susahnya jadi diri sendiri

*ini tulisan uda lama nangkring di FS, jaman belum ngeblog*

bbrp bulan lalu, gw nonton di trans, film legally
blonde 2. film lama emang, tp gw belum
nonton, jd asik2 aja. ternyata tu film
menarik bgt buat gw.

pertama, krn ide cerita ttg perjuangan
seorang gadis untuk menentang
kekerasan yg dilakukan thd binatang.
secara gw animal lover (mungkin lebih
drpd mencintai sesama manusia kali
yeeee, hehehe), so pasti suka banget
dan setuju banget dong.

SAY NO TO ANY ANIMAL VIOLENCE FOR ANY
REASON, FOR COSMETICS, FOR HEALTH, FOR
FASHION, FOR FOOD, FOR FUN….
STOP OR SUX PEOPLE

(hehe…gaya
radikalnya keluar)

kedua, krn makna film itu buat gw,
susah loh menjadi diri sendiri.
kenapa ? krn no matter what, orang2
sekitar gw sesukanya menghakimi gw
sesuai persepsi di otak mereka. pdhal
belum tentu cocok.
seperti tokoh utama film itu, elle
woods (reese witherspoon). krn dia
blonde, cantik, centil, ceriwis, ceria
(gw banget tuh, kecuali
blondenya…..*bletakkk*) maka orang2
disekitarnya cenderung meremehkan
kemampuannya. krn ada persepsi yg kuat
di masyarakat barat kl blonde is dumb.
so, ketika dia pergi ke washington, ke
gedung DPR (semacam itu kali ya) dan
menjadi dirinya sendiri dg tetap
meakai baju centil warna-warni
(sementara mayoritas pegawai sana
black suit) so dia sering bgt denger
pendapat meremehkan gt.

seperti yg gw alami (wah curhat nih
critanya). krn gw sama sekali gak suka
pake sepatu (alasan gw, sepatu bikin
kaki bau, dan kalo udah kaki bau, gw
sering gak PD) dan gak suka kalo
pakean itu diatur2.
so, gw berpakaian sesuai mood (dan
suasana, gw belum gila banget dan
eksentrik bgt kok). yg jelas anti
sepatu dan pakaian gw cenderung kasual
abis (kaya orangnya, santai en fun
abis….*bletak-bletakkk*).

akibatnya, gw sering bgt ditegor ma
dosen malah yg terakhir gw diusir dr
kampus, hehehe.
gw masih sering belum nyambung sih,
hubungan antara sepatu dan proses
intelektualitas di kampus gw.
seringkali penilaian akhir malah jadi
tertuju pd soal sepatu aja.
pdhal style gw gak ISI / IKJ banget
loh (hai, sori kalo ada anak seni yg
tersinggung.gak ada maksud, sumpah!!!).
masih teramat sangat biasa.

di sisi lain, gw sering pusing kalo
jalan2 ke mall en liat tingkah
pengunjung terutama ceweknya (eh cowok
juga deng).
SEMUA HAMPIR SERAGAM.
kayak waktu mode baju baby doll dg
motif paisley / retro+legging.
hammmmpiiiir semuaaaaaa seperti itu.
dengan rambut yg seperti itu.
belahannya jg hapir sama semua.
sekarang skinny jeans+aksesori 80’s.

trus cowo2nya (yg ABG) juga sama
aja !!! rambut gondrong poni a la anak
distro or nidji. pokoke nidji abis!!!
(whahaha, jd inget zamannya ef tse,
kikikikkkk).

kenapa sih, mereka pd tampil serupa
tapi tak sama gitu ?? gak malu ya,
dipergokin kalo kembarannya banyak.
kalo gw mah, males aja tampil pasaran

eh tp curhat lg, ketika pengen jd diri
sendiri dan tidak ingin tampil pasaran
pun, di genk gw juga mengalami tekanan
besar loh. adaaaaa aja komentarnya.
semacam tekanan psikologis, dari yg
kasar sampe halus. heran juga, kenapa
mereka bisa sangat terganggu dg
penampilan gw ?? gak melukai or
merugikan mereka gt loh.
kayaknya susah banget menerima
perbedaan, kayaknya sulit banget
menerima bahwa orang lain itu gak sama
seleranya dg dirinya.

dan, dari omong2 gw ma temen2,
masyarakat adl penyumbang terbesar utk
komen2 kayak gini. masyarakat adl
penentu kebijakan. mo ikut kekuatan
mayoritas (pengen aman) ato tetep
idealis jd minoritas (resiko dihujat
krn beda).
dan masyarakat (baca : mayoritas)
paling gede dalam menghukum sosial
terdakwa dalam hal ini, pdhal
kontribusi mereka paling dikit.

tapi buat gw, menjadi diri sendiri
tidak berarti musti jadi egois. tetep
ada lah rambu2 untuk menghormati
sesama.

hanyaaaa….
masih dendam juga, apa hubungan sepatu
dan inelektualitas ???
*BLETAKKKK* kali ini bukan kapur yg
nyangkut di kepala gw, tp sepatu boot
dinas tentara…….wekekekekkkk ^_^

update :

beberapa minggu ini gw iseng eksperimen di friendster gw. Gw pasang foto baru, dimana tampang gw klos ap, tp uda ‘dihancurkan’ dg suksesnya oleh adek gw. Gw pasang aja, buat lucu2an. waktu adek gw kasih liat hasil karyanya, gw ngakak gak karuan.

beberapa waktu berlalu, wahai, ternyata ga semua orang bisa menerima tampang gw di foto tsb. yg jujur ada dua orang yg lgsg send message and komen yg bilang betapa mengerikannya wajah ku. yah, kujawab apa adanya. eh gw malah dibilang lg stress lah -makna negatif- cepet berobat lah, ntar dijauhi temen lah.

haaaah????

kok githu yaaaa ???? ternyata ga semua mau menerima gw dg wajah ancur jelek gitu *nangis sedih dan terharu* -eh itu tanda kepedulian para fans yah-

gw jadi merenung, kalo gitu, semua yg nge-add gw dan mau menerima gw jd temen, apa krn ‘bungkus’ ini yaaaa…..

kl bungkusnya ganti, trus berubah ??? pdhal isinya masih tetep sama looooh…..

hiks, sapa mau jadi sahabat sejati gw, yg mau nerima gw apa adanya….

FREAKAZOID

2 thoughts on “susahnya jadi diri sendiri

  1. kasiaan deh lu diterima karena keadaan yang baek2 aja. hihi…… yah orang kudu sering2 refleksi dalam dirinya sendiri untuk menyadari gak ada orang yang sempurna dan kesan wajah orang memang suka berubah-ubah. Tapi yang namanya orang jualan yah kemasannya memang harus bagus dan menarik. Itulah sebabnya kemasan di frenster harus selalu bagus. Kecuali kalo memang untuk orang yang udah nggak bisa melihat kita dari penampilan luar aja. Nyambung nggak sih?? btw, frenster mbak di mana alamatnya? mungkin nanti bs ku add.

  2. ehm, hasil iseng xperimen itu cukup mengejutkan buat saya. ternyata, yg saya anggap teman di FS, justru dg xperimen itu jd ketahuan, mana yg teman sejati mana teman yg milih berdasat atribut yg saya punya.

    udah kok, sampeyan udah tak add^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s