melindungi dr sengatan matahari, ato mbak2 kita yg berjilbab, dan cowo2 kita yg ga pake sunblock berjibaku dg panas dan sampah. Bener deh, sekitar 20an menit stlh daku istirahat, mereka satu persatu datang dg wajah2 gosong. Yg item jd makin item kemerahan, kulitnya jd belang, dan yg putih jd kayak udang rebus, putih kemerahan. Keringat mengalir dimana-mana, membuat wajah-wajah yg sudah kumal semakin kumal. 

Akhirnya kami istirahat di bawah rindang pohon cemara, dan seksi konsumsi segera mengeluarkan penangsal lapar sementara makan siang sdg disiapkan. Berbagai kacang2an, marning, permen chupachup, snack2 kering, plus beberapa jajananan pasar seperi lopis dan ketan. Sayang yg terakhir kurang banyak, krn karbohidrat sperti itu sgt berguna pd situasi seperti ini. Kl yg kering2an td, kayaknya bbrp teman kurang bernafsu, mungkin khawatir perutnya jd makin perih, hehehe. Tak ketinggalan, berliter-liter air menjadi obat dahaga dan panas kami. Obrolan pun mengalir akrab, sementara kami sudah lumayan ledeng kena panas. Pd waktu itu, tiba2 dua sejoli muncul, Zam dan bang Kailani, setelah berhasil memberesi asalah motornya. Mereka melihat kami lg duduk2, tak ikut duduk2. Mrk lgsg singsingkan lengan baju, ambil plastik, dan kumpulin sampah. Mesra sekali. So sweet dan bikin terharu. Kami terinspirasi oleh semangat dan keteguhan mereka. Sehingga bbrp teman masih mempunyai semangat untuk ngumpulin sampah lagi. 

- bersambung -

About these ads

17 thoughts on “blogger bekisar : laporan observasi (pt.one)

  1. clingak clinguk :o kok lum ada yg komen :o
    woh kl mslh waktu, anak2 emg bermasalah dgn waktu mbak…dan kmrn itu pengalaman pertama kegiatan yg ngajakin lumayan bnyk orang luar, jd terkesan awut2an gt :D

  2. Kemaren, mo daku ajak cari sarapan bubur gudeg di bilangan sosrowijayan, gudegnya mbok lindu yang establish sejak thn 70an dan sambel kreceknya maknyussss,

    jadi kapan bisa kita review??

  3. Ping-balik: Terima Kasih, Bloger Bekisar » CAHANDONG.ORG

  4. @ ekowanz :

    hahaha….maklum kok, saya juga sering telat….kl telat alias mundur jd budaya sih saya uda maklum. yg belum membudaya adl kebiasaan untuk memberitahukan bahwa yg bersangkutan akan telat, jd yg nunggu gak gelisah. gitu….semoga temen2 bisa menerapkan kebudayaan baru tersebut.
    itung2 latihan kl udah kerja dan musti kerja bareng klien penting yg bawa tender em-em-an buat kantor ^_*

    @ mas fajar yg cerah^^ :

    lebih gimana apanya nih ??
    cari jajanan pasar?? ayo tho…..

    @ funkshit :

    hahaha…..baik kali kau, mas, shg sudi untuk memintakan maaf buat mas eko, hehehe

    @ goop :

    iya nie, template-nya begini….daku lg berpikir utk menggantinya….
    maap udah bikin jereng, hehehe

    @ leksa :

    oh iyah, maap, maap^0^
    *wah ada yg tersungging nih*

    @ zam :

    wah, tenan kuwi mas, bubur gudegnya mak nyus tenan. palagi pake sambel kreceknya. dan yg jual masih mbok lindu aseli, sejak kakakku masih teka (skrg udah punya anak 2)
    ayo kapan ?? *nantang*

    @ anto :

    *ngakak ngebayangin adegan waktu itu*

    @ nico :

    sabar ya….lg sempet ketemu warnet sekarang, biar enak hajarnya^^

    @ dobelden :

    cemburu nih, kang?? ;)

  5. Ping-balik: Warung Kapucino » Soeharto Lagi..??

  6. @ goenawan lee :

    aih-aih, segitunya…kan di sekuelnya, namamu disebut…. :lol:

    *ngakak sendiri…ngapain si ni anak, esambet apa.. :-? *

  7. @ kang herry :

    waaaahhh…..heibat euy….ada sekuelnya^^
    maap sekali, sepertinya belum bisa bergabung, dikarenakan kesibukan yg bertumpuk…..

    semoga sukses dg acaranya yaaaa….^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s