menulis dan kebebasan

hmmm….mendengar obrolan temen-temen, dalam kumpul-kumpul beberapa waktu yang lalu membuat aku merenung dan gelisah

aku jadi mikir, apa sih tujuanku nge-blog ini ??

kalo dirunut-runut, usia blog-ku lagi lucu-lucunya (walo kemajuannya lambat banget, maklum otodidak, ga mudeng bab internet maning T_T lah kok membela diri). tetapi baru mulai intens dengan komunitas bloger, ya baru-baru saja. dan di balik kesenangan itu, ternyata membawa kegelisahan.

ternyata bloger-bloger yang kutemui adalah orang-orang hebat. dibalik kekonyolan dan kepekokan mereka, mereka menyimpan suatu idealisme sendiri. paling tidak di mataku, mereka sedang dalam berproses pencapaian mimpi-mimpi dan harapan mereka tanpa membuang idealisme itu.

**hah, benerkah ? bahasanya kayaknya kok keren banget…

yah, itu menurutku. dan aku minder.

kemudian mulai aku digelayuti beban dalam nge-blog. ketika menulis mulai dihantui dengan pikiran-pikiran ga penting seperti : ‘apa ya, respon pembaca ??’ dll.

aaargh, aku ingin menulis tanpa beban. tanpa harus memikirkan orang lain. aku ingin menulis, karena aku suka. titik.

** ingatlah, meth, kamu kan bercita-cita jadi penulis…katanya kamu (dulu) hobi nulis…

ya….and its been a long time ago….

rasanya enak sekali, menulis apa saja yang kita suka tanpa beban. ga digelayuti pikiran macam-macam. merdeka. bebas.

menulis bagiku adalah pembebasan. katarsis.

aku menulis karena aku cinta menulis. entah itu di blog, entah itu di media massa, entah itu di diary.

blog hanyalah media.

aku menulis dengan merdeka dan bebas.

dan aku mencintainya.

** menulis untuk katarsis ?? katanya menurut penelitian2 psikologi klinis, bisa dilakukan selayaknya terapi. dan hubungannya signifikan dalam menurunkan beban depresi bahkan yang disebabkan perisitiwa traumatik.

** menulis sebagai aktualisasi diri. dengan menulis, siapa yang tahu akan memaksimalkan potensi-potensi diri. -wuah kayaknya musti mulai nulis yang relevan dengan latar belakang, dg lbh serius ga celelekan ni T_T –

8 thoughts on “menulis dan kebebasan

  1. ya sudah, terus menulis aja mbak. saya sendiri mau dibilang apa juga bakal tetep nulis. nggak ada yang bisa menghalangi saya untuk tetap menulis. mau ada UU ITE kek, mau ada pembredelan kek, pokoke tetep nulis.:mrgreen:

  2. iyoh! tetef nulis afa yang kita mau tulis!!! smangadh!!! smangadh!!!
    saia juga menulis di blog untuk menyalurkan kegilaan saia, jadi waktu di dunia nyata *halah* kewarasan saia tetaf terjaga…

  3. @ secondprince :

    ah ya….bosen… T_T

    @ Hoek Soegirang :

    yoi coy…..semangadh slalu….
    nulis utk katarsis, nulis utk aktualisasi diri, nulis utk memerdekakan jiwa….sip !!

  4. be your self…… tak penting memikirkan apa respon orang yang penting bagaimana kita bisa menuangkan ide, karena ada perasaan yang aneh ketika menciptakan sebuah tulisan

Tinggalkan Balasan

