pada akhirnya, kita yang makasih sama kamu….

Desember 2006, menjelang natal

Bapak pulang dari jogging, membawa hadiah. Seekor bayi kucing !!!

Katanya ditemukan sedang sendirian di pinggir lapangan yang puanaaaas, menangis kehausan. Dia begitu kecil, mungil, dan sangat rapuh. Bulu2nya begitu lembut. Kupingnya khas kuping bayi kucing, kecil, lembut. Matanya biru, masih belum melihat sempurna. Bapak memungut bayi kucing itu krn kasihan. Tidak ada satupun pengunjung yang peduli. Kalau Bapak mengeraskan hati, bayi tersebut pasti mati menderita kehausan.

ongge-kecil.jpg

Gusti, daku menangis melihatnya dan memikirkan orang yang tega membuangnya secara tidak beradab.

Bayi tersebut lucu sekali. Warnanya loreng2 kelabu, bulu2nya gondrong. Lucu sekali. Kami sekeluarga langsung ribut merawatnya. Sore hari itu sudah tersedia botol dot. Selain itu sudah kubeli susu bayi yang paling murah, dan voila !!! si bayi ngenyut lahap sekali. Untuk sementara dia tidur di kardus karton dengan sobekan kertas koran dan kain bekas.

ongge-ngenyut.jpg

Dua hari kemudian, pas gw baru pulang dan nyampe rumah, kejutan lain telah menungguku. Another kitten !! Bayi kucing warna hitam putih itu sedang menjerit-jerit menangis kenceng banget. Kata Mbak Tukirah, personal-family-assistant di keluarga kami, pas dibawa Bapak kondisinya mengenaskan. Atas mata bengkak, wajahnya terutama mata kotor. Uda gitu dia kurus dengan bulu2 yang jarang2 tapi perutnya guede, kayak cacingan or busung lapar gitu. Jelek banget dah dibanding bayi yang pertama. Oleh mbak Tukirah, si bayi dapat first aid. Bengkaknya dipencet dan keluar nanah banyak banget trus dibersihkan badan dan mukanya. Kata mbak Tukirah padaku, bayi yg ini dipungut dr tempat sampah, lagi2 krn Bapak gak tega.

Kondisi bayi yg terakhir ini jelek banget, alias secara fisik gak ganteng. Uda gitu suka jerat-jerit gak karuan kenceng banget. Nyokap bersedih hati, krn datangnya dua bayi ini berarti alamat rumah bakal dihiasi tahi kucing dan bau ‘semerbak’, yah secara dia gak begitu suka kucing.

iput-kecil-jelek.jpg

Kalo buat gw, terus terang, awalnya gw ga begitu hepi. Satu, krn masih trauma. Br beberapa bulan gw kehilangan kucing kesayangan yg uda gw anggap anak sendiri. Gw takut kehilangan lagi. Gw gak suka dilanda dan kebanjiran perasaan sedih, luka, dan ditinggalkan. Trus, frekuensi kesibukan lg tinggi2nya, ntar sapa yg merawat untuk menyusui dan toilet training ??? Emang cuma dua, tp sangat menguras tenaga. Merawat bayi kucing sama kaya merawat bayi manusia, gak bisa ditinggal seharian, harus tiap bbrp jam ditengok.

Jadilah gw langsung mengorbankan anggaran pribadi utk bersenang-senang alias jajan untuk beli pasir kucing yg gak murah, susu bayi (walo paling murah tp teteup aja krasa), kandang ayam dr bambu untuk rumah kucing itu, plus wadah e’eknya.

Beberapa hari kemudian, si bayi uda punya nama. Si loreng dg bulu gondrong nan cakep gw curiga doi blasteran ma kucing persi) namanya Pongge, sdgkan si bayi kurus, jelek, dan wajahnya selalu kotor belepotan belek,susu, dan tahinya sendiri itu diberi nama Iput (tp lama2 dipanggil Ciput, sounds lbh enak hehe).

Beberapa bulan penuh kerepotan dalam merawat bayi2 itu. Dari menyusui, menemani belajar makanan padat (harus diawasi biar gak kebanyakan makan trus pup gak karuan), toilet training (huah, tiap pagi, sore, malem gw harus pindahin pup mereka dari tempatnya dan buang ke tmp sampah. Belum kalo pipis ato pup di sembarang tempat. Itu brarti gw harus merelakan tangan gw untuk membersihkan ‘tanda cinta’ mereka. Aromanya jgn ditanya, kadang gw mo muntah, tp gw tahan2in huhuhu sok tangguh -betina tangguh ni-).

Well alhamdulillah terimakasih, gw gak sendiri. Ada keluarga gw yg dg senang hati membantu, seperti adek gw dan mbak tukirah.

Belum lg ternyata mereka sempet sakit. Hati gw terasa capek. Merawat binatang sakit gak seperti merawat orang sakit yg mudah utk di ‘intimidasi’ kalo gak mo minum obat dan makan. Ya kan, kalo ponakan lo gak mo makan kan tinggal ancam gak boleh main PS ato bujuk ntar dapet es krim, lha kalo pet, ogah minum obat ??? Gw harus merelakan kemulusan kulit gw (skrg udah balik mulus lg sih^^) secara gw harus paksa mereka. Gw paksa mereka untuk buka mulut dan nelen obat walo itu berarti kuku2 mereka bakal mencakari habis tangan gw.

10 bulan tlah berlalu.

September 2007.

Si Pongge dan Si Ciput makin lucu dan imut. Kelucuan keriangan dan ke-o’on-an mereka menghiasi hati kami sekeluarga. Bahkan dua malaikat kami, hasya dan lila, pun ikut merasakan kegembiraan yang disebarkan polah dua kucing oon tersebut. Lagipula, lewat mereka, si kembar itu belajar untuk mencintai dan menyayangi mahluk hidup.

ongge-ciput-now.jpg

Seringkali bahkan selalu, hatiku dibikin hangat hanya dg memandangi polah mereka. Mereka care dg gaya mereka masing2. Si Ciput si buruk rupa uda bertransformasi jadi Ciput yg ganteng nan cantik (tp dia kok malah homo…….). Uda gitu Ciput tuh care bgt ma gw. Sering nemenin gw ngetik, nyapu, bersih2 kamar, masak, bahkan pas lg nyuci mobil ato siram2 halaman. Lucu dan care bgt. Kl dielus2 dia bakalan mendengkur keras2 dan memandang wajah kita balik, seolah2 bilang ‘i love u 2’.

iput-now.jpg

Si pongge, yg pada dasarnya emang ada bibit ganteng, makin ganteng aja. Kalo anak ini secara karakter rada cuek dan sok ga peduli. Tapi kl lg manja, aduuuuh lumer deh dielus2 ma dia. Wajahnya lucu plus o’on, gambleh bgt.

ongge-gede-ngenyut.jpg

Pada akhirnya, kita yg berterimakasih sama kamu, Pongge dan Ciput, krn uda jd bagian dr keluarga kami. Pada akhirnya kita yg bersyukuuuuuuurrrr bgt, kamu uda jd bagian dr keluarga kami. Pada akhirnya kami yang merasa beruntung, kamu telah hadir di keluarga kami.

Cinta yg kalian berikan sungguh tulus dan tanpa syarat. Bahkan sewaktu gw sedang tidak menyenangkan pun, kalian ga peduli dan tetep mendekat. Pada akhirnya malah semua kegarangan itu sirna oleh kelembutan dan ketulusan yg kalian tawarkan…..

skrg-homo.jpg

end of story….iput berusaha menggauli ongge secara paksa, secara dia punya hasrat tapi bingung mo disalurkan sama siapa…. πŸ˜€

42 thoughts on “pada akhirnya, kita yang makasih sama kamu….

  1. iput kabur nih, cik😦
    uda semingguan. padahal waktu gw mo ke luar kota, tu anak msh enak2 bobo di kamar gw. tu anak emang hormonnya tinggi, jd tiap kali musim kawin, dia lgsg kabur. dan -agak GR- mungkin krn gw tinggal bbrp hari ke luar kota juga salah satu penyebab dia kabur -karena ga ada maminya-

    huhuhu……sbg maminya, gw khawatir bgt, iput kenapa2. mana dia tu murahan bgt, alias mau aja sama sapa aja. kl diculik gmn ?????

    hohohoho….kl gt, gw mo pamer foto anak2 gw -tp gimana cara pake flickr ya….-

    kamu juga cik, pamerin foto anak2 mu^^

  2. hai………., lam kenal, gw ajeng
    gw jg penyayang kucing buanggetttt,mnurut gw kucing memang layak tuk dicintai,karena mereka cuut banget+adalh mahluk polos tanpa dosa yang perlu slalu di tolong.

    Gw trharu membaca pngalamn klian dengan kucing2 kalian yg emang super imouet2 itu

    moga2 klian te2p slalu memberi perhatian dan cinta,syng yg lebh utk kucing2 yg manis2 n,special itu.

    thank,s n,lam kenal

  3. huhuuuuu.., gw terharu….
    gw juga sayang banget ama kucing…
    ampe dulu di rumah ada 12 ekor..tcu..beranak pinak..
    tapi sedihnya…,
    sekarang udah ga boleh deket2x lagi ama kucing.., gara2x di cakar ampe berbekas nih tangan gw yang kanan ama kucing kesayangan gw.😦
    dan sekarang gw ngeliat kucing yang masih bener2x bayi didepan rumah gw, ngeong..ngeong.., tapi gak ada ibunya.., suaranya ampe serak (mungkin ngeong2x dari malam lalu kali)..,
    tapi gw cuman diem ajah gak bisa berbuat apa2x…,
    gw sediih…
    semoga.., makin banyak orang seperti kalian “Pencinta kucing sejati”
    thanks.πŸ™‚

  4. @ mashuri :

    bbrp bulan yg lalu, saya juga habis adopsi bayi kucing yg terlantar merana di sawah. skrg udah gendut, putih, lucu, lincah, suka lari2, bikin orang rumah ketawa dan gatel ngomentarin dia, hehehe^^

    tunggu sampe kurang lbh 3 bln, trus di kasih obat cacing, trus seminggu kemudian di vaksin ya….^^

  5. waw salut deh ma kamu sekluarga yg bgitu telaten ngrawat. dirumah juga ada. di plihara dari kecil sampe 8 tahun sampe dia meninggal setelah di operasi sesar. nyokap sampe nangis trus 2 harian setelah kepergian mreka (plus bayi-bayinya).
    alhamdulillah sekarang malah dikasih kucing persia ma temen^^. paling ga nyokap ada yang menghibur lagi

  6. Dear mother of cat..
    Minta tuntunan dounk..
    Sore ini saya nolongin 3 baby cat yg keujanan&triak minta tolong.
    Jujur aja mpe nglepas clana pendek daleman buat ngebungkus mreka.2 dah mulai melek nanggung,1masih merem.
    Cara ngrawat mreka gimana ya?
    Pliz.need advices.ga pernah melihara kucing soale.

    meong : bayi kucing ini seberapa bayi ? kl misal bayi2 tersebut utk jalan aja masih goyang2, bulunya masih jarang2, wah brati masih bayi bgt itu. musti extra sabar, soalnya sepert mengasuh bayi manusia betulan.
    beli dot khusus utk bayi binatang (di pet shop ada), dan susu bayi (SGM 1 aja yg paling murah diantara susu bayi) trus buatkan susu dan itu bayi2 disusui pake dot. frekuensi menyusui, sehari 5-10 kali. bayi kucing, menyusunya ga banyak kok, paling sekali minum 10-20 cc. a usah kasi makanan keras dulu, full susu bayi aja. itu sampe si bayi berusia 1 bulan lebih ato sepertinya sudah kuat untuk makan makanan selain susu.
    sementara, buatkan tempat tidur yg nyaman untuknya, yg hangat, dengan kain2 bekas.

    kl udah bisa makan ato minum sendiri, lebih ringan. bikinin aja susu dancow dan sediakan makanan (misal nasi dicampur ma bandeng pasar ato friskies khusus utk kitten). udah bisa ditinggal-tinggal tuh.
    paling ntar musti ngajarn toilet trainingnya aja.

    makasih ya, comic, semoga kebaikanmu mendapat karma bagus ^_^

  7. Makasih bnyk atas sarannya.
    Zume,zumi&zumo ngeong aja smenjak bangun.hix.laper&nyari ibunya spertinya.mreka msh susah jalan.bulu blom bgitu banyak.
    Zumo belang item putih sendiri n msh blom melek.zume&zumi warna coklat muda&putih.being a father susah jg.brapa lama lagi hingga mereka bisa jalan ya?

    meong : zume, zumi, dan zumo ?? waaawwwww….namanya lucuuuuu… ^_^
    duh, mereka masih bayi banget ya ?😦
    repot tapi ndak susah kok. musti rajin utk minumin susu aja. kadang mereka pup dan pipis. oia, krn itu mendingan alasnya pake kertas koran aja, jd kl habis pipis dan pup, bisa langsung dibuang dan diganti baru.
    berapa lama lagi utk bisa jalan selayaknya kucing, errrrr….mungkin 3 minggu lagi. *susah juga untuk memastikan, secara ga liat langsung dan ga ngerti umur pastinya, kan*
    comic domisili di mana sih ? kalo di jakarta, kayaknya ada deh, pondok pengayom satwa. pernah denger dr temen, tp ga tau di mana *secara bukan org jakarta*.
    jadi bisa aja trio bayi tersebut dititipkan ke situ utk mereka adopsi, andai comic kerepotan.

  8. Ga tega kalo koran.takut mreka sakit kgesek ma korannya..tar kukirim fotonya kalo mau.tadi udah beli dotnya plus sgm 1 nya jg.
    Pusingnya kalo lagi kerja,jd kpikiran trs ma mreka.adopsi?
    Takut kalo ga diurus bner ama yg adopsi.kalo mreka dipisah kasian.
    Jd dilema niey.mreka lg tidur untungnya,hari ini bolos kerja deh.
    Ditaro didlm kardus diatas komputer yg lagi nyala dari smalem niey.lumayan ngasih hawa panas.smoga ga pipiz aja.

    meong : kertas koran ga menyakitkan kok…itu cuma utk memudahkan ketika mrk pis/pup aja. taruh aja 4-5 lembar kertas koran yang disesuaikan dg lebar kardusnya. jadi kl pis/pup ga merember ke kardusnya.
    iya sih, dilema dan ga tega. duuuhhhh…kok tega bener ya, ada yg buang bayi gt ? etapi, buang bayi manusia aja juga ada yang tega… (tears)
    sekali lagi makasih ya, comic, udah merawat mahluk2 malang tsb ^_^

  9. Meong emang tinggal dmn?
    Saya emang tinggal di jakarta.
    Skrg ujyan dres lg.jadi kbayang pas nemuin mreka kmaren pas ujan”an gini pvla.kalo ga dirawat pasti mreka saat ini dah gada?
    Jadi mulai sayang ama mreka niey.love them so much.

    meong : aku di jogja, comic. wah, percayalah, cinta comic akan berbalas karma yang manis…πŸ™‚

  10. Pagi yg bising
    Zutens(zu kittens-zumi,zume,zumo) triak”mulu.pdhl dah nyusu.btw,mrk dah mulai ngemutin jari&kulit kaki,kapan saatnya mreka makan ya?

    meong : zutens ??😯
    kyaaaaa…..imut banget panggilannya ^^
    triak2nya kayaknya wajar deh, coba disusuin lagi. mungkin mrk masih laper. soal makan, coba ditunggu sampe kaki mereka kokoh untuk jalan, ga gemeteran.

  11. Hix.zumi mencret”mulai hari ini.knapa ya?yg laen normal pdhl.stlh minum susu blakangan ini pst lgsg diem disudut&tiba”mulai pup mencret sambil lemez.
    Kalo ga salah.pas p’tama nemuin mreka,zumi yg keujanan sendiri ditengah jln.jgn”fisik die lemah dibanding yg laen.zumo tadi jg tidur dipangkuanku&kencing tiba”.
    Jadi kepikiran zumi terus.apa lambung die masih lemah?

    meong : duh…yang ku khawatirkan terjadi…
    begini, pengalamanku barusan (sebulan yang lalu) juga memungut dan miara bayi kucing yang dibuang, dan kondisinya juga sama dg zuttens; terlalu kecil utk dipisah dengan induknya. jadi kondisi fisiknya masih lemah.
    kemungkinan, mereka ga cocok dengan susu krn kondisi fisik mereka yg masih terlalu lemah. masih bayi banget dan kurang ASI induknya.

    ya udah, utk sementara, diangetin dulu aja.

    btw, mana fotonya, kok kucek ga ada ?

  12. Ternyata susunya ga cocok kata tmen gw.tar sore gw bli susu yg khusus kucing deh.kbetulan bakal dapet duit soale dari bnerin laptop orang.

  13. Tulung.kaki blakang kitten ku ngelupas kulitnya.sptny gara”mreka kencing n pup kena prut n kakinya.nyembuhinnya gimana ya?dikasih betadyne kering bgt,so dikasih baby oil d pas kering&skrg malah agak bau mreka,khususnya bagian prut kebawah.

  14. Thanks god.zumi dah gendut skrg.zumo&zume dlm masa penyembuhan akibat melepuhnya bagian prut kbawah mreka.stlh ganti susu jadi dancow balita madu,mreka jarang bgt pup.
    Zumi jd tambah nafsu nyusunya.
    Kalo berlgsg trus,mreka akan survive spertinya.

  15. tolong dong tips buat ngerawat baby kucing persia nie….

    mereka tuh kenapa sering banget kayak ketakutan gitu kalo ngeliat kucing yang besar….

    kayak takut di makan gitu…

    napa ya?

    apa kucing besar suka makan bayi kucing ya?

    aq takut banget nihh kalo ngajak mereka main di taman…

    ntarr mereka pergi trus di makan kucing besar….

    tolong tipsnya dunggggg…

  16. Saya juga ambil anak kucing dari pinggir jalan, awalnya hampir tertabrak motor saya, sewaktu saya mau pinggirkan, tiba-tiba terlintas dipikiran saya untuk saya bawa pulang,
    anak kucing itu mungkin umurnya baru 2 minggu,
    tolong bantu saya, saya bingung mau kasi dia susu apa dan bagaimana cara dia minumnya,,,
    tolong saya,,,
    thanks

    • adilla, maap baru balas.

      untuk susu, coba aja dikasi susu SGM utk bayi usia 0-6 bulan. paling sekali minum 30cc gitu. yang penting beli dot khusus untuk bayi hewan ya, di pet shop ada tuh. harganya makin murah kok (di jogja). kalo gak salah di bawah 50rebu deh.

      ato dikasi dancow susu bubuk. kemaren sama kucing adopsi yg trakhir, saya belinya sachetan gt, di warung deket rumah. yg per sachet seribuan itu.

      utk obat cacing, ya tunggu sampe dia kira2 cukup lincah lari2 (stabil gak gemeteran, matanya udah item sempurna alias ga biru/abu2).

      terimakasih ya mbak adilla mau merawat bayi kucing tersebutπŸ™‚

  17. kasih betina dong buat Ciput, gak tega ngeliat die ngegerayangin sesama jenisnya sendiri..
    argh, jadi nyesel gak sempet nengok kesitu😐

    • ciput udah ‘pergi’ om…πŸ˜₯

      tinggal pongge…tapi dia udah pintar kawin…:mrgreen:

      ah iya, ini si om. gak ada kabar dr omπŸ˜₯
      aku nunggu2. sekalinya alle ngabarin d plurk, udah malem bgt.😦
      sibuk banget ya? ini udah cabut lg dari jogja?
      huhuuu…see you againπŸ˜€

  18. saya semalam nemu anak kucing yang baru dilahirhan oleh induknya, kayanya diterlantarkan kasihan jga..dibawa dah kekosan.skarang bingung dikasih makan apa ya? dikasih dancow cocok ga ya?

  19. … mbak, setelah membaca posting di atas saya salut sama mbak, hati saya selalu respect sama orang yg mencintai kucing.
    saya do’akan semoga mbak selalu di mudahkan rizkinya sama Tuhan … amien .

  20. Cerita dan pengalaman yang sangat indah, semoga Allah SWT membalas kebaikan kalian sekeluarga. Seandainya banyak keluarga seperti anda, nasib anak kucing akan sangat lebih baik. Keluarga anda telah memberikan kesempatan hidup kedua bagi kucing kucing tersebut. Alangkah mulia…sekali lagi terimakasih.

    • Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin. Semoga Allah senantiasa melindungi mba sekeluarga, memudahkan segala urusan mba, melancarkan rejeki mba sekeluarga dan memberikan balasan kebaikan dan pahala yang berlipat. Saya sangat bahagia, terharu serta bangga dengan orang2 penyayang hewan, hewan apa pun itu.. salam sayang buat Pongge dan Ciput,,

      kebetulan saya juga penyayang hewan. dirumah ortu juga sering mungut anak kucing utk dipelihara krn dibuang sembarangan. jahat banget yang buang masih kecil dibuang sembarangan, semua ada balasannya, Allah Maha Adil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s