definisi ganteng, cakep, dan keren (updated dan edisi revisi)

Gara-gara tretnya iphan di plurk, membuat saya gatel untuk ngobrol2 ringan campur serius perihal kegantengan.

Semua bermula ketika saya memuji iphan itu cakep. Bagi saya sendiri, kata cakep adalah kata yang paling netral untuk memuji keadaan fisik seseorang (atau sesuatu ??). Definisinya sangat luas, dan bisa menjangkau laki-laki dan perempuan, tua muda, anak kecil dewasa, bahkan kadang mobil pun bisa dibilang cakep.

Cakep, dalam artian saya, menyebutkan suatu keadaan fisik yang cukup sempurna. Tapi kata sempurna di sini masih terlalu luas. Apalagi, yang sempurna untuk saya, belum tentu sempurna buat anda.

Oke saya persempit lagi definisi operasionalnya. Saya rasa sempurna disini adalah untuk menyebut keadaan yang enak dipandang.

Nah, ketika saya menyebut seseorang cakep, itu adalah kata-kata denotatif, tidak bermakna (tambahan) apa-apa. Alias netral-netral saja. Saya bisa saja menyebut siapa saja cakep.

Christian Sugiono ini termasuk cakep….sekali lihat, semua orang kayaknya juga setuju kalo dia cakep. Indo memang identik dengan cakep. Tapi ndak semua yang cakep itu indo lho… :mrgreen:

Chris Cornell, vox-nya Audioslaves. Menurut saya, dia cakep, keren. Sexy !!

Tapi ketika saya menyebut seseorang itu ganteng, nah itu sudah berbeda. Tentu saja subyek yang dikenai kata sifat tersebut adalah laki-laki. Ganteng sendiri bagi saya, bermakna konotatif. Ganteng merujuk pada laki-laki yang sudah berusia matang, ada garis-garis kemanisan, kekaleman, keteduhan, dan kedewasaan. Biasanya kulitnya berwarna tembaga, walau tidak menutup yang berkulit terang juga dibilang ganteng. Buktinya, Pierce Brosnan termasuk ganteng, walau dia ras kaukasia begitu. Ga usah jauh-jauh, Mas Iman juga ganteng tuh :mrgreen:

Pierce Brosnan adalah contoh sempurna (menurut saya) lelaki ganteng.

Otong Koil…..ganteng….. *cegluk*

Selain ganteng, ada lho istilah lain ; NGGANTHENG. Pengucapannya memang medok jawa, karena biasanya saya alamatkan untuk laki-laki beretnis jawa. Jadi, laki-laki yang saya sebut nggantheng itu biasanya ganteng klasik, ganteng khas jawa. Ganteng yang biasa kamu temui di pedesaan, di daerah. Saya punya temen satu genk yang masuk banget dengan kriteria nggantheng ini. Jadi bisa disebut, inilah kegantengan klasik yang khas.

Untuk lelaki yang beretnis selain jawa, entah kenapa belum menemukan yang termasuk kategori nggantheng. Pria etnis Ambon, misal, menurut saya manise :mrgreen: Ganteng yang khas masing-masing daerah, mungkin begitu. Seperti misal, pria etnis sunda, ternyata juga mempunyai kegantengan klasik ciri khasnya sendiri yang susah saya jabarkan. Tapi biasanya, kalau saya tahu, saya bisa mengenali.

Saya pernah dapat kalendar dinding, lupa dari mana. Kalender itu bergambarkan lukisan2 wajah Sultan Agung, Ki Ageng Mangir, Panembahan Senopati, dll. Saya ndak tahu, lukisan tersebut rekayasa atau aseli berdasarkan keadaan yang semestinya. Tapi sumpaaaahhh….mereka adalah laki-laki nggantheng dan ganteeeeng semua. Berwibawa, kharismatik. Sangat pantas untuk menjabat raja Jawa. Tak heran jika Roro Kidul, ratunya Laut Selatan, pun kepincut.

Panembahan Senopati

Sultan Agung…..kharisma yang terpancar dari wajahnya memang agung…

Oia satu lagi. Seringkali saya kebingungan jika hendak memuji wajah-wajah anak muda generasi X, Y, Z ini. Buat saya, entah kenapa, karakter wajah sudah berbeda dengan generasi sebelumnya, baby boomers misalkan. Sepertinya teori evolusi berlaku, karena ganteng tahun 70an itu berbeda sekali dengan ganteng versi tahun 2008.

Misal tampang-tampang seperti bintang-bintang sinetron jaman sekarang. Saya ndak apal nama-namanya, tapi bagi saya, kadang aneh melihat wajah seperti itu kok dikagumi cewek-cewek (heheheehehe, no offense). Mungkin selera yang berbeda juga. Bagi saya, kata-kata yang tepat untuk menyebutnya adalah, mereka termasuk kategori cowok-cowok manis.

Dan, hei, entah kenapa, saya lebih mudah menemukan cowok-cowok manis ini di belahan asia daripada di belahan barat. Bagi saya, (seleb) cowok-cowok ras kaukasia itu begitu macho, nglanangi, dan tough. Beda bener dengan yang dari belahan bumi Asia. Sebut misalnya bintang-bintang Korea, bintang-bintang Jepang, India, juga Indonesia.

Ah, perkecualian untuk India, karena walo tampang mereka manis cenderung ganteng, tapi body mereka sekel dan liat banget. Six packs, sepertinya adalah hal ya lumrah.

Nah, yang terakhir ini adalah uncategorized. :mrgreen:

Saya sering bingung dengan tipe-tipe seperti Ariel Peterpan, Once.

Bagi saya (dan dikuatkan oleh lumayan banyak rekanita lain), mereka itu ga masuk kategori ganteng atau manis. Cakep, yah, bolehlah, tapi kurang pas juga. Nah, sahabat saya punya sebutan khusus untuk ini, yaitu ‘Jelek tapi Artistik’ :lol: :lol::lol:

Mengapa begitu ??

Analisa saya, mereka yang masuk tipe ini itu, secara fisik ga masuk standar cakep. Tapi ada ‘sesuatu’ pada diri mereka yang membuat kami-kami para perempuan ini ‘terpaksa’ berhenti, menatap mereka lama, mencermati, dan sedikit mendesah, “oh, wow…”

Nah, faktor X ini yang bisa lain-lain untuk tiap individu.

Ariel contohnya, dia sex appealnya tinggi sekali. Sedangkan Once, saya masih belum tahu apa itu, tapi sepertinya tatapan matanya yang begitu membius.

Dalam kehidupan sehari-hari, saya pun pernah berjumpa laki-laki seperti ini. Dia tidak ganteng ato cakep, tapi….ada sesuatu pada dirinya yang bisa mem-freeze kami, para perempuan. Entahlah, pake susuk apa ya ??

Nah ini saya baru inget belakangan. Kategori keren !!

Yang termasuk kategori keren ini biasanya…mereka sangat atraktif. Bisa dibilang, hampir sama dengan cakep, sinonimnya lah. Ringgo Agus Rahman itu masuk kategori mana ya…dia ga cakep tp lucu, menyenangkan untuk dilihat. Sama dengan Giringnya Nidji, ga ganteng ato cakep, tapi dia bisa dibilang keren. Nah, kalo Farhan itu ?? Dia menurut saya ga cakep, tapi inner handsome-nya membuat dia begitu adorable, menawan. Itu lho, selera humor dia, gayanya yang komunikatif.

Lalu, bagaimana dengan perempuan ??

Apakah cantik dan manis, juga menarik, punya arti yang berbeda ??

Nah ini profil seseorang yang nyangkut di prenster saya. Ohoooyyy…..too good to be true !! Ini mah perpaduan cakep, ganteng, keren, seksi, menarik, you name it !! :mrgreen:

*mohon maaf untuk gabar-gambar yang saya ambil tanpa ijin yang bersangkutan, semua berkat mbah google*

63 thoughts on “definisi ganteng, cakep, dan keren (updated dan edisi revisi)

  1. Coba dijejerin skrinsyutnya dulu biyar jelas seperti apa muka yang termasuk ganteng, cakep, manis, atau ‘jelek tapi artistik’ itu… :?

    meong : hu’uh…tp ni lg nyelesein PR, nulisnya buru2. uh, saya penutur yang kurang bisa membangkitkan daya imajinasi pembaca ya… :roll:

  2. @ pitra
    memeth termasuk kategori jelek tapi artistik. Kenapa??
    karena dia ga cakep tapi pandai menggambar ;)
    pake helm sebelum dipentungi memeth…

    meong : kamu kok ndak komen mengenai teman satu genk yang masuk kategori nggantheng ?? ;) ah kau….berkelit dr memori masa lalu….
    *kabuuurrrr*

  3. kayaknya perlu skrinsut dari masing-masing kategori nih

    meong : pembaca cowok sepertinya kesulitan menangkap apa yang saya maksutkan ya… :roll: piye iki, pembaca cewek kok baru nararya dowank… :p

  4. kalo cowok, bisa horny lihat cewek cantik. apakah cewek bisa ‘basah’ lihat cowok ganteng? trus hal lain apa dari cowok yang bikin cewek ‘pengen disentuh’ terus sama cowok?

    meong : owalah dion..dion…kasian amat, masak cuma liat kecantikan cewe aja bisa horny ?? :lol: hmm….kl pengalaman pribadi saya dan rekanita, kl liat cowo ganteng ya kagum aja, tapi keknya ga sampe yang timbul libidonya. ngeces-ngeces itu adalah hiperbolis yang menggambarkan betapa cakepnya si dia.

    [berharap jawaban jujur dari memeth]

    meong : jujur kacang ijo, kiye

  5. kalau wanita sih med, kalau auranya cantiknya udah keluar sih ya pasti menarik :D

    meong : aura cantik ki piye ?? aku tahunya aura kasih je… :roll: apa perlu ke klinik jeng asih untuk dibuka auranya biar pating clorot ?? :lol:

  6. Okay, serius. Ini yang saya imajinasikan dari post ini:

    Ganteng: sepertinya kok kamu cerita tentang “mateng” doang ya? :mrgreen: Apalagi kalo ditambah deskripsi ‘mapan’…

    meong : namanya juga definisi menurut aku, ya jadi subyektif sekali berdasar apa yang aku rasa dan aku alami :mrgreen:
    iniah sulitnya menyusun definisi kata2 sifat spt ini, yang baku dan standar shg tdk multitafsir *pekerjaan psikolog >_< *
    kalau didefinisikan secara baku, misal alis tebal dan rapi, kedua mata simetris, lubang hidung sekian milimeter diameternya, bibir tidak jontor, bla3…duh itu sama aja kayak bikin kamus kompetensi *dan gw musti dibayar mahal oleh Donald Trump*
    jadi ini soal ‘rasa’, jen….soal fisik, ya aku kasih contoh nama2 yang ku sebut di atas…

    Cakep=ganteng minus berkulit tembaga otot kawat tulang besi ? :mrgreen:

    meong : sudah aku ralat. coba, kamu bisa rasakan gak, bedanya ??

    Nggantheng: ganteng klasik jawa? :? IMO ini sih, karena memeth gadis jawa juga, jadi yaa~ otomatis… :mrgreen:

    *diseret sampai jawa*

    meong : ini juga udah aku tambahin. bukan masalah karena aku jawa sih, tp kebetulan aja yang aku lihat sehari-hari kebanyakan spt itu.

    Cowok manis: cakep tapi tak tll maskulin? :?

    meong : bisa juga diartikan demikian, walau maskulin sendiri juga bisa berarti multitafsir.

    Tipe “Oh, wow…” itu: kaya’nya bukan ‘jelek tapi maskulin’ deh. Harusnya ‘jelek tapi selebriti…’ :roll:
    Saya gak yakin Ariel itu menarik kalo bukan artis… :lol:

    meong : hey, kamu ndak teliti bacanya. aku menyebutkan, dlm kehidupan sehari-hari pun, aku pernah menemui sosok seperti ini. contohnya yang sedang mendampingiku sekarang…
    eh tapi dia ndak jelek deng….ampuuunnn…dia ganteng kok *dicemol* :”>

  7. Sepakat sama Jensen.
    Tambahan : cowok ganteng Jawa di lukisan2 itu biasanya tatapan mata tajam, berkumis lebat, dan kulitnya sawo matang. Dan namanya, panjang bgt

    KMRT, RAM, RM, MNg atau apa lagi deh itu…

    Mirip2 R*y S***o lah…

  8. Ariel punya sex appeal yang

    ..tinggi sekali..

    ?????
    Ooo :shock: begitu ternyata…
    Pantes pacarku selalu bilang saya mirip Ariel…. :cool:

    @jensen

    Ganteng: sepertinya kok kamu cerita tentang “mateng” doang ya? :mrgreen: Apalagi kalo ditambah deskripsi ‘mapan’…

    Ya eyalahhh ganteng bukan ganteng kalo blom bisa nraktirrrrr :lol: .

  9. Tambahan : cowok ganteng Jawa di lukisan2 itu biasanya tatapan mata tajam, berkumis lebat, dan kulitnya sawo matang. Dan namanya, panjang bgt

    KMRT, RAM, RM, MNg atau apa lagi deh itu…

    Mirip2 R*y S***o lah…

    Roy Suryo dibilang nggantheng? 8O

  10. Ping-balik: Roadtrip Blogger Singgah di Jogja » CAHANDONG.ORG

  11. Slm kenal buat rekan2 smua. mu tanya nih. bagai mana sih cara menampilkan gambar/photo sa.at posting. saya sendiri pake HP SE K550i & Browser yg saya pake aplikasi operamini. gituloh trims kutunggu blsanya yaa…

  12. Jelek tapi artistik…
    Dalam bahasaku disebut eksotis…

    Kalo cakep, sexy, dan bugil, seperti yang ada di salah satu link kamu disebut erotis… dengan kata dasar erot.

  13. Ping-balik: Kategori Orang Ganteng « Juzztyas: juzz me and my ordinary life

  14. analisis yang sangat bagus dan terukur.
    jadi dapet pencerahan baru.
    ternyata aril dan tampang-tampang oriental dari asia itu tidak ganteng n cakep yah.
    sebelumnya gw kira aril itu idola wanita,ternyata bukan.haha.karena wajahnya asia yah.
    jadi seorang cowok harus indo kalo mau dibilang cakep atau ganteng.
    fb : ario.rony@gmail.com
    phone : 021-93519166

    call nomor diatas yah mbak.mau nanya analisis untuk laki-laki yang lain.thx

  15. ganteng,cantik..cuma brp milimeter dr kulit…bungkus luar ga usah terlalu dipikirkan kalo selama dalem nya bagus bentuk luar akan keliatan walopun bungkus luarnya ga bagus lah tp ttp ada daya pikat,yg mungkin tdk bisa didefinisikan lwt kata ato tulisan…tapi bolehlah sebagai obrolan ringan drpd ngomongin yg ga baik…nun sewu lho,diajeng.cuma pgn ikut ngomong,tp ya kyk gini bisanya.

  16. Bule rese ‘ni katakan ..’emangnya enggak begitu rumit ..! Ganteng itu handsome, cakep itu good-looking, keren itu, ‘cool’ .. tapi yg awak belum paham, malaikatku yg gelisah .. apa itu artinya ‘martole jong-jong’?

  17. Please forgive me, I’m usually a reserved, distinguised
    and dignified gentleman at all times .. kemasukan setan ‘kali ..

  18. PS .. In case you might be wondering .. Ucok Simanjuntak is a figment of my warped imagination .. an alter ego, you might say ..

  19. Notwithstanding my outrageously plebian indiscretion; I would still, if allowed, like to extend my admiration to our angelic host, who struck me from the outset as a lady of refined character and great beauty ..and someone I would feel honoured to spend even the slightest of time with, should she be willing – and if I weren’t 7000 or so miles away in London. (bukannya kayak gombal ‘kan?) No, my apologies again .. this time with sincerity. Lord knows, the last thing you might need in your life would be a reprobate such as myself. One of these days, hopefully in the near future you will meet someone who will dedicate their self to you, without reserve and appreciate the lovely person I very much suspect you are. All my very best wishes to you for your continued happiness and well-being, With my love, Simon Paul James.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s