wanted !!! pemimpin dengan kualifikasi sebagai berikut :

  • Pemimpin yang mempunyai visi lingkungan !!!

Dia harus punya visi dan misi yang jauh ke depan, menjangkau hingga ke generasi cucu, cicit, buyut, dst. Tidak hanya memperhitungkan keuntungan jangka pendek, tapi juga jangka panjang. No more story about pengalihan fungsi hutan lindung dengan alasan pembangunan, bullshit taik kebo semata. Masih mending taik kebo, karena berguna bisa jadi pupuk kandang.

Saya benar-benar tidak habis pikir, tidak bisa memahami jalan pikir mereka. Karena itu saya sangat ingin mengetahui dan sangat ingin mendengar apa yang ada dalam kepala mereka, jika berbicara mengenai lingkungan. Apa yang ada dalam benak mereka, apa rencana mereka, apa visi misi mereka, dengan hutan-hutan perawan Indonesia, sungai-sungai besar nan jernih, lautan luas beserta seisinya, kekayaan fauna, keragaman flora…..

Apa yang ada dalam pikiran mereka, mengetahui beragam bencana lingkungan, tanah yang makin kehilangan kesuburannya, sungai yang tercemar, mata air yang makin menyusut, air bersih yang makin langka, satwa yang makin menjadi komoditas, hutan yang menghilang, keseimbangan alam yang terganggu….

Menurut mereka, apakah global warming itu ?? Semacam trend, gaya hidup, kata-kata sakti supaya terlihat trendi dan hip dan sok melek lingkungan ??

Apa yang menjadi persepsi mereka dengan sampah ?? Apa rencana mereka dengan sampah ?? Apakah mereka sadar dengan sampah ?? Jangan-jangan mereka selama ini tidak sadar sudah menghasilkan sampah sekian banyak, malah bisa jadi kelak menjadi sampah masyarakat….

  • Pemimpin dengan integritas dan etika !!!

Pemimpin musti sportiv, mengakui keunggulan dan kelebihan lawan. Mau juga mengakui dan berbesar hati dengan kelemahannya. Mau mendengarkan pihak lain. Berintegritas dan beretika. Mau tahu contoh kongkrit perilaku pemimpin dengan etika ?? Suruh pemimpin itu untuk nonton rame-rame Kingdom of Heaven, dan belajar dari para pemimpin yang berperang. Siapa yang mereka contoh, Sultan Salaudin atau Guyย  de Lusignan.

Cukup sampai tahun 2008 saja, kisah-kisah para pemimpin yang bertarung berebut kekuasaan dengan menghalalkan segala cara dan menjadikan rakyat serta kemiskinan untuk jadi bahan beriklan. Cukup sampai tahun 2008, kisah mereka-mereka yang kalah bertarung lalu saling menjatuhkan hingga mereka yang tidak terlibat menjadi korban.

Menurut Anda, baik yang sedang beriklan maupun yang sedang menduduki jabatan, apakah Anda sudah sesuai dengan kriteria yang kami inginkan ???

19 thoughts on “wanted !!! pemimpin dengan kualifikasi sebagai berikut :

  1. Memeth for President??:mrgreen:

    omigot…ga seekstrim itu lah…..memeth for somebody’s wife aja…:mrgreen:

    Beberapa hari lalu juga sempet ngobrolin tema ini disini. Seru juga banyak tulisan gini menjelang pilpres. Buat nambah tuntutan๐Ÿ˜‰

    ada aspri mereka yg menjaring dan mengumpulkan tuntutan dr bawah gini, ga ya…trus dievaluasi trus ditindaklanjuti…

    Menurut mereka, apakah global warming itu ??

    Semacam acara ngopi2 antar presiden untuk menentukan harga perdagangan karbon…

    *lempar para pedagang karbon pake kon*** bekas pake*

    Siapa yang mereka contoh, Sultan Salaudin atau Guy de Lusignan.

    Hah? Mencontoh? Mereka sih pastinya malah merasa patut dijadikan contoh oleh masyarakat๐Ÿ˜‰

    penderita waham kebesaran, harus dievaluasi kejiwaannya

    Menurut Anda, baik yang sedang beriklan maupun yang sedang menduduki jabatan, apakah Anda sudah sesuai dengan kriteria yang kami inginkan ???

    Well, Med, kayaknya pilihan coblosan di surat suara tahun depan masih itu2 saja kok… ๐Ÿ˜†

    well….tidak memilih pun adalah pilihan bukan ??๐Ÿ˜‰

  2. ah males saya nyoblos.. udah golput dari kemaren-kemaren,, paling2 calonnya ya itu2 aja en cuman ngabis2in duit rakyat

    kok ga ada audit utk apa aja pajak yg kita bayarin itu…
    gimana kl kita ancem mrk utk stop bayar pajak ??? apa kata dunia ??:mrgreen:

  3. daripada milih politikus2an, Gw lebih suka neriakin “Vote Meth For somebody’s wife” aja…
    * termenung * kasian sekaleee somebody itu. Say Hi to **p**g ๐Ÿ˜‰

    vonyyyyyyyyyy awaaaaaaaasssssssssss !!! *timpukin vony pake pampers bekasnya kiki*

  4. ..Pemimpin yang mempunyai visi lingkungan, dan punya integritas dan etika ?
    …wahhh…
    untuk saat ini, jawabannya ya dari orang jepang : KUKIRA TAKADA..

    oh cmon….masak bener2 ga ada siy…. *nyari2 di sela2 baju loakan*

  5. *ngudek2 tempat sampah*
    eh udah nggak ada…
    banyak yang udah kebuang…

    whahahha….nyari’nya di tempat sampah yaaaa….๐Ÿ˜†

  6. Tentang Beberapa Kesan dan Pengertian Belajar Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Xi Jinping. Kongres ke-XVII Partai adalah suatu kongres yang sangat penting yang diselenggarakan dalam tahap reformasi dan perkembangan yang menentukan di Negeri kita, kongres yang telah memberikan jaminan yang kuat di bidang ideologi, politik dan organisasi untuk memperoleh kemenangan-kemenang an baru dalam pembangunan secara menyeluruh Masyarakat Cukup Sejahtera, untuk menciptakan situasi baru usaha Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Kongres ini, berdasarkan penyimpulan proses historis dan pengalaman berharga Reformasi dan keterbukaan, secara kreatif menunjukkan dan secara mendalam menerangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, ini merupakan sumbangan besar di bidang teori. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok meliputi Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” dan Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan. Serentetan pandangan teoritis penting, pikiran strategis penting, pengaturan kerja penting yang ditetapkan oleh Kongres ke-XVII Partai, semuanya terbentuk di bawah bimbingan Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” serta Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan. Menguasai secara menyeluruh Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah sangat penting untuk mengerti secara mendalam ketepatan dan keilmiahan serentetan ide-ide baru, pandangan-pandangan baru, kesimpulan-kesimpul an baru, tindakan-tindakan baru yang diajukan oleh Kongres ke-XVII Partai, adalah sangat penting untuk secara sungguh-sungguh menyatukan pikiran dan tindakan dengan semangat Kongres ke-XVII Partai, menjelmakan kecerdasan dan kekuatan ke pelaksanaan berbagai tugas yang ditetapkan oleh Kongres ke-XVII Partai. Kawan Hu Jintao berulang-kali telah memberikan penjelasan yang brilian tentang Mengibarkan Tinggi-Tinggi Panji Besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, tentang mempertahankan Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, penjelasan tersebut mempunyai arti pembimbing yang penting untuk memahami secara tepat dan menguasai secara menyeluruh Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Hari ini, tentang pengertian belajar sekitar analisa penting Kawan Hu Jintao tentang Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, yang pokok saya akan berbicara tentang kesan dan pengertian belajar Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dari 5 segi, untuk kita kaji dan pelajari bersama. I. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah hasil inovasi teori yang diperoleh Partai kita dalam mendorong maju Pentiongkokan Marxisme dalam masa historis baru Reformasi dan Keterbukaan. Kawan Hu Jintao menunjukkan, Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah hasil terbaru pentiongkokan Marxisme, secara keseluruhan termasuk hasil teori dari lompatan historis kedua pemaduan Marxisme-Leninisme dengan realitas Tiongkok. Tesis penting ini, dari hubungannya dengan waktu dan ruang telah mengajukan garis batas ilmiah terhadap lahir dan berkembangnya Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, telah memberikan dasar pokok bagi kita untuk mengerti secara tepat kedudukan historis Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dalam proses pentiongkokan Marxisme. Partai Komunis Tiongkok adalah partai yang sangat mengutamakan bimbingan teori, tidak henti-hentinya mendorong pentiongkokan Marxisme, mampu melakukan inovasi teori. Pentiongkokan Marxisme di sini, artinya pemaduan prinsip-prinsip dasar Marxisme dengan realitas kongkret Tiongkok dan ciri-ciri khusus jaman, dengan menggunakan pendirian, pandangan dan metode marxis menyelidiki dan memecahkan masalah-masalah kongkret Revolusi, Pembangunan dan Reformasi Tiongkok, mempertahankan dan mengembangkan Marxisme; yaitu dengan menggunakan bahasa Etnis yang disenangi Rakyat Tiongkok, menjelaskan teori Marxisme, menerangkan hukum-hukum Revolusi, Pembangunan dan Reformasi Tiongkok, sehingga bisa menjadi Marxisme yang berlanggam Tiongkok, berwatak Tiongkok. Pendapat ilmiah pentiongkokan Marxisme ini, yang paling dulu diajukan oleh Kawan Mao Zedong dalam Sidang Pleno ke-VI yang diperluas dari Kongres ke-VI Partai pada bulan Oktober 1938. Beliau secara jelas menunjukkan, anggota Partai Komunis yang menjadi satu bagian dari Bangsa Tionghoa yang besar dan yang mempunyai hubungan darah dan daging dengan bangsa ini, kalau membicarakan Marxisme dengan meninggalkan ciri-ciri Tiongkok, hanyalah membicarakan Marxisme yang abstrak dan kosong. Oleh karena itu pentiongkokan Marxisme yang di setiap perwujudan membawa sifat-sifat khusus Tiongkok, atau bisa dikatakan menggunakannya berdasarkan ciri-ciri khusus Tiongkok, telah menjadi masalah yang perlu dimengerti secara cepat dan perlu dipecahkan secara mendesak bagi seluruh Partai. Sejak kelahirannya, Partai Komunis Tiongkok telah menjadikan Marxisme sebagai ideologi pembimbingnya sendiri, oleh karena itu, masih mengajukan tugas pentiongkokan Marxisme, pada pokoknya dapat dikatakan ditetapkan oleh kwalitas unggul teori marxis itu sendiri. Marx dan Engels berkali-kali menunjukkan bahwa teori mereka bukan dogma, melainkan pedoman bertindak; terhadap penggunaan kongkret kebenaran umum teori mereka “setiap kali dan di setiap tempat mengubahnya berdasarkan syarat-syarat historis pada waktu itu”. Lenin menunjukkan, teori Marx “yang diajukan hanyalah prinsip-prinsip pembimbing secara umum sedangkan pentrapan prinsip-prinsip ini secara kongkret dikatakan, di Inggris tidak sama dengan di Prancis, di Prancis tidak sama dengan di Jerman, di Jerman juga tidak sama dengan di Rusia”. Analisa penulis-penulis klasik marxis ini menunjukkan kepada kita bahwa ajaran-ajaran mereka selamanya secara keras menjadikan realitas obyektif sebagai dasar, sedangkan kehidupan nyata selalu berubah tak henti-hentinya. Intensitas dan kedalaman perubahan ini, sejak hampir seratus tahun ini telah mencapai taraf yang sukar dibayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, Marxisme, hanya dengan pemaduan situasi setempat di Negeri masing-masing, maju bersama dengan perkembangan jaman dan sehidup sepenanggungan dengan massa rakyat, baru bisa mengembangkan daya hidup, daya kreasi dan daya inspirasi yang kuat. Partai kita, dalam praktek lama memimpin Revolusi, Pembangunan dan Reformasi Tiongkok, dengan memadukan prinsip-prinsip umum Marxisme-Leninisme dengan realitas kongkret Tiongkok dan ciri-ciri jaman, dalam mendorong maju terus-menerus pentiongkokan Marxisme, telah melaksanakan dua kali lompatan historis. Lompatan pertama terjadi dalam masa Revolusi Demokrasi Baru, kaum komunis Tiongkok, dalam menggali berulang-kali, berdasarkan penyimpulan pengalaman baik yang sukses maupun yang gagal, telah menemukan jalan revolusi yang berkepribadian Tiongkok yaitu jalan desa mengepung kota untuk akhirnya merebut kemenangan di seluruh Negeri, dan dalam menggali secara aktif jalan pembangunan sosialis yang sesuai dengan keadaan Negeri kita setelah kemenangan Revolusi, telah membentuk prinsip-prinsip teori dan kesimpulan pengalaman yang tepat tentang Revolusi dan Pembangunan Tiongkok yang telah dibuktikan dalam praktek — Pikiran Mao Zedong. Lompatan kedua terjadi setelah Sidang Pleno ke-III Kongres ke-XI Partai. Kaum komunis Tiongkok, berdasarkan penyimpulan pengalaman Negeri kita dan penyelidikan situasi Internasional, telah menciptakan Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, telah membentuk prinsip-prinsip teori dan kesimpulan pengalaman yang tepat tentang pembangunan, pengkonsolidasian dan pengembangan Sosialisme di Tiongkok yang telah dibuktikan dalam praktek yaitu Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Sosialisme Berkepribadian Tiongkok sebagai kreasi besar historis sejak masa baru Partai kita terus-menerus mendorong maju pentiongkokan Marxisme, terwujud dalam praktek sebagai terciptanya Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, terwujud dalam teori sebagai terbentuknya Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, terwujud dalam politik sebagai keharusan Mengibarkan Tinggi-Tinggi Panji Besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. “Jalan”, dengan menggunakan rรฉsumรฉ Laporan Kongres ke-XVII Partai, berarti dibawah pimpinan Partai Komunis Tiongkok, bersandar kepada keadaan dasar Negeri, dengan pembangunan ekonomi sebagai inti, mempertahankan Empat Prinsip Dasar, mempertahankan Reformasi dan Keterbukaan, membebaskan dan mengembangkan tenaga produktif masyarakat, mengkonsolidasi dan menyempurnakan sistim sosialis, membangun ekonomi pasar sosialis, politik demokratis sosialis, kebudayaan maju sosialis, masyarakat harmonis sosialis, membangun Negara sosialis modern yang kaya dan kuat, demokratis, berperadaban dan harmonis. “Sistim Teori”, telah mencerminkan hasil teori dari praktek dasar dan pengalaman dasar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. “Panji”, yaitu perwujudan kesatuan organik dari “Jalan” dan “Sistim Teori”. Panji Besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, adalah panji perkembangan dan kemajuan Tiongkok dewasa ini, adalah panji persatuan dan perjuangan seluruh Partai dan Rakyat berbagai Bangsa di seluruh Negeri. Mengibarkan tinggi-tinggi panji ini berarti tidak hanya mempertahankan praktek besar Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dibawah bimbingan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, tetapi juga didalam praktek besar terus-menerus memperkaya dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Jika keduanya dapat erat bertautan, saling mendorong, maka akan dapat menjamin Panji Besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok selalu berkibar tinggi. Kongres ke-XVII Partai yang menekankan “Dalam mengibarkan tinggi-tinggi Panji Besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, yang terpenting yalah mempertahankan jalan ini dan sistim teori ini”, yang dimaksud adalah kebenaran ini. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok sebagai hasil terbaru pentiongkokan Marxisme, adalah kristalisasi teori yang penting dari praktek besar Partai kita dalam memimpin Reformasi dan Keterbukaan serta pembangunan modernisasi sosialis. Kolektif Pimpinan Komite Sentral generasi kedua Partai yang dipimpin oleh Kawan Deng Xiaoping, dengan mempertahankan pembebasan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan, dengan ilmiah menilai Kawan Mao Zedong dan Pikiran Mao Zedong, dengan tegas menegasi teori dan praktek yang salah “dengan perjuangan klas sebagai poros”, memimpin seluruh Partai dan Rakyat berbagai Etnis di seluruh Negeri membuka jalan besar historis Reformasi dan Keterbukaan secara menyeluruh, untuk pertama kali mengajukan pendapat penting “Membangun Sosialisme Berkepribadian Tiongkok”, telah mendirikan Teori Deng Xiaoping. Teori Deng Xiaoping adalah karya awal Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, adalah bagian penting yang paling dasar. Kolektif Pimpinan Komite Sentral generasi ketiga Partai dengan Kawan Jiang Zemin sebagai intinya, dengan mempertahankan Reformasi dan Keterbukaan, maju seiring waktu, memimpin seluruh Partai dan Rakyat berbagai Etnis di seluruh Negeri mengatasi berbagai ujian keras pergolakan politik Dalam dan Luar Negeri serta risiko ekonomi, di atas dasar pengertian yang mendalam dan penguasaan yang tepat atas perkembangan yang berubah-ubah situasi Internasional, situasi Dalam Negeri dan situasi Partai, telah menciptakan Pikiran Penting “Tiga Mewakili”. Pikiran Penting “Tiga Mewakili” adalah bagian yang sangat penting yang merupakan penghubung dari teori sebelumnya dan teori selanjutnya dari Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Komite Sentral Partai dengan Kawan Hu Jintao sebagai Sekretaris Umum, dengan mempertahankan Teori Deng Xiaoping dan Pikiran Penting “Tiga Mewakili” sebagai pembimbing, dengan menyesuaikan perubahan perkembangan situasi Dalam dan Luar Negeri, dengan mengembangkan semangat berusaha sungguh-sungguh mengurus masalah-masalah kongkret, semangat membuka pintu untuk maju, dengan terus-menerus mendorong inovasi teori dan praktek, telah mengajukan Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan. Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan adalah hasil inovasi penting Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” dan Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan tidak hanya sealiran, juga maju seiring dengan waktu. Dikatakan sealiran: 1. mereka semuanya mempertahankan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong sebagai pembimbing, secara asal-usul teori sealiran; 2. mereka semuanya berjuang untuk mempertahankan pembangunan dan perkembangan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, untuk melaksanakan kebangkitan besar Bangsa Tionghoa, secara tema teori sealiran; 3. mereka semuanya mempertahankan untuk membebaskan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan, maju seiring waktu, secara karakter teori sealiran; 4. mereka semuanya dengan tahap awal Sosialisme menggunakan keadaan Negeri sebagai argumen dasar, secara titik-tolak teori sealiran; 5. mereka semuanya dengan prinsip Rakyat sebagai faktor yang utama, mempertahankan kepentingan pokok Rakyat terbanyak dengan pelaksanaan baik, pemeliharaan baik, pengembangan baik sebagai titik-tolak dan titik-tujuan teori, secara sasaran teori sealiran. Dikatakan maju seiring dengan waktu, yaitu bahwa Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” dan Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan semuanya mempertahankan pandangan yang bertolak dari realitas, memperhatikan sungguh-sungguh pengalaman-pengalam an baru pada masa yang berbeda-beda, pada tahap yang berbeda-beda dari Reformasi dan Keterbukaan, memperhatikan sungguh-sungguh untuk menggali dan menjawab kontradiksi baru dan masalah baru yang ditemui pada masa dan tahap yang berbeda-beda, telah memberikan sumbangan khusus masing-masing dalam inovasi dan pengembangan teori. Mereka saling berhubungan, juga maju setingkat demi setingkat, telah mewujudkan kesatuan inheren antara sistim ilmiah, hasil-hasil bertahap dan tuntutan yang selalu berkembang dari hasil inovasi teori Partai kita sejak masa baru. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah satu-satunya teori yang tepat bagi Partai kita untuk meneruskan apa yang sudah dirintis oleh pendahulu-pendahulu kita, maju seiring dengan waktu, bersatu memimpin Rakyat berbagai Etnis di seluruh Negeri menyusuri Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok demi untuk melaksanakan kebangkitan besar Bangsa Tionghoa. Di bawah bimbingan Sistim Teori ini, orang-orang komunis Tiongkok dan Rakyat Tiongkok dewasa ini dengan semangat maju tak gentar dan praktek inovasi ukuran raksasa, telah menuliskan epos besar baru yang terus-menerus memperkuat diri dan maju dengan tegap. Sejak kira-kira 30 tahun Negeri kita berkembang dengan kecepatan tinggi yang jarang ada di Dunia, Sosialisme dan Marxisme bersinar-sinar gemerlapan penuh vitalitas di bumi Tiongkok yang besar, memberikan kebahagiaan yang lebih banyak kepada Rakyat, yang membuat Bangsa Tionghoa dengan langkah-langkah besar mengejar arus kemajuan jaman, menyambut kebangkitan besar masa depan yang gilang-gemilang. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok beserta praktek-praktek inovasi di bawah bimbingannya, tidak hanya mewujudkan kekhususan Pembangunan dan Perkembangan Sosialisme Tiongkok, juga pasti bisa menimbulkan pengaruh yang luas dan mendalam terhadap Sosialisme Dunia dan usaha kemajuan umat manusia. Tepat seperti yang dikatakan oleh Kawan Deng Xiaoping, sampai masa pertengahan abad ke-XXI, pada waktu Tiongkok pada pokoknya telah melaksanakan modernisasi sosialis, “ini tidak hanya memberikan sebuah jalan kepada Dunia ke-III yang merupakan tiga perempat penduduk Dunia, yang lebih penting yalah menyatakan kepada umat manusia bahwa Sosialisme adalah jalan yang harus dilalui, bahwa Sosialisme lebih unggul dari Kapitalisme” . II. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok yang berusaha keras untuk menggali dan menjawab sekitar tiga masalah dasar, yang telah memperdalam dan memperkaya pengertian tentang tiga hukum besar, adalah sistim teori yang ilmiah. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok berangsur-angsur terbentuk dan berkembang di bawah syarat-syarat historis di mana perdamaian dan perkembangan menjadi tema jaman, di atas dasar praktek besar Reformasi dan Keterbukaan dan pembangunan modernisasi sosialis di Negeri kita, di atas dasar penyimpulan pengalaman historis pembangunan sosialis di Negeri kita dari dua segi positif dan negatif, dan pengalaman yang masih segar sejak dilancarkannya Reformasi dan Keterbukaan, di atas dasar menarik pelajaran dari pengalaman keberhasilan dan kegagalan Negeri-Negeri sosialis yang lain. Sistim teori ini, dalam masalah garis ideologi pembangunan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, jalan perkembangan, tingkat perkembangan, strategi perkembangan, tugas-tugas pokok, tenaga penggerak perkembangan, kekuatan-kekuatan yang harus disandari, strategi Internasional, kekuatan-kekuatan yang memimpin, tujuan pokok dll., telah secara kreatif membentuk serentetan pandangan teoritis penting, secara sistimatis telah menjawab serentetan masalah penting bagaimana melepaskan diri dari kemiskinan, mempercepat pelaksanaan modernisasi, mengkonsolidasi dan mengembangkan Sosialisme di Tiongkok, di suatu Negeri besar yang sedang berkembang yang berpenduduk satu milyar lebih ini. Sistim teori ini, yang isinya meliputi bidang Filsafat, Ilmu Ekonomi-Politik, Sosialisme Ilmu, dll., mencakup berbagai bidang Pembangunan Ekonomi sosialis, Pembangunan Politik, Pembangunan Kebudayaan, Pembangunan Sosial dan Pembangunan Partai serta Pembangunan Modernisasi Pertahanan dan Tentara, Penyatuan Tanahair, Strategi Internasional dan Pekerjaan Diplomatik, menyangkut berbagai bidang kestabilan perkembangan Reformasi, Dalam Negeri, Luar Negeri, Pertahanan, Pengurusan Partai, Pengurusan Negara, Pengurusan Tentara dll., adalah sistim teori yang kaya secara arti, mendalam secara ideologi, ilmiah dan sistimatis. Dalam membangun dan mengembangkan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, yang terpokok yalah harus secara jernih mengerti dan secara ilmiah menjawab tiga masalah dasar yaitu apa itu Sosialisme, bagaimana membangun Sosialisme, membangun Partai yang bagaimana, bagaimana membangun Partai, melaksanakan Perkembangan yang bagaimana, bagaimana berkembang. Tingkat pengertian dan penguasaan terhadap tiga masalah dasar ini akan menentukan tingkat inovasi, tingkat pengayaan dan tingkat pendalaman praktek dan teori Sosialisme Berkepribadian Tingkok. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tingkok yang berusaha keras menggali dan menjawab sekitar tiga masalah dasar ini, dari praktek sampai teori telah melakukan ciptaan yang mempunyai efek luar biasa, dengan menggunakan serentetan pikiran baru, pandangan baru, tesis baru yang bertalian erat dan saling berhubungan, telah memperdalam dan memperkaya pengertian terhadap hukum-hukum bagaimana Partai memerintah, hukum-hukum pembangunan sosialis, hukum-hukum perkembangan sosial umat manusia. (1). Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok telah menggali dan menjawab masalah dasar apa itu Sosialisme, bagaimana membangun Sosialisme. Sejak diumumkannya “Manifes Komunis” 160 tahun yang lalu, Sosialisme, baik di bidang teori maupun praktek telah memperoleh hasil-hasil besar historis, tetapi juga telah mengalami lika-liku yang serius. Dalam proses kemajuan pembangunan sosialis di Negeri kita selama beberapa dasa warsa, orang-orang komunis Tiongkok dalam praktek mandiri telah menciptakan hasil-hasil gemilang perkembangan sosialis, telah mengumpulkan pengalaman-pengalam an kaya, tetapi bersamaan dengan itu juga telah memperoleh pelajaran yang mendalam dari kesalahan dan kegagalan. Di bawah syarat terjadinya perubahan besar situasi Dalam dan Luar Negeri, bagaimana secara ilmiah menyimpulkan pengalaman positif maupun negatif pembangunan sosialis di Dalam dan Luar Negeri, dengan baik menjawab masalah dasar apa itu Sosialisme, bagaimana membangun Sosialisme, merupakan satu tema besar yang dihadapi oleh orang-orang komunis Tiongkok pada dewasa ini. Teori Deng Xiaoping dengan erat mencengkam masalah dasar ini, menerangkan secara mendalam hakekat Sosialisme, menunjukkan bahwa kemiskinan bukanlah Sosialisme, perkembangan terlalu lambat juga bukan Sosialisme; รฉgalitarisme bukan Sosialisme, polarisasi juga bukan Sosialisme; menutup diri secara ketat tidak dapat mengembangkan Sosialisme, bertindak menurut Negara luar juga tidak bisa mengembangkan Sosialisme; tidak ada Demokrasi tidak akan ada Sosialisme, tidak ada Hukum juga tidak akan ada Sosialisme; tidak menganggap penting peradaban material tidak akan bisa melaksanakan Sosialisme dengan baik, tidak menganggap penting peradaban spiritual juga tidak akan bisa melaksanakan Sosialisme dengan baik. Teori Deng Xiaoping dari ciri-ciri khusus jaman dan tingkat perkembangan Sosialisme di Negeri kita, dari azas berdirinya Partai dan tujuan mengurus Negara oleh Partai kita, dari tantangan dan peluang Internasional yang dihadapi Negeri kita, secara menyeluruh, sistimatis dan mendalam mencengkam tugas pokok, tujuan strategis, langkah strategis, rancangan strategis, titik-berat strategis dll. dari Negeri kita pada tingkat awal Sosialisme, untuk pertama kalinya dengan agak sistimatis pada tingkat awal telah menjawab serentetan masalah dasar bagaimana membangun Sosialisme, bagaimana mengkonsolidasi dan mengembangkan Sosialisme di Tiongkok, suatu Negeri yang ekonomi dan budayanya agak terbelakang ini. Pikiran Penting “Tiga Mewakili” secara kreatif mentrapkan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong, khususnya teori Deng Xiaoping, terus-menerus melakukan penggalian dengan memadukan secara erat situasi baru perkembangan jaman, tuntutan baru mayoritas Rakyat Negeri kita, praktek-praktek baru Reformasi dan Keterbukaan serta pembangunan modernisasi Negeri kita, dari mempertahankan dan menyempurnakan sistim ekonomi dasar dengan hak milik umum sosialis sebagai yang pokok serta mengembangkan secara bersama berbagai sistim hak milik sampai mempertahankan dan menyempurnakan sistim distribusi menerima menurut hasil kerja sebagai yang pokok serta mendampingkan berbagai macam bentuk distribusi, dari mendirikan sistim ekonomi pasar sosialis sampai mendorong pembetulan secara strategis aparat ekonomi dan perubahan metode pertumbuhan ekonomi, dari strategi Keterbukaan mendorong pembukaan besar-besaran Tiongkok Barat, mendorong berkembangnya keselarasan Daerah sampai melakukan pemaduan antara “menarik masuk” dan “pergi ke luar”, dari mengembangkan politik demokrasi sosialis sampai membangun Negeri sosialis berdasar hukum, dari mengembangkan kebudayaan maju sosialis sampai mendorong maju perkembangan selaras peradaban material, peradaban politik dan peradaban spiritual, dari mendorong multi polarisasi Dunia dan demokratisasi hubungan Internasional sampai secara tepat menjawab dan mengendalikan globalisasi ekonomi, mendorong perkembangan bersama dll., telah membentuk serentetan hasil-hasil teori yang kaya dengan kreativitas, lebih lanjut telah menjawab masalah dasar apa itu Sosialisme, bagaimana membangun Sosialisme. Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan dengan mempertahankan Teori Deng Xiaoping dan Pikiran Penting “Tiga Mewakili” sebagai pembimbing, secara tepat mencengkam kecenderungan umum Dunia dan perubahan-perubahan perkembangan Negeri kta setelah memasuki abad baru dan tahap baru, sesuai dengan harapan-harapan baru Rakyat yang kehidupannya meningkat semakin baik, telah mengajukan ide-ide dengan prinsip Rakyat sebagai sesuatu yang utama, melaksanakan perkembangan secara menyeluruh, selaras dan berkelanjutan, mendirikan masyarakat harmoni sosialis, membangun pedesaan baru sosialis, membangun Negara inovatif, menegakkan pandangan sosialis memuliakan hal-hal yang baik dan mencela hal-hal yang buruk, membangun sistim nilai inti sosialis, mendorong pembangunan dunia harmonis, dengan menggunakan pandangan- pandangan dan ide-ide baru telah menjawab masalah-masalah dasar apa itu Sosialisme, bagaimana membangun Sosialisme. Serentetan ide-ide baru, pandangan-pandangan baru, penilaian-penilaian baru Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok yang terbentuk dalam masalah-masalah dasar tersebut telah memperdalam dan memperkaya pengertian tentang hukum-hukum pembangunan sosialis, membuat pengertian Partai kita terhadap Sosialisme terus-menerus meningkat sampai tingkat ilmiah baru. (2). Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok telah menggali dan menjawab masalah dasar membangun Partai yang bagaimana, bagaimana membangun Partai. Bagi partai politik marxis merebut kekuasaan tidak mudah, memegang kekuasaan dengan baik terutama dalam jangka panjang lebih sulit. Setelah Partai memegang kekuasaan, bagaimana memperkuat pembangunan diri sendiri, bagaimana mengerti, mencengkam dan mentrapkan hukum-hukum Partai Komunis yang berkuasa, bagaimana meningkatkan kemampuan Partai yang berkuasa, bagaimana mengkonsolidasi kedudukan berkuasa Partai, bagaimana menyelesaikan misi Partai sebagai pemegang kekuasaan, adalah masalah penting hidup matinya Partai yang harus sepenuh tenaga dipecahkan dengan baik. Kawan Deng Xiaoping pada awal Reformasi dan Keterbukaan, dalam mengajukan masalah “partai berkuasa harus partai yang bagaimana, anggota partai yang berkuasa harus bagaimana supaya bermutu, partai yang bagaimana baru bisa disebut mampu memimpin”, menekankan perlunya Partai dibangun menjadi partai politik marxis yang berdaya juang, menjadi inti yang kuat untuk memimpin Rakyat melakukan pembangunan peradaban material dan peradaban spiritual sosialis. Dalam hal ini, Kawan Deng Xiaoping telah mengajukan serentetan ide-ide baru yang penting tentang memperkuat dan memperbaiki pembangunan Partai di dalam Reformasi dan Keterbukaan. Kawan Jiang Zemin secara mendalam menganalisa perubahan perkembangan situasi Dalam dan Luar Negeri pada masa pergantian abad, secara tepat mencengkam kedudukan historis Partai, secara jelas menunjukkan bahwa untuk memperkuat pembangunan Partai dalam syarat-syarat sejarah yang baru, harus terus-menerus memeriksa diri sendiri berdasarkan tuntutan perkembangan jaman, dengan semangat reformasi memperkuat dan menyempurnakan diri sendiri, secara sungguh-sungguh memecahkan dengan baik dua tema besar historis yaitu meningkatkan taraf kepemimpinan Partai dan taraf kepengurusan Partai terhadap Negara, meningkatkan kemampuan untuk tidak merosot dan ketahanan menghadapi prahara, secara menyeluruh telah mendorong proyek besar baru Pembangunan Partai, membangun Partai menjadi Partai politik marxis yang dipersenjatai dengan Teori Deng Xiaoping, yang mengabdi Rakyat dengan sepenuh hati, yang terkonsolidasi sepenuhnya di bidang ideologi, politik dan organisasi, yang bisa bertahan terhadap berbagai prahara, yang selalu berjalan di depan jaman, yang memimpin Rakyat seluruh Negeri membangun Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Di sekitar tujuan ini Kawan Jiang Zemin, di bawah syarat di mana Partai harus memerintah dalam jangka panjang, keterbukaan terhadap luar dan pengembangan ekonomi pasar sosialis, telah mengajukan serentetan ide-ide baru yang penting terhadap masalah memperkuat dan menyempurnakan pembangunan Partai. Komite Sentral Partai dengan Kawan Hu Jintao sebagai Sekretaris Umum, terhadap peluang dan tantangan yang dihadapi Partai dalam menghadapi abad ke-XXI, dengan jelas menunjukkan bahwa pembangunan kepeloporan Partai adalah pembangunan yang bersifat fundamental bagi eksistensi, perkembangan dan membesarnya partai politik marxis, harus menjadikan pembangunan kemampuan memerintah Partai dan pembangunan kepeloporan Partai sebagai garis pokok, dengan semangat reformasi yang inovatif, secara menyeluruh mendorong proyek besar baru pembangunan Partai, sehingga Partai selalu menjadi partai berkuasa marxis untuk kepentingan umum, memerintah untuk Rakyat, berusaha sungguh-sungguh mengurus masalah-masalah kongkret, reformis inovatif, berjuang tak kenal susah-payah, bersih dan jujur, penuh vitalitas, bersatu secara harmonis. Dalam hal ini, Komite Sentral Partai, dalam masalah memperkuat dan menyempurnakan masalah pembangunan Partai dalam abad baru dan tahap baru, telah mengajukan serentetan ide-ide baru yang penting. Serentetan pandangan- pandangan teori kreatif yang memperkuat dan menyempurnakan pembangunan Partai yang menjelujuri Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, telah memperdalam dan memperkaya pengertian hukum-hukum bagaimana Partai Komunis Tiongkok memerintah, telah mengembangkan Teori Pembangunan Partai Marx. (3). Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok telah menggali dan menjawab masalah-masalah dasar melaksanakan perkembangan yang bagaimana dan bagaimana berkembang. Perkembangan adalah tema jaman dewasa ini, lebih-lebih lagi adalah tema Tiongkok dewasa ini. Negara kita, sebagai sebuah Negara sosialis dan Negara sedang berkembang yang terbesar di Dunia, yang dalam waktu lama menghadapi tekanan politik dan tekanan ekonomi yang berat dari Negara-Negara Barat, yang menghadapi tugas-tugas berat membebaskan dan mengembangkan tenaga produktif masyarakat, memperkuat sintesis kekuatan Negara dan memperbaiki kehidupan Rakyat, memecahkan dengan baik masalah perkembangan adalah sesuatu yang sangat mendesak. Teori Deng Xiaoping sangat peduli terhadap masalah perkembangan, secara jelas menunjukkan bahwa perkembangan adalah salah satu dari dua masalah besar Dunia dewasa ini, melaksanakan perkembangan barulah benar, perkembangan mempunyai arti yang menentukan terhadap Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, menekankan bahwa hanya dengan baik melakukan peradaban material dan peradaban spiritual baru ada Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Teori Deng Xiaoping juga secara ilmiah membuat skema strategis perkembangan Negeri kita, dengan jelas mengajukan langkah strategis pelaksanaan modernisasi dasar dalam “tiga tahap”. Pikiran Penting “Tiga Mewakili” menghubungkan masalah perkembangan dengan sifat Partai, ide teoritis Partai berkuasa, dengan jelas menunjukkan bahwa perkembangan adalah tugas penting pertama Partai kita yang berkuasa untuk memakmurkan Negeri, harus melaksanakan usaha mempertahankan kepeloporan Partai dan pengembangan keunggulan sistim sosialis dengan mengembangkan tenaga produktif yang maju, dengan mengembangkan kebudayaan yang maju, dengan mewujudkan kepentingan pokok massa rakyat yang sangat luas, mendorong kemajuan menyeluruh masyarakat, mendorong perkembangan menyeluruh umat manusia. Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan menunjukkan keharusan untuk mempertahankan prinsip rakyat sebagai yang utama, melakukan perkembangan secara menyeluruh, selaras dan berkelanjutan, menunjukkan “lima macam perencanaan menyeluruh”, menekankan perlunya secara tepat mengerti dan secara serasi mengurus hubungan-hubungan penting dalam Usaha Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, dengan giat melaksanakan perkembangan ilmiah, harmonis dan damai. Penggalian terhadap masalah-masalah penting apa itu perkembangan, mengapa harus berkembang, bagaimana berkembang, perkembangan untuk siapa, perkembangan bersandar kepada siapa, siapa yang menikmati hasil-hasil perkembangan yang dilakukan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok yang kaya dengan kreativitas dan hasil-hasil teori melimpah yang diperolehnya, telah memperdalam dan memperkaya pengertian terhadap hukum-hukum perkembangan masyarakat umat manusia, yang membuat pengertian Partai kita terhadap masalah perkembangan mencapai ketinggian yang baru. Jadi, proses mempertahankan garis ideologi marxis Partai kita pada masa baru, yang terus-menerus menggali dan menjawab tiga masalah dasar apa itu Sosialisme, bagaimana membangun Sosialisme, membangun Partai yang bagaimana, bagaimana membangun Partai, melaksanakan perkembangan yang bagaimana, bagaimana berkembang, adalah secara menyeluruh merupakan proses pengertian yang terus-menerus mendalami dan memperkaya hukum-hukum bagaimana Partai Komunis memerintah, hukum-hukum pembangunan sosialis, hukum-hukum perkembangan masyarakat manusia, adalah proses mendorong terus-menerus pentiongkokan Marxisme, mempertahankan dan memperkaya teori dasar, garis dasar, program dasar dan pengalaman dasar Partai. Terbentuknya Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok menunjukkan bahwa tingkat pengertian, penguasaan dan pentrapan Partai kita terhadap tiga hukum besar telah mencapai tingkat ketinggian yang baru, telah membuka tahap baru pentiongkokan Marxisme. III. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah sistim teori ilmiah yang dengan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong sealiran dan maju seiring waktu, dengan ide-ide dan pandangan-pandangan baru telah mewarisi, memperkaya dan mengembangkan Marxisme. Laporan Kongres ke-XVII Partai menunjukkan: Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok telah mempertahankan dan mengembangkan Marxisme- Lenisme, Pikiran Mao Zedong, telah mengkristalisasikan kecerdasan dan usaha susah-payah beberapa generasi kaum komunis Tiongkok dalam memimpin rakyat melakukan praktek penggalian dengan tak kendur-kendurnya. Tesis penting ini telah menunjukkan arah bagi kita untuk secara tepat mengerti hubungan sealiran dan maju seiring waktu dari Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dengan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah hasil pemaduan prinsip-prinsip dasar Sosialisme Ilmu dengan realitas Tiongkok dan ciri-ciri khusus jaman. Kawan Deng Xiaoping pernah berkata bahwa dalam melakukan Reformasi dan Keterbukaan kita tidak meninggalkan nenek-moyang kita, nenek-moyang tidak boleh ditinggalkan. Marxisme-Leninisme memberitahukan kepada kita, Sosialisme Ilmu harus menjadikan Materialisme Historis sebagai pondasi teori, harus menjadikan pelaksanaan Komunisme sebagai cita-cita tertinggi, harus menjadikan partai politik proletariat sebagai inti pimpinan, harus menjadikan pembebasan dan pengembangan tenaga produksi sebagai tugas pokok, harus terus mewakili kepentingan pokok rakyat terbanyak, harus menghubungkan produksi besar dengan sosialisasi, menjadikan sistim hak milik umum dan sistim menerima menurut hasil kerja sebagai dasar dari sistim ekonomi sosialis, harus menjadikan rakyat tuan rumah di negerinya sendiri sebagai esensi khusus politik demokrasi sosialis, harus mempertahankan reformasi dan menyempurnakan sistim sosialis dan mekanisme sistim, dll. Proses Reformasi dan Keterbukaan di Negeri kita dan realitas masyarakat Tiongkok dewasa ini sepenuhnya membuktikan bahwa Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok telah mempertahankan ide-ide penting Marxisme-Leninisme tentang Sosialisme Ilmu, telah mengikuti prinsip-prinsip dasar Sosialisme Ilmu. Kalau kita mengatakan bahwa Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok sealiran dengan Marxisme-Leninisme, “aliran” di sini termasuk prinsip-prinsip dasar Sosialisme Ilmu. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, di samping mempertahankan prinsip-prinsip dasar Marxisme dan prinsip-prinsip dasar Sosialisme Ilmu, juga bertitik-tolak bukan pada prinsip dari buku, konsep dan abstrak, tetapi semuanya bertolak dari realitas, dengan masalah-masalah kongkret Reformasi dan Keterbukaan serta pembangunan modernisasi sosialis di Negeri kita, dengan soal-soal yang sedang kita kerjakan sebagai poros, terus-menerus membebaskan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan, maju seiring dengan waktu, secara kreatif telah mengajukan serentetan ide-ide baru, pandangan-pandangan baru, tesis-tesis baru, telah memperkaya dan mengembangkan Marxisme. Misalnya: mengajukan ide tentang hakekat Sosialisme, menunjukkan bahwa hakekat Sosialisme adalah membebaskan tenaga produktif, mengembangkan tenaga produktif, membasmi penghisapan, menghilangkan polarisasi untuk akhirnya mencapai kemakmuran bersama, telah memperkaya dan mengembangkan teori Sosialisme Ilmu marxis; mengajukan ide tentang tahap awal Sosialisme, menekankan bahwa ini adalah tahap tertentu yang harus dilalui dalam pembangunan sosialis di Negeri kita di mana tenaga produktif terbelakang dan ekonomi komoditi tidak berkembang, telah memperkaya dan mengembangkan teori marxis tentang tingkat perkembangan Sosialisme; mengajukan ide Reformasi dan Keterbukaan sosialis, menunjukkan bahwa Reformasi adalah suatu revolusi besar, adalah jalan yang harus dilalui dalam melaksanakan modernisasi Tiongkok, berhenti tidak bergerak tidak akan ada jalan keluar, telah memperkaya dan mengembangkan Marxisme tentang ide reformasi sosialis; mengajukan ide ekonomi pasar sosialis, menekankan bahwa tujuan reformasi sistim ekonomi Negeri kita adalah mendirikan sistim ekonomi pasar sosialis, telah memperkaya dan mengembangkan teori ilmu ekonomi politik marxis; mengajukan ide sistim ekonomi dasar sosialis, menekankan untuk tidak ragu-ragu mengkonsolidasi dan mengembangkan ekonomi sistim hak milik umum, tidak ragu-ragu mendorong, mendukung&nbs! p; dan m embimbing perkembangan ekonomi sistim hak milik bukan umum, telah memperkaya dan mengembangkan teori marxis tentang sistim hak milik; mengajukan ide perkembangan ilmiah sosialis, menekankan bahwa perkembangan adalah tugas penting pertama Partai kita yang berkuasa untuk memakmurkan Negeri, harus melaksanakan perkembangan, dengan prinsip rakyat sebagai faktor yang utama, secara menyeluruh, selaras dan berkelanjutan, telah memperkaya dan mengembangkan Marxisme tentang teori perkembangan sosialis; mengajukan ide masyarakat harmoni sosialis, menekankan bahwa mendirikan masyarakat harmoni sosialis harus berdasarkan tuntutan umum yang sesuai dengan hukum demokrasi, keadilan, persaudaraan yang tulus, penuh vitalitas, aman teratur, harmoni antara manusia dengan alam, telah memperkaya dan mengembangkan Marxisme tentang teori pembangunan masyarakat sosialis; mengajukan ide tentang pembangunan peradaban politik sosialis, menekankan perlunya mempertahankan jalan perkembangan politik sosialis berkepribadian Tiongkok, mengembangkan politik demokrasi sosialis, membangun Negara Hukum sosialis, telah memperkaya dan mengembangkan teori politik demokrasi sosialis; menunjukkan ide pembangunan peradaban spiritual sosialis, menekankan perlunya membangun sistim nilai inti sosialis, mempertahankan arah kemajuan kebudayaan maju sosialis, meningkatkan kekuatan Negara yang lemah budayanya, telah memperkaya dan mengembangkan teori pembangunan ideologi marxis; mengajukan konsep ilmiah “Satu Negara Dua Sistim”, menekankan pelaksanaan penyatuan tanahair secara damai berdasarkan pedoman “Satu Negara Dua Sistim”, telah memperkaya dan mengembangkan ajaran marxis tentang Negara; mengajukan ide tentang perkembangan secara damai Sosialisme, menekankan untuk melaksanakan politik luar negeri damai yang mandiri, mempertahankan strategi keterbukaan yang saling menguntungkan dan menang bersama, yaitu mengembangkan diri sendiri melalui usaha memperjuangkan perdamaian di lingkungan internasional, juga melalui perkembangan diri sendiri mendorong perdamaian dunia, telah memperkaya dan mengembangkan teori strategi internasional marxis; mengajukan ide pembangunan partai berkuasa marxis, menekankan perlunya memperkuat pembangunan kemampuan memerintah dan kepeloporan Partai, memperkuat dasar klas Partai, memperluas dasar massa Partai, terus-menerus mengurus Negara secara ilmiah, demokratis dan berdasar hukum, dengan semangat reformatif dan inovatif secara menyeluruh mendorong proyek besar baru pembangunan Partai, telah memperkaya dan mengembangkan teori pembangunan partai marxis, dll. Kalau kita katakan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok maju seiring dengan waktu, di sini kata “maju” yang pokok terwujud dalam menunjukkan sejumlah ide baru, pandangan baru, tesis baru, telah memperkaya dan mengembangkan Marxisme. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok juga mewarisi dan mengembangkan pikiran penting hukum pembangunan sosialis sebagai hasil penggalian susah-payah Kawan Mao Zedong. Grup pimpinan pusat Partai generasi pertama dengan kawan Mao Zedong sebagai inti telah memimpin seluruh Partai dan Rakyat berbagai Etnis di seluruh Negeri mendirikan Tiongkok Baru, mendirikan sistim dasar sosialis, memperoleh hasil-hasil besar pembangunan sosialis. Khususnya berdasarkan situasi Negeri telah mendirikan Sistim Negara Diktatur Demokrasi Rakyat, menciptakan Sistim Kongres Rakyat, Sistim Kerjasama Multipartai dan Sistim Permusyawaratan Politik di bawah pimpinan Partai Komunis Tiongkok, Sistim Daerah Otonomi Etnis. Hasil-hasil praktek ini, semuanya telah meletakkan pondasi persyaratan politik dan dasar sistim yang pokok bagi Partai kita dalam masa baru membuka Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, dalam menciptakan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Dari asal-usul teori boleh dikatakan, Pikiran Mao Zedong dan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok keduanya mempertahankan pembebasan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan, maju seiring dengan waktu, mempertahankan garis massa Partai, berjalan di jalan sendiri dengan mempertahankan kebebasan dan kemandirian. Ini adalah titik persamaan keduanya dalam segi-segi dasar pendirian, pandangan dan metode. Pikiran Mao Zedong sebagai sesuatu sistim ilmiah, tidak hanya pikiran-pikiran tepat Kawan Mao Zedong tentang Demokrasi Baru, tetapi juga termasuk di dalamnya pikiran-pikiran tepat Kawan Mao Zedong tentang pembangunan sosialis. Pada tahun 1956 sesudah terbentuknya secara dasar sistim sosialis di Negeri kita, Kawan Mao Zedong melawan kesalahan-kesalahan yang timbul dalam menjiplak mentah-mentah model Sovyet, dengan giat menggali jalan pembangunan sosialis Negeri kita. Pada bulan April 1956, dalam Sidang Politbiro yang diperluas, Kawan Mao Zedong pernah mengatakan, saya beranggapan bahwa pelajaran yang terpenting adalah bebas dan mandiri, melakukan penelitian dan penyelidikan, berusaha mencari jalan keluar berdasar situasi Negeri sendiri, melakukan pemaduan antara prinsip dasar Marxisme-Leninisme denga situasi kongkret revolusi dan pembangunan Negeri kita, menetapkan garis, pedoman dan politik kita. Pada masa Revolusi Demokratis, kita pernah melewati sepotong jalan berliku, setelah menelan kerugian yang besar baru berhasil melakukan pemaduan ini, telah memperoleh kemenangan Revolusi. Sekarang adalah masa Revolusi dan Pembangunan sosialis, kita harus melakukan pemaduan yang kedua, mencari jalan yang tepat bagi Revolusi dan Pembangunan sosialis Tiongkok. Dengan Pidato penting Kawan Mao Zedong “Tentang Sepuluh Hubungan Besar” yang diumumkan pada tahun 1956 dan Ketetapan Kongres ke-VIII Partai pada tahun yang sama yang mencerminkan garis pembangunan sosialis dengan kekhususan Tiongkok, serta laporan “Tentang Masalah Mengurus Secara Tepat Kontradiksi Di Kalangan Rakyat” yang dibuat oleh Kawan Mao Zedong pada tahun 1957 sebagai tanda, Partai kita telah mulai melakukan penggalian dengan susah-payah terhadap jalan pembangunan sosialis yang sesuai dengan situasi Tiongkok, dan memperoleh hasil-hasil awal yang cukup baik, telah memperoleh serentetan hasil ideologi yang penting. Tetapi, kesalahan serius yang muncul kemudian, terutama kesalahan serius yang begitu menyeluruh dari “Revolusi Besar Kebudayaan Proletar”, menyebabkan semua pedoman dan politik yang tepat belum bisa dilaksanakan sepenuhnya. Hasil-hasil ideologis penting yang terbentuk dalam penggalian tak kenal susah-payah Partai kita yang dipimpin oleh Kawan Mao Zedong, adalah kekayaan sangat berharga Partai kita, juga merupakan sumber ideologis penting Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Kawan Deng Xiaoping pernah secara mendalam menjelaskan hubungan antara usaha yang dilakukan oleh Partai kita sejak Sidang Pleno ke-III Kongres ke-XI Partai dengan Kawan Mao Zedong. Beliau menunjukkan: “Dari banyak segi bisa dikatakan, yang kita kerjakan adalah usaha yang pernah ditunjukkan oleh Kawan Mao Zedong, tetapi yang belum dikerjakan, kita betulkan usaha yang Beliau tentang secara salah, kita kerjakan dengan baik apa yang Beliau belum berjakan dengan baik. Untuk selanjutnya dalam masa yang cukup panjang, harus tetap mengerjakan usaha ini. Tentu saja kita harus berkembang, dan harus terus berkembang”. Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” serta Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan tidak hanya telah mewarisi hasil-hasil ideologi penting yaitu hukum-hukum pembangunan sosialis yang digali oleh Kawan Mao Zedong yang ditinggalkan kepada kita, tetapi juga dalam praktek-praktek baru Reformasi dan Keterbukaan sebagai dasar telah mengembangkan hasil-hasil ideologi penting ini. Kawan Hu Jintao menunjukkan: Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah hasil inovasi teori Partai kita pada masa historis baru Reformasi dan Keterbukaan. Beliau menunjukkan, Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok mewarisi dan mengembangkan pikiran penting hukum pembangunan sosialis yang dihasilkan dari penggalian dengan susah-payah oleh Kawan Mao Zedong. Tesis Kawan Hu Jintao ini, dari hakekat hubungan inheren antara Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dengan Pikiran Mao Zedong, sangat jelas-jemelas, sangat bisa dimengerti. Bisa disimpulkan, Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok secara erat menghubungkan Reformasi dan Keterbukaan Negeri kita dengan realitas pembangunan modernisasi sosialis, secara erat menghubungkan dengan syarat jaman yang baru, tidak hanya secara hidup dan kongkret telah mempertahankan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong, tetapi juga secara hidup dan kongkret telah mengembangkan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong, memberi tenaga segar dan tenaga hidup yang baru kepada Marxisme, sekali lagi dengan keras membuktikan, di bawah syarat-syarat jaman yang baru prinsip-prinsip dasar Sosialisme Ilmu tetap merupakan senjata ideologi yang tajam bagi orang-orang komunis untuk secara tepat mengerti, mencengkam dan mentrapkan hukum-hukum Partai Komunis berkuasa, hukum-hukum pembangunan sosialis dan hukum-hukum perkembangan umat manusia. Jika dikatakan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok sepenuhnya benar, dapat membimbing Tiongkok berkembang maju, terutama disebabkan karena Marxisme Tiongkok pada dewasa ini telah tertanam secara dalam di bumi Tiongkok, telah menyesuaikan diri dengan realitas Tiongkok, yang ini disebabkan karena tidak hanya telah membuang pengertian dogmatis terhadap Marxisme, tetapi juga telah melawan anjuran salah untuk mencampakkan sistim dasar Sosialisme; tidak hanya mempertahankan prinsip-prinsip dasar Sosialisme Ilmu, tetapi juga mengandung ciri-ciri khusus jaman dan kepribadian Tiongkok yang jelas; tidak hanya telah mewarisi pendahulu, tetapi juga melakukan inovasi isi, telah memperluas batas baru Marxisme. IV. Dari titik-tolak baru historis, mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, berjuang keras membawa Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok ke perspektif perkembangan yang lebih luas, adalah tugas khidmat kaum komunis Tiongkok pada dewasa ini. Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok secara memusat telah mewujudkan tuntutan baru pekerjaan Partai dan Negara dalam masa perubahan perkembangan Dunia pada dewasa ini dan Tiongkok pada jaman ini, secara memusat telah mewujudkan tekad seluruh Partai dan Rakyat berbagai Etnis di seluruh Negeri, secara memusat telah mewujudkan kekhususan praktek, kekhususan bangsa dan kekhususan jaman Marxisme Tiongkok dewasa ini, adalah hasil dari Partai kita dalam bersusah-payah memakmurkan Negeri, memajukan Negeri, menggali kebenaran dan mencengkam hukum-hukum. Kongres ke-XVII Partai menuntut seluruh Partai untuk lebih baik lagi menjaga, mempertahankan dalam jangka panjang dan terus-menerus mengembangkan Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok yang dibuka dengan susah-payah, mempertahankan untuk membebaskan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan, maju seiring dengan waktu, berani melakukan perubahan, berani melakukan inovasi, selama-lamanya tidak kaku, selama-lamanya tidak berhenti, tidak takut terhadap bahaya apapun, tidak bingung terhadap gangguan apapun, sehingga Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok makin dilalui makin lebar, biarlah sinar kebenaran Marxisme Tiongkok pada dewasa ini memancar lebih berkilauan. Saya berkesan, untuk melaksanakan tuntutan Kongres ke-XVII Partai, untuk berjuang keras memperluas perspektif perkembangan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok menjadi lebih lebar dari titik-tolak baru historis, untuk di dalam praktek mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, adalah sangat perlu untuk menguasai dengan baik beberapa soal di bawah ini: 1). Dari titik-tolak baru historis untuk mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, perlu melaksanakan secara mendalam Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan. Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan adalah teori ilmiah yang dengan Marxisme-Leninisme, Pikiran Mao Zedong, Teori Deng Xiaoping dan Pikiran Penting “Tiga Mewakili” tidak hanya sealiran, tetapi juga maju seiring dengan waktu, adalah pedoman pembimbing penting dari perkembangan ekonomi dan sosial Negeri kita, adalah pikiran strategis penting yang harus dipertahankan dan dilaksanakan dalam mengembangkan Sosialisme Tiongkok. Di dalam tingkat perkembangan baru, secara mendalam melaksanakan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan merupakan usaha terbaik mempertahankan Teori Deng Xiaoping dan Pikiran Penting “Tiga Mewakili”, juga merupakan praktek terbaik Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Ini disebabkan karena: dari hakekat spiritual yang secara mencolok ditekankan oleh Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan adalah menyeluruh, berhubungan dan berkembang, konsep perkembangan untuk Rakyar, perkembangan bersandar kepada Rakyat, hasil-hasil perkembangan dinikmati oleh Rakyat, demikian juga cara berpikir dan metode ideologi yang sistimatis dari perencanaan yang memikirkan keseluruhan, semuanya adalah perwujudan terpusat dari pendirian, pandangan dan metode marxis tentang perkembangan. Pandangan dunia dan metode marxis, dalam arti tertentu dapat dikatakan adalah pandangan dunia dan metode tentang bagaimana mengerti hukum-hukum perkembangan, mencengkam hukum-hukum perkembangan dan mentrapkan hukum-hukum perkembangan. Dari struktur teori dapat dilihat, Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan telah mewarisi dan mengembangkan pikiran penting tiga generasi grup pimpinan Komite Sentral Partai tentang perkembangan, dengan pengertian ideologis yang kaya, logika inheren yang teliti, telah menetapkan bahwa tugas penting pertama sistim ilmiah adalah melakukan perkembangan, sebagai inti adalah menjadikan rakyat sebagai faktor yang utama, sebagai tuntutan dasar adalah menyeluruh, selaras dan berkelanjutan, sebagai metode pokok adalah perencanaan menyeluruh. Dari tuntutan praktek dapat dilihat, Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan diajukan berdasarkan situasi dasar Negeri yang membangun tingkat awal Sosialisme, berdasarkan penyimpulan praktek perkembangan Negeri kita, berdasarkan menarik pelajaran dari pengalaman perkembangan Luar Negeri, dan menyesuaikan tuntutan perkembangan baru, adalah pengertian terbaru Partai kita dalam masalah perkembangan. Oleh karena itu, proses secara mendalam melaksanakan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan, adalah proses pemaduan antara prinsip dasar Marxisme dengan praktek besar baru dari Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, adalah proses, dari titik-tolak baru historis, mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Untuk secara mendalam melaksanakan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan, kita perlu secara menyeluruh mencengkam arti ilmiah, hakekat spiritual dan tuntutan pokok Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan, terus-menerus memperkuat kesedaran dan keteguhan dalam melaksanakan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan. Kita harus berdiri di atas titik-tolak baru historis, secara ilmiah menganalisa peluang dan tantangan Negeri kita dalam ikut ambil bagian sepenuhnya globalisasi ekonomi, secara mendalam mencengkam masalah baru dan kontradiksi baru yang dihadapi Negara kita dalam perkembangannya, mempercepat perubahan metode perkembangan ekonomi, berjalan di jalan industrialisasi tipe baru yang berkepribadian Tiongkok, mempertahankan penggerak inovasi, mempertahankan perencanaan menyeluruh kota dan desa, mempertahankan penghematan sumber- sumber alam dan menjaga lingkungan, mempertahankan keselarasan dalam dan luar, mempertahankan perbaikan kehidupan Rakyat, mendorong maju pertumbuhan ekonomi dari yang pokok bersandar pada menggalakkan investasi dan export berubah menjadi bersandar pada menggalakkan konsumsi, investasi dan export, dari yang pokok bersandar pada mendorong hasil-hasil sektor kedua, berubah manjadi mendorong bersama-sama hasil-hasil sektor pertama, kedua dan ketiga, dari yang pokok bersandar pada peningkatan konsumsi material sumber-sumber alam, berubah menjadi yang pokok bersandar pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknik, peningkatan kwalitas pekerja dan inovasi manajemen. Harus secara teguh menegakkan kesedaran tentang Rakyat sebagai faktor yang utama, kesedaran tentang perkembangan menyeluruh, kesedaran tentang perkembangan selaras dan kesedaran tentang perkembangan berkelanjutan, berusaha keras mengubah konsep pikiran yang tidak sesuai dan tidak cocok dengan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan, berusaha keras memecahkan masalah yang muncul yang mempengaruhi dan membatasi perkembangan ilmiah, berusaha keras mengubah Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan menjadi aliran pikiran yang tepat yang terproyeksi dalam perkembangan, menjadi tindakan-tindakan politik yang mendorong perkembangan, menjadi kemampuan riil dalam memimpin perkembangan. Semuanya yang sesuai dengan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan harus sekuat tenaga dilaksanakan, semuanya yang tidak sesuai harus dengan tegas diubah, dengan sungguh-sungguh membimbing keaktivan seluruh masyarakat melakukan perkembangan ke arah perkembangan ilmiah, melaksanakan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan ke pembangunan modernisasi di berbagai bidang, di berbagai segi, dengan giat menjadikan proses pelaksanaan Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan sebagai proses yang mendorong ekonomi masyarakat berkembang baik dan cepat. 2). Dari titik-tolak baru historis, untuk mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, perlu dengan teguh tak tergoyahkan meneruskan untuk membebaskan pikiran. Pembebasan pikiran adalah senjata ideologis yang pokok bagi kita dalam menjawab situasi baru, menjawab tantangan baru, mengerti soal-soal baru, menyelesaikan tugas-tugas baru, adalah jiwa yang mencerminkan Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” serta Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan. Dalam proses terbentuk dan berkembangnya Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, Partai kita, dalam hal mempertahankan dan mengembangkan Sosialisme Ilmu, dalam hal menyimpulkan dan menyerap pengalaman historis Sosialisme, dalam hal membuka dan mengembangkan Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, dalam hal pengertian baru dan praktek baru dari serentetan masalah-masalah penting pembangunan, pengkonsolidasian dan perkembangan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, semuanya menjadikan pembebasan pikiran sebagai prasyarat dan pemandu. Justru dengan mempertahankan pembebasan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan, maju seiring dengan waktu, Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok baru bisa, bersamaan dengan mewarisi pendahulu, terus-menerus melakukan inovasi, bersamaan dengan mengatasi berbagai kecenderungan salah yang mengganggu, menyerap pelajaran dari berbagai kesalahan, terus-menerus memecahkan persoalan baru, melakukan terobosan baru, membuka situasi baru, dalam praktek terus-menerus memperoleh pengayaan baru dan perkembangan baru. Pada dewasa ini, pembangunan secara menyeluruh Masyarakat Cukup Sejahtera berada di titik-tolak baru historis, reformasi dan perkembangan Negeri kita sedang berada pada tahap kritis. Peluang belum pernah ada taranya, tantangan juga belum pernah ada taranya, peluang lebih besar dari pada tantangan. Untuk menangkap peluang perlu lebih lanjut membebaskan pikiran, untuk menjawab tantangan perlu lebih lanjut membebaskan pikiran, untuk memecahkan kontradiksi dan masalah yang muncul di jalan kemajuan perlu lebih lanjut membebaskan pikiran, untuk merebut secara menyeluruh kemenangan-kemenang an baru pembangunan Masyarakat Cukup Sejahtera, untuk menciptakan situasi baru usaha Sosialisme Berkepribadian Tiongkok lebih-lebih lagi perlu lebih lanjut membebaskan pikiran. Kita harus benar-benar mengerti sangat pentingnya pembebasan pikiran, di bawah syarat-syarat jaman yang baru, titik-tolak baru historis, jalan perkembangan baru mempertahankan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok sebagai pembimbing, dengan teguh tak tergoyahkan meneruskan pembebasan pikiran, menginovasikan pandangan tentang perkembangan, menginovasikan rangkaian ide-ide tentang perkembangan, menginovasikan aksi-aksi tentang perkembangan, menginovasikan metode memimpin, dengan lebih sedar menjadikan pembebasan pikiran yang terus-menerus ke pelaksanaan untuk mempertahankan Reformasi dan Keterbukaan, menggerakkan perkembangan ilmiah, mendorong harmoni sosial. Kader-kader pimpinan di berbagai tingkat harus menjadi contoh dalam melakukan pembebasan pikiran, mencari kebenaran dari kenyataan dan maju seiring dengan waktu, di dalam mendalami pengertian ilmiah terhadap situasi Dunia, situasi Negeri dan situasi Partai, melakukan pembebasan pikiran, di dalam tujuan yang kelihatan jelas, tugas yang terang, melakukan pembebasan pikiran, di dalam membandingkan dengan yang maju, mencari kekurangan sendiri, juga harus membebaskan pikiran, di dalam melakukan pembebasan pikiran mencengkam benar-benar kerja riil, di dalam perubahan konsepsi memecahkan so! al-soal yang rumit, di dalam rangkaian ide-ide yang lebih baru mengubah metode perkembangan, benar-benar mewujudkan pembebasan pikiran ke dalam kerja kongkret, melaksanakan sampai ke pemecahan soal-soal. Untuk mempertahankan pembebasan pikiran, perlu sepenuhnya mengembangkan demokrasi, di intern Partai terutama di kalangan barisan kader secara besar- besaran membuat lingkungan dan suasana yang menguntungkan bagi pembebasan pikiran, bagi reformasi dan inovasi, menganjurkan dan mendukung anggota dan kader Partai memutar otak untuk berpikir secara mendalam, menyingsingkan lengan baju melakukan penggalian, sehingga semuanya ingin melakukan sesuatu, berani melakukan sesuatu, mampu melakukan sesuatu, melakukan sesuatu sampai selesai. Terhadap kader-kader yang berani melakukan reformasi dan inovasi, kalau melakukannya benar harus dengan gairah disokong, melakukannya kurang cukup harus secara aktif dibimbing, melakukannya salah harus segera membantu mereka membetulkan kesalahan, supaya memelihara dan menggerakkan keaktivan massa luas kader melakukan reformasi dan inovasi. Sejak Kongres ke-XVII Partai, kegiatan diskusi besar tentang pembebasan pikiran yang diadakan di kalangan anggota dan kader di sementara tempat, telah memperoleh hasil-hasil yang bertahap, harus terus-menerus dilakukan dengan mendalam dan kokoh, dengan pembebasan besar-besaran pikiran dan perubahan besar-besaran pandangan mendorong perkembangan besar ekonomi dan sosial. Kalau kawan-kawan seluruh Partai mempertahankan pembebasan pikiran, terus-menerus memperluas wawasan dan melakukan inovasi, maka Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok makin dijalani makin lebar, Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok bisa makin lama makin kaya, Usaha Sosialisme Berkepribadian Tiongkok bisa makin lama makin berkembang subur. 3). Dari titik-tolak baru historis, untuk mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, perlu dengan teguh tak tergoyahkan mendorong Reformasi dan Keterbukaan. Reformasi dan Keterbukaan, irama Tiongkok dewasa ini, adalah suatu garis pokok yang mencerminkan Teori Deng Xiaoping, Pikiran Penting “Tiga Mewakili” dan Pikiran Strategis Penting Pandangan Ilmiah Tentang Perkembangan, juga adalah jalan yang harus dilalui oleh Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Sosialisme Berkepribadian Tiongkok mempunyai daya hidup yang berkobar-kobar disebabkan karena melaksanakan Sosialisme dengan Reformasi dan Keterbukaan. Dengan menengok ke belakang perjalanan Reformasi dan Keterbukaan dapat dengan jelas dilihat: Pendapat Sosialisme Berkepribadian Tiongkok diajukan dalam praktek besar Reformasi dan Keterbukaan; Jalan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah dalam praktek besar Reformasi dan Keterbukaan mula-mula dibuka, dikembangkan dan yang makin dijalani makin lebar; Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah dalam praktek besar Reformasi dan Keterbukaan mula-mula terbentuk, diperkaya dan berkembang; Panji Besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok adalah dalam praktek besar Reformasi dan Keterbukaan makin berkibar makin tinggi. Demikianlah Sosialisme Berkepribadian Tiongkok dengan Reformasi dan Keterbukaan erat berhubungan bersama secara inheren, organik, tidak dapat dipisahkan. Laporan Kongres ke-XVII Partai menunjukkan, hanya dengan Reformasi dan Keterbukaan baru bisa mengembangkan Tiongkok, mengembangkan Sosialisme, mengembangkan Marxisme. Ini adalah kebenaran yang tidak bisa dibantah. Sejak 30 tahun Reformasi dan Keterbukaan, berbagai usaha Negara kita telah memperoleh hasil-hasil besar yang menjadi pusat perhatian Dunia. Kongres ke-XVII Partai telah menyimpulkan “Sepuluh Pemaduan” pengalaman berharga Partai kita dalam melaksanakan Reformasi dan Keterbukaan, secara mendalam menjelaskan bagaimana Partai kita, dalam praktek melaksanakan Reformasi dan Keterbukaan, mempertahankan Marxisme, mempertahankan dan mengembangkan Sosialisme, secara menyeluruh mendorong usaha besar Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, membuat perencanaan lengkap tentang dua situasi besar Dalam Negeri dan Internasional, memperkuat dan menyempurnakan kepemimpinan Partai. Pengalaman berharga “Sepuluh Pemaduan” ini diperoleh Partai kita melalui praktek lama dan penggalian dengan susah-payah, adalah kekayaan spiritual yang sangat berharga, kita harus mengingatnya benar-benar, mempertahankan pentrapannya, dan dalam praktek baru terus-menerus memperkaya dan mengembangkannya. Pada dewasa ini, Reformasi dan Keterbukaan Negeri kita memasuki tingkat kritis, di jalan kemajuan kita menghadapi tidak sedikit masalah-masalah baru dan kontradiksi- kontradiksi baru yang perlu segera dipecahkan; memperdalam Reformasi, memperluas Keterbukaan masih menghadapi tugas-tugas berat memperkuat posisi dan mengatasi kesulitan. Kita harus melaksanakan secara mendalam semangat Kongres ke-XVII Partai, dengan tak tergoyahkan mempertahankan arah Reformasi, meningkatkan keilmiahan strategi Reformasi, memperkuat keselarasan tindakan- tindakan Reformasi, mengurus dengan baik hubungan antara kestabilan, perkembangan dan reformasi, mempercepat langkah reformasi di bidang-bidang penting dan di matarantai yang menentukan, secara menyeluruh meningkatkan taraf keterbukaan, dengan teguh tak tergoyahkan terus-menerus mendorong maju usaha besar Reformasi dan Keterbukaan. Ini merupakan tenaga penggerak besar yang tak boleh kurang dalam pembangunan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, juga merupakan tenaga penggerak besar yang tak boleh kurang dalam mempertahankan ! dan meng embangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. 4). Dari titik-tolak baru historis, untuk mempertahankan dan mengembangkan Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, perlu secara tepat menguasai situasi dasar Negeri pada tingkat awal Sosialisme, dengan tak tergoyahkan mempertahankan garis dasar Partai. Negeri kita berada, dan dalam jangka waktu panjang, dalam tahap awal Sosialisme, ini adalah dasar pokok garis, pedoman dan politik yang ditetapkan oleh Partai kita, juga adalah dasar argumen Sistim Teori Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Di Tiongkok dewasa ini, untuk membangun dan mengembangkan Sosialisme Berkepribadian Tiongkok, masalah yang terutama penting yalah memperjelas apa itu Sosialisme Berkepribadian Tiongkok Tahap Awal, pada tahap awal bagaimana membangun Sosialisme Berkepribadian Tiongkok. Kongres ke-XVII Partai menunjukkan, ciri penahapan perkembangan Negeri kita pada dewasa ini justru merupakan perwujudan kongkret situasi dasar Negeri Sosialisme Tahap Awal dalam abad baru dan tingkat baru. Kita harus selalu ingat bahwa situasi dasar Negeri Sosialisme Tahap Awal belum berubah, kontradiksi pokok masyarakat antara kebutuhan material dan budaya dari Rakyat yang setiap hari meningkat dengan produksi sosial yang terbelakang belum berubah, memikirkan masalah, membuat strategi, melakukan pekerjaan, semuanya harus bertolak dari realitas paling besar yaitu terus bertolak dari situasi dasar Negeri, tidak hanya segera maju dengan aktif, meningkatkan kerja, dengan
  7. pilih presiden yang ganteng/cantik aja ah…

    waaaaaa……jadi inget saipul jamil yg nyalon di pilkada. najreeengggg banget deh, biar dia, yah lumayan lah, tp no way man !!!

  8. @antobilang
    Iya tuh, sampe mentok, kepotong …

    gapapa, mas menkslek lg semangat….tp mas menkslek, saya kuliahnya ngulang semester depan aja deh….ato kl ada tugas mandiri, lbh bagus lg, hehehe:mrgreen:

  9. pertanyaannya adalah, yang punya visi begitu apa mau jadi pemimpin?

    vote pakde for presiden !!!๐Ÿ˜† *ga ngebayangin gaya kampanyenya*๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† *

  10. Tenang, say….calm down. Kalo suka nimpuk2 bisa2 calon suami mengira lo psycho.. ;D

    lho…..kl sama suami ya beda dong, nimpuknya pake g-string ato bra trus tabur2 kelopak bunga mawar dan nyalain aromatherapy dan lampu distel yg redup2 gt….hihihihhi [OOT]๐Ÿ˜†:mrgreen:

  11. syarat dua aja… nyarinya susah di negeri ini
    ampun deh

    ehehehe…hrsnya syarat no 2 itu malah jadi syarat no 1 ya ?? yang pertama dari yang utama… hmmm….mudah2an…saya masih menyimpan asa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s