dinamika ramadhan -marhaban ya ramadhan part one-

Puasa ramadhan kok malah jadi konsumtip ?? Puasa ramadhan kok anggaran belanja meningkat ?? puasa ramadhan yg tambah rame kok malah mall ?? (emang setan sialan tu, si setan diskon dan setan sale !!!!! bujubuseeeeettt)ย 

kenapa ya di ramadhan malah muncul semua tu, jajanan dan makan enak2 dan langka ?? kenapa ya, ramdhan malah muncul makanan2 istimewa di meja makan ?? yang biasanya kalo sore juarang bgt ada kolak duren, jajanan enak, es buah, kok sebulan ramadhan, makanan2 enak tsb malah gak pernah absen ?? bukannya kalo ramadhan, jatah makan berkurang Cuma jadi dua kali ?? ngapain ramadhan malah jadi rajin minum suplemen kaya susu, madu, sampek vitamin2 ??

kenapa ramdhan, jadi gencar iklan produk kesehatan. katanya biar di bulan puasa tetep bugar dan fit -demikian tagline di berbagai media dan iklan-.

apa semua umat muslim uda pd lupa kalo ramadhan punya dimensi spiritual dan SOSIAL ????

bagaimana dengan berpuasa untuk menghayati kehidupan kaum dhuafa ??? yg gak usah ramadhan, tiap hari juga uda puasa. gak pernah ada lauk pauk istimewa pembukaย pas maghrib lagi. gak ada susu, suplemen, dan madu untuk menambah kebugaran dan vitalitas.

yang paling bikin gerah adalah aksi minoritas -oknum2 umat islam- yang dengan arogan dan jauuuuuh dari nilai2 islam dan gila hormat, memaksa umat lain untuk menghormati mereka. uh, ggrrrmbl, locus of control mereka eksternal bangeeeeedh sih. jangan2 didikan orang tua dari bayi, membuat mereka lebih mudah untuk cari kambing hitam atas segala ketidakenakan yg terjadi dg merekaย (topik ini gw tulis dalam judul lain, ntar yaaaa) daripada melakukan introspeksi dulu ????

dimensi sosial dr ramadhan…..entah knapa yg satu ini hampir selalu terlupakan dari memori umat islam….

bahkan ibadah haji yg sebenarnya juga kental dimensi sosial pun, tercerabut menjadi sebuah ritual yang egois yang mengejar surga hanya demi dan untuk dirinya sendiri.

andai sufi perempuan nan mulia, rabiah, masih sugeng, akuย  bakal mendukung banget kampanye beliau untuk membakar surga dan neraka……

~_~”

2 thoughts on “dinamika ramadhan -marhaban ya ramadhan part one-

  1. Ping-balik: dinamika ramadhan : semangat berbagi (part three) « r e s t l e s s a n g e l

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s