mengapa selingkuh ??? (selingkuh pt.2)

ini bisa dibilang sekuel dari postingan yang pertama, yang membahas dari sudut pandang si korban atau pengamat.

mencermati respon yang muncul dan studi kasus, sepertinya belum ada yang membahas dari sudut pandang si pelaku -terdakwa^^-

selalu ada pertanyaan, mengapa selingkuh ?? mengapa berpaling ?? mengapa kau khianati hati ini…..uwo-uwoooo *nyanyi a la betharia sonata*

perlu diingatkan kepada temans, bahwa saya selalu tertarik untuk memunculkan pertanyaan ‘mengapa’ dan itu yang sedang saya eksplorasi kali ini. selain itu, metodologi eksplorasi tidak dipertanggunjawabkan keilmiahannya, karena berdasar atas permenungan dan refleksi atas kejadian sehari-hari dan pengalaman pribadi. ^^

dari hasil permenungan dan refleksi diri, ada beberapa sebab mengapa selingkuh. salah satu yang paling mendasar dan umum dilakukan adalah KETIDAKPUASAN.

ketidakpuasan muncul jika kita merasa ada yang kurag dari diri pasangam. well, jensen99 berkata :

PasanganMu adalah Yang Terbaik Seburuk Apapun Dia

Jangan Membanding-bandingkan Pasangan Anda Kalau Sudah Berkomitmen “

sedangkan mas fertob edikit menambahkan :

” PasanganMu adalah Yang Terbaik BagiMu Seburuk Apapun Dia “

ya, itu benar, hingga pada suatu masa kita mulai merasa tidak tercukupi.

sebelumnya, sekedar sharing aja sih, kalau saya, ada tiga hal yang saya butuhkan dari pasangan : kebutuhan intelektual (bisa diajak ngobrol, sharing, diskusi, bertanya apa aja), kebutuhan sexual (well, im not that religius^^), dan kebutuhan emosional (gw agak susah menjelaskan yan satu ini, karena berkaitan dengan rasa. gw ada istilah tersendiri untuk menyebut kebutuhan satu ini kalo lagi memuncak : HBL alias Haus Belaian Lelaki. sebenarnya hanya ingin ngobrol ga penting, ingin berbagi, seperti itu aja sih. jangan mesum2 ah^^)

penebutan tiga kebutuhan tersebut bukan berdasar kategori dari yang tertinggi atau terendah lho, tapi kebutuhan tersebut bersifat setara. semua harus ada dalam sebuah hubungan.

well, walau begitu, sexual need kok bisa menjadi tidak terlalu prioritas ya, bagi saya (saat ini). ehm, mungkin karna saya tinggal di indonesia -hohoho, ga pening banget sih, alasannya-

kembali ke topik. jadi, jika dalam suatu hubungan yang sudah berjalan sekian lama, pada akhirnya pasti terjadi masa-masa surut sehingga kita merasakan kebutuhan kita tidak terpenuhi. dan gawatnya, hal tersebut tidak dikomunikasikan dengan baik dan terbuka dengan pasangan. yang terjadi, kita mencari orang lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. katakanlah, mulai dengan curhat terhadap rekan sekantor atau rekan blogger^^

ya, dari pengamatan saya, selingkuh tipe ini, sangat besar kemungkinan diawali dari curhat dengan orang lain. jadi kesalahan fatal yang dilakukan adalah : mengapa tidak berbicara dengan pasangan ?? mana ia tahu apa yang kita rasakan, kalau kita malah ngobrol dengan orang lain. jangan harap pasangan akan berubah kalau gitu caranya. suami/istri/pacar dianggurin, malah curhat sama orang lain. kalau fitu, fungsi pasangan sebagai sigaraning nyawa atau soulmate, apa ?? yang terjadi ketika curhat diteruskan -mungkin awalnya ga ada niatan selingkuh tuh- kita sebagai (calon) pelaku akan merasa mendapatkan pemenuhan kebutuhan dari si rekan tsb. mulai muncul perasaan kagum, kangen, terpesona, dll. yang sebenarnya adalah pseudo-feelings. mengapa ??? karena perasaan tersebut muncul akibat bayangan kita sendiri yang ideal akan orang tersebut. kita melihatnya sesuai apa yang kita inginkan.

jadi saran saya untuk pelaku model ini, mulailah mengajak bicara pasangan anda. hei, he/she is your soulmate. sigaraning nyawa. tidak sekedar partner di atas ranjang saja ato bapaknya/ibunya anak-anak, tapi sekaligus sebagai sahabat kita. kuncinya memang di komunikasi.

saran saya yang lain, jika anda bertahan dengan selingkuhan anda, saya khawatir kelak anda akan menemukan kekecewaan. terutama setelah apa yang sesungguhnya tidak seperti apa yang anda bayangkan. ingat dong, pada masa-masa itu, biasanya orang masih jaim. kalo udah tinggal bareng lama dan masing-masing ga sugkan untuk mengeluarkan aibnya masing-masing, nah itulah adaptasi yang sesungguhnya. aku tidak tahu, tapi sepertinya masih jarang menemui orang yang langsug apa adanya padahal tidak terlalu kenal -termasuk akyu^^-

next, selingkuh yang dasarnya adalah RASA INGIN TAHU / INGIN MENCOBA. menurut pengamatan gw, ini adalah juga termasuk yang cukup umum endasari selingkuh.

untuk pelau tipe ini, slogan bang jensen apalagi bang fertob ga berlaku lagi. dia akan selalu terpesona tiap kali ketemu orang baru / orang lain yang dianggapnya mempesona. lebih parah jika dia termasuk sex addict. karena untuk tipe ini, sex has nothing to do with love. sex adalah kebutuhan dasar, sama seperti makan, yang harus dipuaskan.

oke, mungkin ada yang bukan sex addict tapi termasuk tipe ini. yah, kemungkinan dia termasuk tipe avonturir, selalu ingin mencoba hal-hal baru. udah pernah ngerasain bercinta dengan orang indonesia, next pengen dengan orang bule, next pengen dengan orang jepang, next pengen dengan…..waaaah !!!

saran gw untuk tipe ini, u need professional help. karena mungkin anda sama sekali tidak merasa bersalah dengan apa yang anda lakukan.

tengkyuuuuhhh ^^

17 thoughts on “mengapa selingkuh ??? (selingkuh pt.2)

  1. *jabat erat2*
    lho, tangannya basah mas. kenafa ?? grogi ya??^^

    well, golden rules itu kayaknya ga berlaku deh. buktinya banyak tuh yg diselingkuhi pdhal yg bersangkutan setia dan nurut2 aja

  2. ooo… kalau yang cassanova style memang diluar klasifikasi selingkuh. itu kasus unik yang lebih banyak menyangkut gangguan kepribadian.

    intinya : komunikasi.

    ehm, salah satu hal yang sering dilupakan kalau sudah terlalu sering bersama alias rutinitas hidup…🙂

  3. hoho….ada nama resminya ya??? masuk PPDGJ ga?? *ngecek*

    yah, bener mas, kl uda bareng dan sehari2nya liat diaaa terus, mungkin gregetnya jd ilang. ato malah sebaliknya. dg ritme jakarta yang membuat ketemu cuma sebelum tidur dan sebelum berangkat kerja, jadi mendingin. komunikasi intensif malah dg meja sebelah, kubikel sebelah, atau malah blog sebelah ^^

  4. Buktinya banyak tuh yg diselingkuhi pdhal yg bersangkutan setia dan nurut2 aja
    eh selingkuh itu…penyakit hati^^

    weleh berarti penyakitan bener tu yang selingkuh..
    btw… ada ga yah batasan selingkuh.. sayah mah selingkuh lewat mata doang sih
    wkakakakka😆

  5. Nyang kali ini, asli, sayah ndak mbaca…
    Bukan ndak mau tau sama Posting mu, tapi sayah dah apal, Posting ini mau kemana….

    Sayah mau mendakwa diri sayah sendiri ajah, (kalok ndakwa orang laen, entar malah njegadul lagi….)

    Angel,…
    Kalok sayah kayaknya dah dari sono nya deh…
    Bakat alam untuk berselingkuh….

    (jangan njegadul….)

  6. euh..katanya dont judge da book from its cover….

    saya ga ngejudge sapa2 kok disini. tp berusaha sharing dan refleksi.

    gimanah?? mo sharing juga, dong. ditunggu. jd bisa bagi2 ngelmu, hihihi

  7. why selingkuh udah g perlu dipertanyakan.Yg aku butuh sekarang adalah bagaimana mengatasi selingkuhan suami yg ngotot minta tanggung jawab??what should i do or say to her?HELP!!

  8. @ prastuti :

    maap baru balas. insya allah akan saya balas lewat imel pribadi, walo mungkin rada telat.

    @ imam mawardi :

    yeah, rite😕

  9. Pecinta sejati adalah yang tidak pernah slingkuh, coba kita hitung prosentasenya ?….. dalam 24 jam berapa prosen kita menyelingkuhi Pencipta

    daftar selingkuh dalam 24 jam
    30 %……………kelon anak bojo
    50 %……………kelon komputer
    10 %……………kelon konco
    9 %………….…Kelon bantal-guling
    1 %…………….??????

    He he he he…..nggak ada waktu kelon kuda binal.

  10. cuma numpang tanya nih… disebutkan :

    “jika dalam suatu hubungan yang sudah berjalan sekian lama, pada akhirnya pasti terjadi masa-masa surut sehingga kita merasakan kebutuhan kita tidak terpenuhi. dan gawatnya, hal tersebut tidak dikomunikasikan dengan baik dan terbuka dengan pasangan. yang terjadi, kita mencari orang lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. katakanlah, mulai dengan curhat terhadap rekan sekantor atau rekan blogger^^”

    dan :

    “jadi saran saya untuk pelaku model ini, mulailah mengajak bicara pasangan anda. hei, he/she is your soulmate. sigaraning nyawa. tidak sekedar partner di atas ranjang saja ato bapaknya/ibunya anak-anak, tapi sekaligus sebagai sahabat kita. kuncinya memang di komunikasi”

    sekarang kalau org sudah sampai sedemikian bosan dan jenuhnya dalam menghadapi pasangan karna telah dicoba berkomunikasi selama sekian tahun tanpa membuahkan hasil dan perubahan2 yg berarti dalam kehidupan pasangan kita trus gimana yach….???

    ceritanya nggih..nggih…kepanggih…gitchuuu…^—^

    Dah coba komunikasi sekian tahun tapi ketemunya mas GATOT mbak….( alias GAgal TOTal )…wkwkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s