misteri sorowiti, dakwah Sunan Kalijaga, manajemen paku, dan Pygmalion Effect : is it about self-fulfilling prophecy ???

 Selasa malam (28/01/08) di Trans 7, ga sengaja nonton Kupas Tuntas. Judulnya sih, misteri Sorowiti. Ga jelas buat gw, Srowiti itu tempat atau apa. Ternyata yang dibahas tentang ajaran Sunan Kalijaga (dalam postingan ini akan disingkat SK). Sayang, cuma nonton sekilas. Tapi dari yang cuma sekilas itu, ada yang bikin tertarik, yaitu ketika Bapak Sonhaji (narasumber yang diwawancarai) menerangkan cara SK dakwah tentang sholat, yang ditulis oleh SK (?) dalam kitab (jaman dulu kan belom ada penerbit, kaleeee, palagi ngeblog) .  

Bapak Sonhaji mengatakan, biasanya ustad mengajarkan sholat dengan menakut-nakuti, dengan ancaman, surga neraka, dsb. Tapi tidak dengan SK. Beliau menguraikan makna gerakan-gerakan sholat. Misal berdiri, melambangkan tumbuhan / pohon yang tegak berdiri di muka bumi. Bagaimana pohon-pohon itu berdiri, itulah puji-pujianan mereka terhadap Tuhan (mungkin istilahnya tasbih dan dzikirnya). Karena itu kalo kita sholat, gak kebayang ganjarannya, sama dengan sejumlah pohon yang ada di muka bumi ini, alias banyaaaaaaak banget. Dengan penjelasan seperti itu, santri-santri SK melaksanakan sholat dengan sukacita, tidak memandangnya sebagai kewajiban yang berkonotasi beban. 

Host Kupas Tuntas sempat menanyakan, apakah Bapak Sonhaji tidak takut dengan diungkapkannya ajaran-ajaran SK yang termuat dalam kitab tersebut akan menjadi kontroversi, karena mungkin ada kelompok-kelompok yang tidak setuju. Yah, dan kakakku saja berkomentar bahwa ajaran SK tersebut kejawen banget.  Nggak ngerti juga sih, itu maksudnya negatif ato positif. Tapi yang membuatku tertarik adalah cara-cara SK berdakwah, yg dikatakan oleh Bapak Sonhaji menunjukkan kecerdasan SK. Hal tersebut mengingatkanku dengan ‘manajemen paku’ yang sering sekali dipakai oleh mereka-mereka yang ngerti ilmu agama dan mengajarkan ilmunya kepada orang lain.

Misal, contoh paling gampang, ya ketika ngajari tentang sholat itu. Yang ditekankan adalah, kalo nggak melakukannya, berbagai hukuman nan mengerikan siap menunggu. Atau misal, dalam berhubungan dengan kaum non muslim, yang ditekankan adalah bahwa mereka akan selalu senantiasa mencoba menggoyang akidah kaum muslim. 

Manajemen paku (istilah pak Agor) hampir mirip dengan teori X dan Y dalam psikologi. Teori X dan Y dikembangkan oleh Douglas McGregor, berdasarkan pengalamannya sebagai manager, konsultan, dan psikolog. Sejatinya teori ini dipakai untuk menjelaskan perilaku manajerial dalam bersikap terhadap bawahannya. McGregor menyatakan, pada manajer-manajer (atau pemimpin) tersebut terdapat dua asumsi dasar yang berbeda dalam memandang orang lain (disini konteksnya adalah karyawan / bawahan).  

Teori X mempunyai pandangan / asumsi bahwa :

  • Individu pada dasarnya tidak menyukai untuk bekerja, karena itu mereka berusaha untuk menghindarinya.
  • Karena ketidaksukaan mereka untuk bekerja, mereka musti dipaksa, dikontrol, diarahkan, atau kalau perlu diancam / ditakut-takuti dengan hukuman.
  • Kebanyakan individu lebih suka untuk diarahkan, cenderung untuk menghindari tangung jawab, tidak punya / sedikit mempunyai ambisi, dan di atas segalanya, mereka lebih suka berada dalam zona nyaman (Douglas McGregor dalam Richard L Deft, The Leadership Experience).

  

Dengan kata lain, penganut teori X berasumsi bahwa individu pada dasarnya adalah pemalas, tidak mempunyai motivasi cukup untuk bekerja dan mempunyai kecenderungan untuk menghindari tanggung jawab. Penganut teori ini mempunyai pandangan yang pesimis terhadap orang lain. Karena itu, pimpinan yang lebih suka memakai coercive external-methods seperti disiplin a la militer, punishment, atau ancaman terhadap bawahannya, adalah pimpinan yang mempunyai asumsi Teori X.

Manifestasinya, pimpinan seperti ini biasanya bossy, tidak sabaran, tidak perhatian terhadap perasaan dan masalah orang lain. Mereka cenderung task dan production oriented, lebih peduli dengan hasil daripada individu yang terlibat di dalamnya. 

Teori Y berasumsi sebaliknya dari Teori X. Secara singkat, penganut teori Y berasumsi bahwa individu mampu bekerja secara maksimal. Teori ini merefleksikan pandangan yang optimistis terhadap orang lain. Pemimpin yang mempunyai pandangan ini terhadap orang lain, dia akan menyadari bahwa achievment, personal growth, kebanggan ketika berkontribusi dalam pekerjaan, dan respect, merupakan hal-hal yang juga dibutuhkan leh karyawan. Pimpinan menyadari bahwa sikon dan lingkungan yang tepat / kondusif, maka individu akan mencari kesempatan untuk mendapat tanggung jawab yg lbh tinggi (need of achievment –David McCleland- dan need of self actualizing-nya –Maslow- meningkat) dan akan melatih imajinasi dan kreativitas untuk mencapai tujuan perusahaan.

CEO-CEO seperti ini misalnya Konosuke Matshushita (Matshushita Electric, dimana beliau yang hanya menempuh pendidikan formal dasar, berhasil medirikan perusahaannya tahun 1917 da menghasilkan 50 juta dollar), Soichiro Honda (Honda), Steve Jobss (Apple), Jack Welch (General Electric), Robby Djohan, dll. Mereka cenderung people oriented walau kadang juga bisa task & production oriented, tergantung situasi. 

Dalam penelitian Hall dan Donell (1979) yang dikutip oleh Hughes, Ginet, dan Curphy dalam bukunya Leadership : Enhancing the Lessons of Experience, yang melibatkan 12000 manajer, menyimpulkan bahwa pimpinan yang mempunyai pandangan positif terhadap orang lain, cenderung lebih sukses dibanding dengan pimpinan dengan asumsi teori X (belum ketemu jurnal aselinya). 

Dari paparan di atas, bisa terlihat bahwa asumsi yang dipercayai / dianut oleh seseorang berpengaruh terhadap perilakunya dengan orang lain. Seseorang yang berasumsi bahwa orang pada dasarnya tidak dapat dipercaya tentu akan berperilaku berbeda dibandingkan dengan mereka yang berasumsi bahwa setiap orang dapat dipercaya. 

Hal tersebut ternyata mirip-mirip dengan apa yan disebut Pygmalion Effect atau self-fullfiling prophecy.Pygmalion effect terilhami dr legenda Yunani, dimana Pygmalion memahat wujud seorang perempuan yang sangat cantik dan memperlakukannya seperti patung tsb adalah istrinya, dan Aphrodite mewujudkan impiannya sehingga patung tersebut hidup. Pygmalion effect ini berangkat dari penelitian experimental yang dilakukan oleh Rosenthal dan Jacobson, dengan subyek penelitian anak-anak sekolah dasar dan guru sekolah. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan, yaitu ternyata ada peningkatan performa murid-murid yang diberi label ‘superior’ (diukur dengan tes IQ).  

** bagi yang mempunyai jurnal-jurnal berkaitan dengan Pygmalion effect, plis bisa kontak saya ??? tertarik banget nih^^ 

Penelitian lain yang meneliti tentang Pygmalion effect adalah penelitian yang dilakukan Dov Eden dkk di Israel. Eden meneliti tentang efek pygmalion antara atasan (pimpinan) dan bawahannya. Kesimpulannya, pemimpin yang mempunyai harapan positif yang cukup tinggi terhadap bawahannya, ternyata berakibat pada performa bawahannya dan kerja kelompok.Sebaliknya, Golem Effect, menunjukkan bahwa pemimpin yang hanya memiliki sedikit rasa percaya terhadap bawahannya, ternyata berakibat pada rendahnya performa bawahannya (seperti dikutip dari Hughes, Ginnet, dan Curphy). 

Pertanyaannya adalah : dari karakter yang telah disebutkan di atas (labelisasi positif terhadap murid dan pemimpin yang mempunyai harapan positif yang ukup tinggi dan sebaliknya), realisasinya bagaimana ??? Terwujud dalam perilaku yang bagaimana ??? Nah ini pe er bagi kita-kita untuk meng-identifikasikannya, termasuk mengevaluasi apakah perilaku kita termasuk yang mendukung pygmalion effect ato golem effect….^^ 

Self-fulfilling prophecy sendiri dapat diartikan simpel dengan “you get what you expected” (Hughes, Ginnet, dan Murphy). Self-fulfilling prophecy terjadi jika harapan atau prediksi kita terwujud (our expectations or predicitions play a causal role in bringing about the events we predict). Self-fulfilling ini dapat terjadi dari level makro hingga mikro (hubungan interpersonal). 

Sedikit tambahan dari pengalaman gw sendiri dengan ‘anak-anak’ gw. Gw sekarang punya tiga kucing. Kebetulan sejak awal gw udah denger bahaya dengan kata-kata negatif dan pelabelan. Jadi sedari kucing gw, Cici, masih bayi, gw udah biasakan untuk berkata positif terhadapnya. Sering sekali gw bilang ma dia, kl dia cantik, pintar, dsb. Eh lha, kok makin hari, dibanding anak-anak gw yang lain, Cici ini emang paling pinter. Dia seperti tahu apa kata kita, jadi kalo diperintah ato dilarang sesuatu, dia lebih cepet belajar dan sebagainya. Sebaliknya, ma anak gw yang lain, Pongge. Karena tampangnya yang seperti o’ong, sodara-sodara gw gemar sekali menyebutnya kucing bodoh dsb (walau dengan nada sayang + gemas), eh kelakuannya sehari-hari emang rada o’ong hehehe. Jadi ??? 

Dari uraian di atas, kesimpulannya apa ??? Buat gw, kesimpulannya adalah, sudah semestinya kita lebih mawas diri dan lebih menekankan diri kepada hal-hal yabg bersifat positif. Dalam konteks isi postingan ini, sudah seharusnya para alim ulama mempunyai apa yang dikatakan FEELINGS OF EMPOWERMENT. Mereka seharusnya lebih mempercayai ummatnya, bahwa ummatnya adalah ummat yang pandai dan cerdas, yang tidak mudah goyah imannya hanya karena hal-hal seperti supermi, doraemon, sinetron My Hope, dsb. Dengan kepercayaan dari alim ulama, tak ayal akan mendorong percaya diri dari umat, dan kepercayaan diri tersebut akan keluar dalam perilau-perilaku yang selaras. Umat tak lagi harus bersikap minor sebagai kompensasi dari rasa inferioritas dan ketidakpercayaan diri terhadap ummat lain, sehingga tidak ada lagi perilaku mengkambinghitamkan ummat lain, paranoid terhadap ummat lain, hingga kekerasan terhadap ummat lain.Manfaat secara internal, para alim ulama tak lagi harus menggunakan cara-cara ancaman atau menakut-nakuti, memangnya kita anak balita yang dalam diajari harus ditakut-takuti ??? emangnya kita IQnya setara dengan ternak, yang dalam diajari pake pecutan (negative reinforcement) dan makanan (positive reinforcement) ???  

So, buat gw, metode SK itu kejawen ato bukan, sepertinya kita kaum muslim harus lebih mawas diri dan introspeksi lagi deh, dengan cara berdakwah. Ga usah jauh2 perekrutan ke kaum non muslim, tp juga ketika berdakwah di intern muslim sendiri. Memang, dalam transfer ilmu, seharusnya juga memperhatikan siapa yg akan diransfer. Ya seperti teori komunikasi lah, bahwa komunikasi yg sukses tergantung kpd komunikannya, dia harus peka kpd siapa dia berbicara shg bisa memakai bahasa yg sama. Dalam konteks ini, ketika berhadapan dg individu2 kritis, maka tidak akan cukup penjelasan surga neraka dan reinforcement negatif. 

Kata pacar gw : energy flows follow imagination.  Alias energi mengalir mengikuti imajinasi. Sehingga ketika kita, secara sadar dan bawah sadar menganggap bahwa kaum non muslim sebagai musuh, alam bawah sadar akan bekerja menterjemahkan alias mewujudkannya (baca The Secret ato Quantum Ikhlas ato Pieces of Mind-nya Sandy McGregor deh, untuk lebih jelas gimana mekanismenya).

Seperti jika kita terus mengatakan (melabeli) bahwa anak kita si anak nakal, maka ia pun akan menjadi anak nakal. Hal yang kita takutkan dan enggan kita bayangkan, umumnya malah justru terjadi. Nah, apakah kita masih mo menekankan manajemen paku tadi, dalam berdakwah ??? mengapa kita tdk menirukan cara SK yang tidak pongah, arogan, ‘sertamerta’, dengan tetap merangkul kearifan lokal, dan terbukti mayoritas penduduk jawa memeluk muslim dg sukarela (sukarela kan???tdk dibawah todongan senjata ato ancaman neraka :p) 

 ** Diskusi lebih lanjut, yang sehat dan tidak saling serang, saya buka di bawah. Saya masih membutuhkan koreksi dan saran, terkait dengan pemahaman dengan konsep-konsep psikologi di atas. Toh semuanya untuk kemaslahatan umat :p  

35 thoughts on “misteri sorowiti, dakwah Sunan Kalijaga, manajemen paku, dan Pygmalion Effect : is it about self-fulfilling prophecy ???

  1. Wah, otak ku ndak nyampe.

    Soale aku blajar agama ndak pake ditodong pedang, jugak ndak ditakut-takuti neraka.

    Kalok soal mayoritas Jawa jadi Islam, menurut sayah karena “aslinya” orang Jawa ndak kenal konsep Tuhan.

    Orang Jawa ngertinya konsep Gusti dab Pengeran.

    (makanya masih sering kita denger duh Gusti Allah. Duh pengeran….)

    “Baju agama” apapun nyang diberikeun kepada orang Jawa pasti “akan dipake”.

    (silakeun cek di Gunung Kidul)

    Itulah sebabnya di kampung sebelah komplek sayah, ada gereja Kristen Pasundan, Gereja Kristen Djawa, bahkan Gereja Betawi.

    Tertarik untuk Thesis ???

    Akan sayah anter kesana…. 🙂

  2. @ joesatch yang legendaris plus laris manis :p :

    wah maap, hari ini tanpa sengaja balesan komenku untuk mu kok kehapus.

    hehe…komenmu itu nyiram bensin ^^
    *sopo sing keslomot berarti bodho…ya nggak??* :mrgren:

    yah kl mnrt ku sih, tiap orang beda2 kemampuan ya. jd sbg pemimpin (a.k.a alim ulama) ya mustinya hrs pinter menyesuaikan. lha kl umatnya kayak kamu, misal, harus pake pendekatan khusus to😆

    @ mbelgedez :
    wah ngece po… ;P

    percaya kok, soale kl ada yg nodongin pedang sama situ, pasti digebrag to^^

    mnrt mas mbel gitu ya???
    lha Gusti dan Pangeran itu, kl diuraikan nrt orang jawa, apa ya???
    kl mnrt saya yg msh cetek ini (hehe), sebenarnya ya orang jawa ktk belum kenal Gusti Allah, ya udah kenal Tuhan, mas. tetapi konsep ttg Tuhan aja yg berbeda. msh mnrtku lg, penganut animisme pun sadar akan kekuatan yg lbh hebat dr mereka (a.k.a Tuhan) ttp penterjemahan mrk berbeda dg kita.

    wah thesisku ga nyampe situ, mas, ntar ga kelar2,ga kawin2😆
    kl jalan2 aja sih mau (ngarep….)

  3. KENALILAH DULU SIAPA KALIJAGA.KALIJAGA SESUNGGUHNYA MISSIONER KAISAR CINA.DIUTUS UNTUK MENGHANCURKAN NUSANTARA.ADALAH PENGHIANAT BAGI NEGARA UNTUK WARGA INDONESIA YANG MEMELUK AJARAN KALIJAGA.NUSANTARA MAU DICAPLOK CINA JAMAN KUBILAI KHAN.SUDAH RAHASIA UMUM CINA SEJAK JAMAN JENGIS KHAN SUKA MEREBUT WILAYAH NEGARA ORANG.BERUNTUNG NUSANTARA ADALAH DAERAH KEPULAUAN.ARMADA PERANG CINA SEBESAR APAPUN TAK MAMPU MENGUSAINYA.TAPI BUKAN CINA NAMANYA BILA TIDAK LICIK.SIFAT DASAR BANGSA INDONESIA YANG BERBAKTI KEPADA TUHAN DIJADIKAN SENJATA.DISEBARKANLAH AJARAN SESAT KE SELURUH JAWA.AJARAN ISLAM KALIJAGA ADALAH AJARAN SESAT.AJARAN YANG MERUPAKAN PENGKHIATAN BAGI UMAT MANUSIA.DAN DOSA TAK BERAMPUN.KARENA BAGI PENGIKUT AJARAN KALIJAGA PADA KLIMAKNYA MENDAPAT KUTUK AIR BAH/TSUNAMI.SEPERTI DI ACEH DAN SITU GINTUNG.AJARAN KALIJAGA YANG BERMUARA PADA KIAMAT.BILA SUDAH SEPERTI ACEH KEPULAUAN DI NUSANTARA YANG TERSISA HANYA TANAH KOSONG.TANAH TAK BERTUAN.DENGAN MUDAH BANGSA CINA DATANG MENCAPLOK.NUSANTARA BERGANTI PENGHUNI MENJADI MANUSIA BERMATA SIPIT.CELENGAN.KULIT PUTIH.KAISAR CINA BISA BERHEMAT CUMA MENGIRIM KALIJAGA SAJA TAK PERLU ARMADA PERANG SEPERTI JAMAN KERTHANEGARA DAN RADEN WIJAYA.AJARAN KALIJAGA OLEH SABDO PALON DITERJEMAHKAN SEBAGAI CANDI SUKUH.PADA CANDI SUKUH ADA CANDRA SENGKALA YANG ARTINYA JURUPENERANG YANG MENJERUMUSKAN PADA KEHANCURAN.MERUPAKAN AJARAN SESAT.AJARAN KALIJAGA YANG JAHAT INI MELECEHKAN WANITA.KITA BISA LIHAT BAGAIMANA SEK MENJADI RITUAL PARA PARANORMAL MUSLIM.DENGAN AJI NGERAGA SUKMA MEMPERKOSA WANITA YANG MENJADI PASIENNYA TANPA TERLIHAT SIAPAPUN.POLISI PUN TAK BERDAYA.WONG DUKUNYA TAK TERLIHAT MATA BIASA SAAT MEMPERKOSA.DENGAN GUNA-GUNA MEMPERKOSA DARI JARAK JAUH.TINGGAL WANITANYA MENJERIT-JERIT DI MALAM HARI.MEMBUAHKAN PENDERITAAN LAHIR BATHIN.SUDAH MENJADI SURATAN BILA WANITANYA DI LECEHKAN DEWATA DAN MAKHLUK SURGA TAK SUDI DATANG MEMBERI KEMAKMURAN BAGI NEGERI ITU.PENDERITAAN SAJA BAGI NEGERI YANG WANITANYA DIRENDAHKAN.SABDO PALON MEMILIH PERGI DARI PADA TERKOTORI OLEH DOSA TAK BERAMPUN DARI AJARAN KALIJAGA.TINGGAL PRABU BRAWIJAYA,PUTRI CAMPA YANG BEJAT DAN KALIJAGA ULAMA JAHAT DAN CURANG MENYEBARKAN AJARAN SESATNYA.

    • ass……semoga selalu di berikan hidayah & keselamatan, karunia allah swt….Tuhan pencipta alam jagat raya , beserta isinya……..
      alangkah indahnya kita berpikir positif….dan mengormati leluhur kita…..semua hal ada 2 sisi….positif negatif…baik buruk….dan itu melekat ke semua materi yang ada di muka bumi ini……marilah melihat sejarah dengan bijak….

  4. cANDI SUKUH ADA DI TAWANG MANGU.TAWANG MANGU ASAL DARI KATA TAWANG MANGUN=MEMBANGUN KESADARAN YANG MEMBUAT SADAR AKAN HAKEKAT SESUATU.ADALAH PRABU BRAWIJAYA YANG BERTANYA KEPADA SABDO PALON YANG TAK LAIN ADALAH SEMAR PENGEMONG TANAH JAWA.BRAWIJAYA BERTANYA APA CIKAL BAKAL DAN HASIL AKHIR BILA MENGIKUTI AJARAN KALIJAGA.SABDO PALON DENGAN KESAKTIANNYA MEWUJUDKAN AJARAN KALI JAGA BERUPA CANDI SUKUH.PADA CANDI SUKUH TERDAPAT CANDRA SENGKALA YANG ARTINYA JURU PENERANG YANG MENGHANCURKAN.AJARRAN YANG MENGANTARKAN MANUSIA PADA PENDERITAAN.TERLAHIR DARI PERTIKAIAN DEWA KAMAJAYA DAN DAN DEWA SIWA.BERMULA DARI TINDAKAN DEWA KAMAJAYA YANG MENGGANGGU SEMEDI DEWA SIWA.HINGGA PADA AKHIRNYA DEWA SIWA MURKA MEMBAKAR DEWA KAMAJAYA MENJADI ABU.DAN MENGUSIR KAMAJAYA DARI SURGA.PADA CANDI SUKUH TERPAMPANG NERAKA YANG MELUKISKAN SIKSA BAGI PENGANUT AJARAN KALIJAGA.NERAKA YANG MENJADI TEMPAT PENURUNAN DERAJAD DARI DEA MENJADI MANUSIA.DAN DARI MANUSIA MENJADI BINATANG.NABINYA KAMAJAYA.DEWA KAMAJAYA SAJA TAK PERNAH MENCAPI SURGA JIWANYA MENGELANA DI DUNIA DI DUNIA PADA MANUSIA YANG BERCINTA.RASAKANLAH BIRAHI YANG MENYERGAP JIWAMU BILA AZAN BERKUMANDANG 5 KALI SEHARI.

    • eh mas kalu ngomong dipikir, diatur baru di keluarkan dimulut, jangan maen telan kayak binatang aja, kesannya kamu tuh paling benar ya???makan aja tuhan mu itu, jangan sebut2 azan kalu gak tau maknanya..
      buat yang laennya, kalu dengan yang begini an kita gak perlu bijak2..

  5. cANDI SUKUH ADA DI TAWANG MANGU.TAWANG MANGU ASAL DARI KATA TAWANG MANGUN=MEMBANGUN KESADARAN YANG MEMBUAT SADAR AKAN HAKEKAT SESUATU.ADALAH PRABU BRAWIJAYA YANG BERTANYA KEPADA SABDO PALON YANG TAK LAIN ADALAH SEMAR PENGEMONG TANAH JAWA.BRAWIJAYA BERTANYA APA CIKAL BAKAL DAN HASIL AKHIR BILA MENGIKUTI AJARAN KALIJAGA.SABDO PALON DENGAN KESAKTIANNYA MEWUJUDKAN AJARAN KALI JAGA BERUPA CANDI SUKUH.PADA CANDI SUKUH TERDAPAT CANDRA SENGKALA YANG ARTINYA JURU PENERANG YANG MENGHANCURKAN.AJARRAN YANG MENGANTARKAN MANUSIA PADA PENDERITAAN.TERLAHIR DARI PERTIKAIAN DEWA KAMAJAYA DAN DAN DEWA SIWA.BERMULA DARI TINDAKAN DEWA KAMAJAYA YANG MENGGANGGU SEMEDI DEWA SIWA.HINGGA PADA AKHIRNYA DEWA SIWA MURKA MEMBAKAR DEWA KAMAJAYA MENJADI ABU.DAN MENGUSIR KAMAJAYA DARI SURGA.PADA CANDI SUKUH TERPAMPANG NERAKA YANG MELUKISKAN SIKSA BAGI PENGANUT AJARAN KALIJAGA.NERAKA YANG MENJADI TEMPAT PENURUNAN DERAJAD DARI DEWA MENJADI MANUSIA.DAN DARI MANUSIA MENJADI BINATANG.NABINYA KAMAJAYA.DEWA KAMAJAYA SAJA TAK PERNAH MENCAPI SURGA JIWANYA MENGELANA DI DUNIA DI DUNIA PADA MANUSIA YANG BERCINTA.RASAKANLAH BIRAHI YANG MENYERGAP JIWAMU BILA AZAN BERKUMANDANG 5 KALI SEHARI.

    • Mas Satriya tolong lain kali kalau ngasih komentar difikir ulang dan banyak belajar dulu. Saya kasih contoh : sama sama satu guru ( Sunan Bonang )
      muridnya yang bernama Syeh Siti Jenar & Sunan Kalijaga, keduanya menpunyai penafsiran yang berbeda akan ajaran gurunya. Jadi marilah kita semua secara bijaksana sama-sama belajar tentang kebenaran itu.Jangan kita menjadi golongan yang dilaknat oleh Allah atau Tuhan yang anda percayai.

      • alhamdulilah………….mas fadjar bijak sekali yah….mari kita sama 2 belajar mengkaji diri…saling menasehati…….sesama makhluk Tuhan….sesama muslim…sesama mukmin….

  6. @ SATRIA :
    KALIJAGA kalo disambung2 in ama BRAWIJAYA dan DEWA-DEWA gak nyambung karena Jamannya sudah Beda, dan pengetahuan Kejawen panjenengan sudah TOP kok, kalo ngomentarin Blog ini yang melihat KALIJAGA dari nilai Modernitas sepertinya bukan di level penjenengan.

    @ANGEL:
    Baru kali ini ada yang menilai KALIJAGA dengan teori Douglas McGregor, Salut mbak

  7. wah mnurut sya njenengan ngomong itu memang ada benarnya
    tapi apakah njenengan paham betul ajaran sunan kali jaga
    dan satu lagi,apkah njenengan ngomong itu bisa mencontohkan yang lebih baik
    ingat kalo ngomong diilmoni jo langsung njeplak
    masyaallah
    hidayah orang itu sendiri – sendiri sendiri ok

    wlah walah kuq banyak ya orang ya ska menyalahkan pengajaran orang lain , ga liat dirinya sendiri
    wong blum maqomnya anger njeplak

  8. Tertarik juga ama komentarnya mas Satria, kayaknya ada juga hitam putih kehidupan didunia.
    Karena manusia tidak ada yang sempurna, Kanjeng Sunan Kalijaga telah mengajarkan kita yang terbaik tapi bila mana ada muridnya ataupun orang lain yang melenceng dari ajarannya ya tanggung sendiri akibatnya, maka kalau belajar jangan berhenti ditengah jalan, selesaikan sampai tahap kesempurnaan. Jangan pada emosi pendapat mas Satria karena anda sendiri yang rugi, karena Sunan Kalijaga mengajarkan kita untuk senantiasa mengendalikan emosi.

  9. Yah semua akan kembali kepada kita, gmn cara bersikap dan gmn cara bertindak terhadap semua ini, sbenarnya yang perlu kiga pegang hanyalah 3 kata yaitu sabar, sadar dan ikhlas, itu yang akan mengatarkan kita pada kehidupan yang tenang. ok browr

  10. saya sangat setuju mbak denagan teori y, emang dengan pendekatan secara ikhlas dan dengan kasih sayang itu akan membuahkan satu hubungan yang lebih indah, dapi pada dengan teori x yang dimana mengajarkan untuk menggikuti sesuatu dengan paksaan,itu pasti akan membuat kita jauh dari iklhas,dan mengikuti sesuatu tidak dari getaran hati kita sendiri,makasih mbak setelah aku baca tulisan anda, lebih terbukalah mata hati saya

  11. MAS SATRYO KLO SAYA AMATI DARI KUTIPAN ANDA INI KELIHATANNYA ANDA INI NGGA’ PERNAH MAKAN SEKOLAHAN DAN NGGA’ TAHU YANG SEBENARNNYA INTISARI DARI AJARAN SUNAN KALIJAGA

  12. BESOK2 BELAJAR DULU BARU ISI KOMENTAR DISINI,ORANG BELAJAR ITU JANGAN HANYA BISA MEMBACA AJA HARUS DIKAJI DULU,DIPAHAMI,INTI DARI ORANG BELAJAR ITU HARUS BISA MEMAHAMI&MENGAPLIKASIKAN DALAM KEHIDUPAN KITA JADI MAS SATRYO INI PERLU BELAJAR YANG NAMANYA MENGKAJI&BELAJAR MEMAHAMI
    DAN KALO BLUM TAHU MAKSUDNYA TANYA KEPADA YANG LEBIH TAHU (GURU)
    MAS SATRYO SEKOLAHNYA TAMATAN KEJAR PAKET APA MAS
    TXS

  13. hehe,sepertinya anda yang menentukan surga dan neraka,,,,,,sebaiknya ajak orang untuk tersenyum,berfikir positif dan menghasut bagian dari penyakit………….orang yg menceritakan kejelekan orang lain berarti menutupi kejelekandiri sendiri.

  14. @satria: ilmu saya mungkin tak setinggi langit dan seluas samudera, Iman saya jg msh jauh dari sempurna, tapi kalo disuruh percaya Sunan Kalijaga atau ramalan Dewa2……, Saya pilih Sunan Kalijaga.

  15. Mas…Mas…Mbak…Mbak…
    Tolong dong kasih saya kebenaran mengenai hal ini.
    Sebenarnya Ajaran Sunan Kalijogo itu benar atau salah.
    Mohon maaf, saya belum begitu faham mengenai hal ini.
    Maka ingin mencari kebenrannya.

    Suwun,
    Diajeng

  16. agama adalah jalan yg lurus,apapun ajaran dan siapapun pengajarnya tdk penting.karena agama yg benar adalah yg diyakini dan dijalankan.kenapa anda islam,kristen.hindu,budha atau apapun namanya? itu hanyalah pakaian sj.so tdk perlu ada siapa yg paling benar dan siapa yg salah,krn itu semua hanya karena beda perspektif saja.khusus u mas satrio nama anda bagus tp sayang cuma sebatas nama sj karena sesungguhnya anda tdk tahu yg namanya agama,untuk memahami yg anda anut sj( apapun agamamu) tdk mampu terbukti anda suka menghujat sesuatu yg anda tdk setujui atau anut.pahami agama kedalam diri anda dan jalankan niscaya anda dpt pencerahan hati.manusia sejati adalah yg memimiliki nalar dan rasa,dan sanggup memadukan u satu kesimpulan sikap.yg pasti agama,ibadah,sholat adalah wajib titik,tdk perlu dibahas seperti apa dan bagaiamana orng lain melakukannya.anda tdk perlu memaksa orang lain minum teh seprti yg anda minum sementara orng lain sukanya kopi,yg pasti inti dari semua orng minum adalah menghilangkan dahaga dan bertahan hidup seperti kita dalam beragama.thk alot……..

  17. KEDAMAIN & KEBENARAN

    KEBENARAN………….
    SIAPA KAU
    DIMANA KAU
    MILIK SIAPA KAU

    KEBENARAN………..
    ADAKAH DIRIMU AGAMA
    ADAKAH DIRIMU KEPERCAYAAN
    ADAKAH DIRIMU IDEOLOGI

    KEBENARAN…….
    ADAKAH DIRIMU MELAHIRKAN KEDAMAIAN
    ATAU DIRIMU DILAHIRKAN OLEH KEDAMAIAN
    TAPI NYATA TELAH MEMBUKTIKAN
    KORBAN TAK TERKIRA BEREBUT DIRIMU

    WAHAI SPECIES MANUSIA, MAKHLUK BERAKAL
    JANGAN TULIKAN DIRIMU
    JANGAN BUTAKAN DIRIMU
    JANGAN PENJARAKAN DIRIMU
    OLEH AGAMA,KEPERCAYAAN DAN IDEOLOGI
    OLEH SUKU, BANGSA DAN NEGARA
    OLEH GOLONGAN, PARTAI DAN KEPENTINGAN
    JERNIHKAN……
    SUCIKAN…….
    INDAHKAN……
    AGUNGKAN…..
    SEJUKKAN…..
    DENGAN KEDAMAIAN LAHIR-BATIN.

    Cat:
    ORANG GILA……tak ada hukum yang dapat menyentuhnya

    ORANG NGGILANI adalah orang yang memperkosa agama, kepercayaan, hukum, akal dan hati nurani untuk memuaskan kepentingan hawa nafsunya. Orang nggilani mengabadikan kebodohan tumbuh subur dimuka bumi. Orang nggilani membiarkan dirinya tenggelam dalam kebodohan.

  18. Ass Wr wB………

    Hanya allah yang tau kebenaran ini….

    buat mas satria….mungkin alangkah baiknya panjenengan nelan setrika panas dl baru komentar….

    dan buat semua….kembalilah kepada al-quran dan hadist maka akan ketemu kebenaran itu….

  19. Saya penganut ajaran sunan kalijaga….untuk case si satria…..kita serahkan saja sama yang maha kuasa (Allah)…karena bagaimana, seperti apa tuh si Satria….itu kehendak dan atas izin Allah juga (Tauhid),…segala kejadian di dunia ini adalah atas ijin Allah…dan kita kembalikan juga kepada Allah (Qs. Yasin 82-83)

  20. Assalamu’alaikum…maaf sekedar sharing, gw sendiri baru belajar dlm mendalami soal keimanan…
    menurut gw, yg lebih bijaknya adalah mencoba mengerti dan memahami dari setiap keimanan kita masing2. Dalam keimanan yg gw yakini terkandung makna perintah untuk selalu bertaqwa ke pada Allah. Yaitu dgn cara bersyukur, amanah dan istiqomah. kebanyakan dari kita mengaku beriman tapi gaa tau apa itu iman? bagaimana menjalani keimanan itu sendiri? dan dengan cara apa kita menjalaninya? lalu apa yg menjadi dasar keimanan kita? dan yg terpenting mengapa kita harus beriman?. semoga kita termasuk orang2 yg selamat dan mendapat ridhoNya..amien.

  21. metode sk itu (dalam berdakwah) adalah metode yang bijak. ato sering disebut berdakwah dg mengedepankan pola bil-Hikmah. sk berusaha berdialog dengan komunitas saat itu dengan menggunakan kemampuan berpikir komunitas saat itu.
    dan sk itu bukan adalah salah satu penyebar agama islam di tanah jawa pada masanya. dan sk memang seringkali dalam berdakwah menggunakan berbagai macam pendekatan…dan salah satu pendekatan sk dalm berdakwah seringkali menggunakan seni dan budaya yang akrab di komunitas masyarakat jawa saat itu.

    dan satu hal lagi ajaran sk itu ajaran islam yang disampaikan dengan menggunakan bahasa jawa. dan hal itu yang menyebabkan banyak kalangan yang menilai ajaran sk adalah kejawen. padahal itu adalah ajaran islam yang dikomunikasikan dengan bahasa jawa.

  22. Ass.Friends ,
    mari kita merenung ” kenapa manusia diciptakan ? untuk apa manusia dicptakan ? kemana manusia setelah diciptakan ? ”

    mari kita merenung ” Sanggupkah kita menjadi orang yang :
    * tidak sanggup ?
    * tidak bisa ?
    * tidak punya ?
    * tidak ngerti ?
    * Dan kita bkan siapa siapa ? ”

    Wass.

  23. sudah…sudah…. yg edan ya edan.. yangwaras ya semoga tetep waras…
    aku sendiri agama ktp……. alias bejat… tp bagi ku yg penting bagaimana diri kita ngejalani idup ini dengan baik…
    baik dengan sesama manusia..
    baik dengan mahluk laen..
    yg penting tetep juga baik dengan yang Maha Kuasa…

  24. Nyuwun Sewu, Mari kita renungi apa yang disampaikan Sunan Kalijogo : “Sumbernya hanya satu seperti sumber air gunung yang sangat bersih tanpa ada kotoran mengalir ke bawah. Lalu beranak sungai di hulu, dialirkan ke setiap arah untuk dipergunakan macam-macam keperluan seperti minum, mencuci, mengairi sawah, dan lain-lain sehingga kotor sulit dibersihkan kembali. Begitupun pengertian tentang Tuhan, siapa yang memuja Allah SWT dia akan pergi kepada Gusti Allah, siapa yang memuja Dewa dia akan pergi kepada Dewa, siapa yang memuja Jin dia akan pergi kepada Jin, siapa yang memuja Leluhur dia akan Pergi kepada Leluhurnya. Namun tetaplah semua akan kembali kepada satu sumbernya yaitu sang maha pencipta Gusti Allah SWT, La Illa Haillallah tiada tuhan selain Allah. Ada pula orang-orang yang menyerahkan hartanya sebagai bakti kepada Illahi, Namun dibalik hatinya ia meminta kembalinya yang lebih besar, itu namanya murka, ada orang yang berpura-pura memuja Illahi namun mengharapkan upah, dia tidak akan sampai kepada Illahi. Begitulah pengertian tentang Tuhan, diolah beraneka ragam hasil pengertian akal tanpa budi, iman, dan taqwa. Tidak demikian dengan orang yang beriman dan bertaqwa, dia akan terus menuju mencari sumbernya. Dia tidak akan terpengaruh oleh kesibukan dan nikmat duniawi yang tercipta dari setan pembawa hawa nafsu yang merusak. Dia akan senantiasa tenang, karena ia sadar bahwa semua pergolakan disebabkan oleh setan. Bagaikan orang yang berjalan di lorong gelap gulita yang menemukan pelita, demikianlah orang yang berserah diri kepada Gusti Allah SWT”. Nah mas Satria, apakah anda termasuk air yang keruh atau air yang kotor ? monggo intropeksi, anda sendiri yang tahu diri anda, astagfirullah, semoga Alloh mengampuni dosa-dosa hambanya, amin….

    “SUNAN Lover”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s