psikologi lalu lintas (pt.one)

*sebuah sudut pandang dari sang ‘korban’*ย 

sodara-sodara sekaliyan…..

terutama yang berdomisili di jogja dan menyetir sendiri.

pernahkah sodara-sodara mengalami rasa capek, marah-marah, dan semua energi negatif setiap kali habis menyetir di jalanan nan raya di jogja tercinta ini ???

oh, sodara-sodaraku tercinta…my brader and my sista…..

aku merasa begitu, setiap kali habis nyopir. entah itu siang ato malam. dan semalam empat terbetik pertanyaan, aku tambah tua ya ??? kenapa ya, tiap di jalan rasanya mak deg-deg sirrrr tiap kali ada yang nyalip, ada yang tiba-tiba ngalang jalan, tiba2 ada yang nyeberang, dll.

sodaraku tercinta……inilah ‘musuh’ (lo, kok musuh ya???)ย saya selama di jalanan. semua diatur menurut frekuensi ketemu dengan saya.

1. motor yang ga nyalain sein kalo tiap mo belok, tiap mo belok langsung dan tiba-tiba nyelonong, nyalip dan motong jalan plus ngebut padahal kita uda kasih sein mo ke kiri eh tiba2 dari samping kiri ada motor nyelonong dan tancap gas langsung ambil jalan ke kanan, motor yang tiap keluar dari gang ato jalan kecil ato halaman rumah tiba-tiba mak kluwer langsung belok, motor yang jalan zigzag sambil ngebut, motor yang kalo ketemu malem-malem ga pernah nyalain lampu padahal jalanan gelap, motor yang menengah-nengah dan nutupi jalan sambil jalannya tuh pelan-pelan / nanggung dan tiap diklakson ga ngeh ato malah misuh, motor yang jelas2 meleng dan nyerempet bodi mobil tapi cuek dan pura2 ga tau sambil terus ngeloyor, motor yang meleng dan ketika dilakson utk ngingetin malah melotot sambil pasang tampang galak -ufh…..sementara ini dulu-

2. mobil yang jumawa bin goblok pasang lampu jauh padahal di dalam kota ato jalanan rame -apa dia ngerti cahaya lampunya itu bikin buta pengendara lain-, mobil2 manja nan cemen yang parkir mobilnya sembarang misal tepat di tikungan, mobil yang belok ga kasih sein….. -uhm, apa lagi ya…..-

3. truk-truk yang muatanna naujubileeeee dan tanpa rasa bersalah lewat jalan yang bukan untuk golongannya dan merusak jalan raya sampe bolong2 se kubangan kebo, bis-angkot yang suka seenak udelnya dewe dan ga punya perasaan (tanpa kasih sein tiba2 motong jalan dan belok trusย minggir,ย  jalan pelan-pelan dan -lagi- tanpa lampu sen ato lampu peringatan lain di jalan jalur cepat seperti di ring road, bis yang suka ngetem di tempat yang tidak selayaknya, bis-angkot yang suka ngeblong alias langgar bangjo, bis-angkot yang suka berhenti di jalur kiri di tiap bangjo padahal jelas-jelas kiri langsung terus seperti di perempata mirkam tuh)

4. becak yang suka ga merhatiin bangjo -buta warna,buta huruf, buta peraturan lalin-, penyeberang jalan yang suka langsung nyebrang tanpa merhatiin jalan, anak-anak kecil yang sering sepedaan dengan style-nya yang tidak memperhatikan ramai lalin dan keselamatan diri udah gitu sambil nyak-nyakan……

OOOOH…….TIDAAAAAAAAAAAAKKKKK, CAPEEEEEE DEEEEE !!!!!

*kata kakakku, kayaknya emang bener aku tambah tuwir deh. katanya, kl masih berdarah muda, masih menggelegak (emosinya?), kalo liat pengguna jalan lain tiba2 nyalip ato gimana, dia langsung ngejar dan berusaha mepet. pokoke dibales sampe nyaho’ lah. lha kalo udah tuwir, begitu ketemu pengguna jalan yang berangasan gitu, dia akan memilih utk jauh-jauh daripada tambah masalah (bijaksana ??)*

11 thoughts on “psikologi lalu lintas (pt.one)

  1. weeeeeelhhhaaa…..ini pasang kapling ato apa ya??? ^^

    dab, dab, kayaknya perlu ganti kacamata lg tuuuu….tp bukan yg ukuran 34B ya……hohoho

    gimana, ada pengalaman serupa ga???๐Ÿ˜ฆ
    saya tiap kali habis nyetir rasanya energinya tersedit deh. (jalanan) jogja tak lagi ramah terhadap penghuninya.
    malah, uda brp kali denger dr orang luar jogja (notabene bukan penduduk ato para mukim), bahwa motorista jogja terkenal pelitnya dalam kasih jalan buat orang nyebrang. kata sodara2ku dr jakarta, jakarta biarpun ancurnya kayak gt, masih adaaa aja yg mau berbaik hati yg brenti bentar kasi jalan buat belok ato nyebrang.

    piye ki dab ???
    tp ga driver, ga biker, bahkan pejalan kaki yo podho ndableg-e. tu liat yg pd nungguin bis sembarang tempat T_T

  2. Hehe, rasanya semua pengendara pasti sebal dengan hal-hal tersebut itu.
    Tambahan:

    1. motor motor para tuli yang kenalpotnya lebih berisik dari corong masjid, ngebas ataupun cempreng itu sama-sama menyakitkan telinga, mending kalau jalannya sesuai, langsung nyalip melesat dan minggat, lha ini cuma bingung dibelakang sambil mainin gas, kanan juga masih lega buat nyalip, maksudnya apa tooh, cc kurang gede??? Tapi kalau kitanya pas naik mobil sih monggo aja, dia mau masang corong mesjid di knalpot motor trus di stel maksimal juga silakan๐Ÿ˜› Kuping2 situ, paling juga dibakar kalau berani masuk gang.

    2. Polisi sentress yang kalau razia nyetop motor kayak nyetop maling, ga diajar sopan santun apa ya? Ga semua pengendara motor itu maling kan?

    3. Retribusi, Drum-drum sumbangan masjid, dan segala macam hambatan para pengemis. Ini sangat menyebalkan kalau jalan ke luar peradaban, lagi enak-enak nyetir tiba-tiba harus ngetes ABS cuma karena pengemis miskin lahir batin bikin hambatan jalan pas banget dibalik tikungan.

    4. Pembatas jalan yang dibikin tersamar. DLLAJ atau mungkin Pemda/penduduk setempat kayaknya sengaja masang perangkap, pengen ngerusak gardan, atau mau bunuhin pengendara motor untuk mendukung program KB.

  3. loh jogja toh.. mbok ikutan kumpul2 tho .. .

    klo saya yang paling bete klo ada serombongan motor.. entah klub motor ato suporter.. yang seenaknya nerobos traffik.. nyetop trafik dari arah lain demi rombongan nya lewat .. .

    lo kira jalan lo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s