pecel sayang, pecel cinta

Tanggal 21-23 April lalu, saya berkesempatan mengunjungi Caruban, Madiun, untuk suatu pekerjaan. Kesempatan tersebut tak saya sia-siakan untuk berburu kuliner khas daerah setempat. Ternyata asik sekali lho^^

Kota Caruban, berdasar info yang saya peroleh, sedang berbenah karena menjadi kota administratif Kabupaten Madiun. Sejauh mata memandang, kotanya memang mungil, tapi cukup bersih di sepanjang jalan utamanya. Masih banyak terdapat toko-toko dengan wajah lama, seperti Malioboro era 80an akhir (toko Samijaya, toko Wien, toko roti Djoen, pokoknya toko-toko lama penghuni Malioboro sebelum berubah wajah karena pembangunan mall). Sayang sekali, saya lupa mengabadikan. Tetapi walau kecil, cukup ramai karena merupakan jalan utama menuju kota Surabaya. Selain itu, aktivitas perdagangan juga cukup ramai, melihat kesibukan toko-toko dan kios-kios.

Sebelumnya, saya mendapat info, kalau ke Caruban untuk menikmati bothok tolo. Sayang sekali, saya tidak menemukannya. Yang mudah ditemui adalah pecel. Dari pagi hingga malam, warung pecel banyak yang buka di setiap sisi jalan. Awalnya agak aneh ketika tahu di Caruban, pecel pun untuk makan malam. Apa gak mbedhedheg (apa ya, istilah Indonesianya….seseorang, plis koreksi ??) makan rebusan sayur malam-malam ?? Setelah mencoba sendiri, woooow, ternyata ni’mat (lafal qolqolah:mrgreen: ) tenaaaannnn.

Warung pecel yang direkomendasikan adalah Pecel nDeso. Setelah tanya sana-sini, ternyata yang dimaksud adalah warung pecel Bu No, yang terletak persis di pinggir jalan utama. Kalo ga salah jl. Sudirman. Warung ini buka mulai pukul 15.00 hingga malam. Selain pecelnya yang khas dengan lauk kikil yang dimasak manis seperti bumbu bacem, terdapat beberapa lauk opsional, seperti ayam kampung goreng, lidah sapi masak manis, iso goreng, paru goreng, lapis daging sapi, dan empal.

Pas pertama masuk, saya sudah ngiler demi melihat jejeran lauk pauk plus aroma sambel pecel. Apalagi disapa dengan kenes oleh Mbak No, yang rupanya generasi kedua dari Bu No. Satu lagi yang membuat makan pecel di warung ini begitu istimewa, karena keramahan dan kekenesan penjualnya. Semua tamu tak peduli laki ato perempuan, disapa dengan β€˜ Sayang’ dan β€˜Cintaku’. Hati siapa yang tak berbunga-bunga disapa penuh manja oleh perempuan cantik ??πŸ˜†

ngileeerrrr…….mengandung banyak kolesterol tapi……. (^0^)

” Halo Sayangku…..Cintaku…..hari ini mo pecel apa, Cintakuuuu ??? “

Saya segera pesan pecel kikil plus lauk lidah sapi. Cara menghidangkan ternyata unik, pakai pincuk. Dan cara makannya, pincukan tersebut diudhari alias dilolosi biting atau tusuk lidinya, dan di ler (di geletakkan) di meja. Saya bener-bener hypersaliva demi melihat kombinai yang begitu cantik, antara nasi putih panas yang masih mengepul, sayur-sayuran lengkap dengan bunga turi dan wangi kemangi, disiram sambel pecel yang pedas-pedas nagih, plus disiram kuah kikil, lauk, dan kondimen berupa kerupuk karak dan peyek kedele.

dibuka…..

ditelentangkan untuk dinikmati….

*no komen*

Wah…..saya langsung merem melek, tiada bersisa. Mau nambah tapi kok malu, hehehe. Ternyata teman-teman merasakan hal yang sama, maksudnya dengan sedhep alias lezatnya cita rasa pecel Bu No ini. Hingga keesokan harinya, sepulang dari acara dan hendak menuju Jogja, kami sempatkan mampir sekaligus beli oleh-oleh sambel pecel. Kedatangan yang kedua ini pun sama, porsi saya habis tak bersisa ^^.

Selain pecel, saya juga sempat menjumpai kejutan yang menyenangkan ketika sarapan. Pagi itu, sebelum menuju RSD Kabupaten Madiun, kami mencari-cari warung makan yang buka pada pagi itu. Setelah muter-muter sebentar, kami memutuskan untuk singgah di warung makan yang menu utama juga pecel. Sayang saya lupa nama warungnya dan lokasinya. Tapi tidak terlalu jauh dari hotel Asri tempat kami menginap.

Kejutannya adalah, saya menjumpai menu garang asem di warung ini. Ketika saya buka bungkus daun pisangnya, wala, ternyata beda dengan garang asem gaya Jogja yang berkuah bening. Di Caruban, garang asemnya berkuah santan. Setelah saya cicipi, biarpun bersantan tapi sama sekali enggak eneg. Karena paduan belimbing wuluh dan cabe rawit yang cukup murah hati.

Jadilah pagi itu saya merem melek lagi menikmati sarapan yang bercita rasa gurih asam segar plus pedas. Waduh buneeee…..pengen maning^^

Sudah begitu, warung tersebut jadi satu dengan rumah tinggal, yang bernuansa tempo doeloe. Aduh…berasa nostalgia masa kecil, ketika diajak ke tempat budhe/bulik. Ada pajangan wayang kulit segala di dinding^^

Terus, ketika saya pesan air putih, aromanya sangat khas. Yaitu air rebusan dandang. Yang begini ini mengingatkan saya ketika dijamu di desa atau di Pesantren Lempuyangan Jogja.

Ketika lagi asyik masyuk menikmati sarapan tersebut, tak sengaja menatap papan reklame yang cukup mencolok di seberang jalan.

” Bothok tawon ”

Waduh !!!! Harus nyoba nih !!!

Sayang seribu sayang, karena pagi itu warungnya belum buka, juga didesak waktu, kami belum berjodoh untuk icip bothok (larva) tawon yang konon gurih. Ga jadi happy end, deh… 😦

*ngiler mbayangin pecel, garang asem, sambel tumpang, soto lenthuk, soto kudus….*

*loh, kok malah nyidam begini banyak ???*

” mbak, mbak, ilernya dilap dulu, mbak….netes-netes tuh…”

40 thoughts on “pecel sayang, pecel cinta

  1. […..*ngiler mbayangin pecel, garang asem, sambel tumpang, soto lenthuk, soto kudus….*

    *loh, kok malah nyidam begini ???*…]

    WAH..SEMOGA CEPAT DAPAT MOMONGAN!

    pepeng tokcer juga

  2. saya belom pernah nyoba makanan itu. jadi pengen juga. aduh ini tulisan sumfah bikin ngiler. mbak, gak kepengen gantiin posisi bondan winarno?:mrgreen:

  3. emang pecel daerah sekitar madiun jan mak nyus..

    ada cerita unik, ketika cempluk ke jogja naek KA..Trus berhenti di madiun, langsung keluar KA, dan nyamber pecel di warung sekitar stasiun..hehehe

  4. @ antobilang :

    amiiiiin……:mrgreen:

    @ jarijari ampuh :

    kl lewat caruban lg, musti mampir, Mas….
    huenak tenin loh. oia, menu makan siang hari ini apa ??:mrgreen:

    @ cK :

    waahhhh….tengkiuh….^^
    berlebihan sist…..waktu posting ini, aseli aku juga lagi kelaperan….makanya menghayati banget…..

    @ cempluk :
    πŸ˜†
    segitunya…..

    @ mbilung :

    waduh….saya ga berniat makar looooh, pakdheπŸ˜†
    kebetulan aja, saya suka wisata bojana, sama kayak zam….

    @ yahya kurniawan :

    gmn klo CRU ???
    *bingung, ngapain mikir nyang beginian ??* πŸ˜•
    aya-aya wae, nih, pak yahya^^

    @ annots :

    skrinSYUR ????
    wahhhh….apanya yang SYURRRR ???πŸ˜†
    pose zam syur, itu bechuuulll….

    @ aprikot :

    yang bener : jeng.memed.ok:mrgreen:

  5. @ stey :

    lho kok malah binun…???

    @ kw :

    monggo..silakan dikedhapi…^^

    @ escoret :

    BACA yang bener, mas !!!! paragraf ke7 !!!
    *elus2 kucing*

  6. lha?antar paragraf aja ga jelas.ga ada tanda paragrafnya.

    oh ya,mbededhek itu artinya eneg.itu bahasa baku dijakalkm8.
    ga tau klo sekitar stasiun.

    *Berburu corow caruban*

  7. antar paragraf apa perlu dikasi nomer 1, 2, 3, dst gt ???

    bukankah spasi besar antar alinea sudah cukup, Mas ??

    kl eneg bukannya untuk yg bikin mo muntah, tll manis, terlalu gurih, dsb gt ??
    mbedhedheg itu seperti…seperti apa yah ??? *basa jawa terlalu banyak idiom utk rasa sih, refottt*

    pengen peyek coro caruban tho ??? kl coro sitisewu aja gimana ?? tak bikinin deh. btw hebat juga nih seleranya mas Pepeng, suka yg kriuk2 kayak coro gt, ya ???
    *siap2 wajan*

  8. @ rumahkayubekas :

    tanpa belajar teori service excellent, mbak No ini udah nerapin loh, Kang. pas kita mo pulang ke Jogja, kita dikasih bonus kerupuk. cuma sebungkus sih, tapi artinya kan gede….menyambung ikatan emosional^^
    *halah*

  9. Sial, bikin laper aja nih…😐

    *sabar…sabar…. diet memang perjuangan*πŸ˜†

    Med, berapa kali saya ke Jogja, Magelang, Semarang, dan sekitarnya, saya malah jarang nyobain masakan setempat. Kalau soal rasa sih nggak masalah, tapi sialnya suka dibikin manis-manis alias dikasih gula.

    Lha, saya kan sudah manis jadi nggak butuh tambahan pemanis dalam makanan….:mrgreen:

    *narsis mode ON*

  10. wek !!! abang manis ??😯

    wkwkwkwkwkwk…πŸ˜†
    percaya deh bang…jd kl saya minum kopi kurang manis, tinggal liatin abang aja yah ??πŸ˜†
    *salah fokus*

    eh tp Jogja skrg udah bergeser lho, soal demenan rasa. udah banyak tuh, yg nawarin sensasi pedas. td aja, nyoto di sagan, kaget, krn bakery seberang warung udah ganti wajah jd tmp makan serba pedas.

    kapan ke jogja lg ?? saya anter muter2 deh, bener^^

  11. pecel ndeso kalo dalam pikiran saya kok pecel dengan bumbu wijen itu ya?

    eh, bothok tawon? saya udah pernha nyobain di jakarta..πŸ˜€

    isinya itu ya sarang tawon. yg dibothok itu sarang tawon lengkap dengan lava calon tawon..πŸ˜€

    duh, njakarta sini sing isoh dijajal opo yo?

  12. zaaaaaaammm !!

    bangkit juga dr kubur^^

    wah…kl dijakarta mah lengkap bgt tho, surganya wisata kuliner. dr yg kelas kaki lima sampe bintang sepuluh.
    semua makanan endonesa sampe internasional, tumplek blek ada di jakarta.
    yg ga bisa digantikan mungkin suasananya…..

    seperti suasana angkringan jogja yg ndesit, bin kemproh, tp akrab…
    ya ga ???

  13. postingan ini sebenernya ngomongin pecel, pengganti zam, pepeng yang tokcer atau memeth mau mbuatoin pecel buat pepeng tercinta sih…???

    horeee ada zam….

    yang jelas postingan ini juga bikin saiyah hypersaliva…!!! pokoknya situh harus nraktir saiyah sego tumpeng depan panti rapih…!!!

  14. *ngakak koprol2*
    *mentungin celo*

    aih…aku juga lg nyidam itu sego tumpang….haiyuuukkkk sarapan bareng ^^

  15. di mediyun?
    udah nyoba ketan intipnya?
    nyang bauk harum gurihnya bikin brontak para wong mbambung nyang mukim di dalem wadhuk?
    kapan ksana lagi, hukumnya wajib untuk dicari

  16. liat tulisan ini jd kangen kampung…. duh,, mudik ah!!!!
    makasih mas dah tulis caruban

    info tambahan:
    kuliner asli caruban:
    – brem, cari di desa kaliabu, 5km arah selatan caruban
    – pecel caruban (pecel bu no) tepatnya di depan pegadaian caruban atau sebelah timur smpn 2 caruban.
    – bothok tolo ama bothok tawon. belinya di depot pantes. (hiks…cintaq yg kandas)

    kesenian asli caruban :
    – dongkrek, tarian tolak bala
    – tari gambyong

  17. itu namanya susi, adeknye kobil, anaknye bu no.. halah, ribet banget da’ah nih… udeh pade ngeclek aje, kaya gantunga konci…

  18. mampir caruban makan pecel bu no jangn lupa mampir juga beli kue putunya pak minto di jalan ngawi tepatnya di samping toko sepatu berkat yuuuuuh… nyamleng tenan. kue putu pak minto malahan sekarang melebarkan sayap. buka cabang di pare kediri. cirebon jawa barat. bahkan di batam sekarang sudah ada yaitu kue putu dan ketan intip bu lies yang dimotori oleh menantunya. wis to….nyamlenge ora koyo putune pak minto di banding putu lione.

  19. piye iki pecel bu no caruban supporter kok lagi mampring… perkenalken, ini orang baru yang selalu mbrebes kalo denger
    orang ngomong masalah panganan,mbok disambung percakapan ini,supoyo rodo regeng.
    salam

  20. manteb ..ini pecel emang jdi langganan saya kalo pulang…..deket mesjid khan …..ngga ada di jakarta yang bs nyaingin ini pecel betul betul pas…apalagi assesoriesnya he..he yang high collesterol tapi ya….biar dech khan ngga tiap hari…..kota kenangan..jd pengen pulang he..he…

  21. Trima kasih matur nuwon saranya mbak,kebetulan yg jualan kakak ipar sy yang supe kenes. memang klu gak biasa makan di warung Bu No generasi ke II akan terasa kikuk. Tp klu udah biasa…………heemmmm nyamannn

  22. Bu No? Wahh wahh luaraange pol. ane orang caruban asli, tp wah wah wahh mahal amitt.. 2 orang 40 ribu.. Padahal rasanya biasa saja g beda sma pecel lain. Cma menang sayang2 cinta2.. Hmmm kapok bu no..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s