i’m on fire !!!!!

kebakaran lagi, kebakaran lagi….

lagi-lagi jakarta, jakarta lagi…..

kenapa si jakarta sering banget kebakaran. uda gitu kerugian sampe minimal ratusan juta dan korban ratusan kehilangan rumah tinggal. seperti yg terakhir di media itu. ngenes banget, krn sebagian korban pas lagi mudik.

sebelum ramadhan juga, terjadi kebakaran sampe2 korban mengungsi di jalur busway. pas di syut, ngenes banget liat tampang mereka. hampa gitu, kebayang lebaran yg tinggal beberapa minggu lagi, mereka ga punya rumah.

well, temans, sebenarnya aku punya pemikiran, kl bisa disebut solusi. dengan memberdayakan masyarakat dan elemen-elemen masyarakat seperti PKK ato karang taruna.

pemberdayaan masyarakat ini, masyarakat harus diajak untuk ikut aktif mencegah bencana kebakaran. setiap sebulan sekali, digelar dong, latihan antisipasi kebakaran. bisa kerja sama dengan instansi terkait ato perusahaan yg pelaksanaan K3nya uda bagus (sebagai wujud CSR). selain latihan juga sosialiasi apa bagaimana berteman dengan api. misalnya dengan menginformasikan ttg fungsi hydran, bentuknya gimana, jadi kesadarannya bangkit. kalo uda gitu kan timbul handarbeni alias OCB alias rasa ikut memiliki. efeknya masyarakat akan memelihara fasum.

bayangkan, katanya (belum nemu datanya nih) setiap kebakaran terjadi, petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk menghidupkan hidran. opo tumon ??? trus disempro tanki tinja gitu ??? -iyyyyeeeeekhhh-

mari kita belajar dr kasus gempa. gempa dahsyat yg mengguncang indonesia yg sanggup menghadirkan trauma kolektif adalah gempa aceh akhir tahun 2004. walo begitu masyarakat belum ngeh kalau negeri kita tuh rawan gempa. setelah gempa jogja yg menelan koran ribuan jiwa, barulah masyarakat ngeh. setelah gempa yang menelan korban, baru di daerah-daerah diadakan pelatihan antisipasi gempa.

padahal menurut gw, berani taruhan -tapi moga2 aku kalah- pelatihan kayak gitu ndak efektif dan cuma hangat2 tai kucing. trus malah jadi proyek untuk ngabisin APBD dan ujung2nya jadi proyek fiktif. lihat saja, seberapa sering frekuensinya. padahal gempa tuh ga bisa diramalkan. bisa aja baru terjadi 50 tahun lagi. lah kalo cuma diselenggrakan dua kali untuk menyenangkan bapak bupati, ya wassalam tho….

eh kok malah ngomong gempa.

menurut saya, yg paling penting dan first thing first adalah penyadaran kita-kita akan kerawanan bencana. perubahan paradigma. kalo udah sadar dan terjadi perubahan paradigma, maka akan lebih mudah untuk mengubah perilaku.

masyarakat menjadi lebih bertanggung jawab kalau berhubungan dengan api. gak sembrono dan teledor karena sadar bahwa kompleks pemukiman mereka yg sempit dan material mudah terbakar meruapakan sasaran empuk bagi sang jago merah.

nah berapa kerugian bisa diminimalisir dan berapa orang yang tidak jadi menangis sedih dan depresi karena kehilangan rumah ???

well, temans, trutama blogger mahasiswa di bilangan jakarta dan sekitarnya, saya tantang anda untuk KKN (kuliah kerja nyata). eh bentar, universitas di jakarta masih ada KKN ga sih ??? mari dibikin program seperti di atas. kan sosialiasi itu porgram wajib mahasiswa KKN ??? hehehehe,,,,,,

4 thoughts on “i’m on fire !!!!!

  1. halah…numpang pertamax disini mah gampang

    *buat yg terobsesi pertamax, bisa menjelajah blog-bukan-seleb-nan-sepi-kerontang*πŸ˜‰

    wah, masak sih ?? pernah enger selentingan gitu untuk bbrp kasus. terutama untuk daerah2 mahal ato sengketa. trus ntar lahan bekas kebakaran dibikin mall ato apartemen yg satu unitnya milyaran. masakan sih ???

    btw, maacih bgt udah bertandang mas ^^
    jgn tebar2 pesona yaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s