agama yang memihak tangan kiri

Beberapa hari yang lalu, sambil menunggu adzan maghrib, saya menonton tayangan di trans TV yang dibawakan oleh bule favorit saya, Wahyu Winarno. Waktu itu dia membahas tentang sunnah Rosul yang bersiwak. Lantas, giatlah dia mencari tahu perihal siwak ini, hingga dia mendatangi seorang cowok yang berbaju koko lengkap dengan peci bulat putihnya, dengan wajah segar habis berwudhu. Wahyu minta diajarin bagaimana cara menggunakan siwak. Oleh cowok tersebut, ditunjukkan bagaimana cara bersiwak yang benar, salah satunya harus dipegang tangan kanan, tidak tangan kiri, sekalipun dia kidal.

DHUENNGGGG !!!

Saya tertohok. Lahwong saya kidal je……

Sebagai mahluk kidal yang termasuk minoritas di bumi Jawa ini, baiklah saya akan share suka dukanya.

Sudah sedari balita saya kenyang dipandangi dengan tatapan aneh, takjub, ajaib, terkesima, dll jika ada yang memergoki saya pakai tangan kiri untuk menulis ato menggambar. Yeah, sedari saya belum bisa baca tulis, saya sudah getol pegang pensil untuk gambar-gambar dan langsung memakai tangan kiri.

Penderitaan dimulai ketika TK. Saya sendiri sudah tak begitu ingat kejadiannya. Tapi Ibu mengisahkan, awal-awal saya masuk TK, saya selalu pulang dengan menangis dan marah-marah. Ternyata saya di TK oleh gurunya, saya dipaksa menggunakan tangan kanan, bahkan ketika menggambar / mewarnai. Tentu saja saya sangat kesulitan. Hingga akhirnya Ibu datang dan berbicara ke kepala sekolah + guru saya, memohon untuk membiarkan kekidalan saya.

Akhirnya masa TK berlalu dengan lancer, disertai tatapan aneh dari guru (tapi saya ga nyadar). Ketika masuk SD pertama, saya masih ingat betul. Ditegur oleh Bu Kapti, guru saya di SDN Ungaran I Jogja di Kotabaru, ketika pelajaran menulis huruf. Beliau menyarankan saya pakai tangan kanan saja. Saya agak lupa, apakah saya menurutinya atau menyanggah. Tapi yang jelas, saya pulang sambil marah-marah / menangis.

Jika saya ikutan lomba lukis, pasti deh, dikerumuni oleh orang-orang yang menanganggap aneh saya, melukis pakai tangan kiri. Dan ini bener-bener bikin bad mood. Tapi pelahan saya mulai terbiasa. Hingga saya SMU. Saya masih inget betul. Waktu itu saya ikutan ekskul bahasa Jerman. Sore-sore sepulang sekolah. Sewaktu mencatat, teman di depan saya memperhatikan cara menulis saya, sampai dia itu yang betul-betul membalikkan badan dan wajahnya ekspresi sanagat heran. Waktu itu saya benar-benar kesal, saya seperti mahluk aneh ato apa.

Tapi adakalanya saya menikmati perhatian orang-orang. Misal, ketika masa ospek ato awal masuk sekolah itu lah. Saya pasti mengundang perhatian dan dikenal sebagai satu-satunya si kidal seantero sekolah. Hmm…apalagi jika yang memperhatikan adalah kakak kelas yang termasuk ganteng, hueheehehhe.

Saya sendiri baru bertemu mahluk sesama kidal justru ketika kuliah. Semasa S1 hanya bertemu satu mahluk, itupun cowok. Cara menulis kami memang aneh. Saya sendiri jika menulis, pasti dari atas ke bawah, bukan dari kiri ke kanan.

Terus ketemu dengan mantan gebetan, dia fotografer, gondrong, dan KIDAL !!

Baru ketahuan pas kami makan bareng dan dia nulis menu.:mrgreen:

Yang ketiga, kuliah pasca ini. Cewek, manis, ekspresif, dan kidal juga !!

Setelah itu, belum ketemu lagi.

Sebagai kidal, dalam kehidupan sehari-hari cenderung banyak susahnya daripada untungnya. Misal ketika masak, pakai pisau dapur. Wuah, terpaksa selama bertahun-tahun, saya melatih tangan kanan saya. Kenapa ?? Karena pisau di Indonesia semua didesain untuk tangan kanan. Jika saya nekat pakai tangan kiri, bisa habis tangan saya keiris-iris.

Belum lagi jika menyapu, main basket, kasti, pake kompie (mouse-nya man, untuk non kidal semuaaaa !!) dll. Saya pernah hampir teler, ketika merajang buah untuk persiapan es buah, hampir 3 jam saya racik dengan tangan kanan. Wuah, bener-bener kaku dan hampir kejang itu otot bahu.

Belum jika berbicara mengenai agama.

Saya sering tertohok dan bertanya-tanya. Emang ada apa dengan tangan kiri ?? Begitu jahat dan nistakah dia, sehingga yang kiri-kiri hampir selalu disimbolkan dengan keburukan, kejahatan, kotor, tidak sopan, etc.

Misal, ada hadis yang mengatakan, jika memberi, jangan sampai tangan kirimu tahu. Seperti itulah. Saya benar-benar berontak. Kalau tangan kiri adalah buruk, mengapa saya dianugerahi menjadi kidal ??

Dan saya betul-betul makin berontak ketika menyaksikan tayangan di trans TV tersebut. Pengin rasanya cowo itu saya maki-maki dan mengutuknya supaya dia menjadi kidal dan merasakan susahnya menjadi kidal di dunia yang dikuasai orang non kidal.

Adakah agama yang memihak kepada orang kidal ?? Yang tidak membedakan kanan kiri ??

57 thoughts on “agama yang memihak tangan kiri

    • eh gila kali yach masa cuma masalah tangan kiri aja sampe kafir najis dah…
      allah juga tahu kalau hamba-Nya memang tidak sanggup pakai tangan kanan, masih ada pengampunan kok.. kecuali lo udah makan pk tangan kiri kafir pula itu baru kg diampunin..
      nau’zubillah min dzalik deh…

  1. Yah,, situ mestinya bersukur lah masih punya tangan..

    coba kLo buntung,, mo makan pke apa ?? Kaki ??

    Saya juga kidaL, tapi gak proTes koq. Malah lebih enak, soaLnya kedua tangan kita jadi berguna…

    oh jd disini, saya ditafsirkan protes udah kidal ya ??😆

  2. loh, aku baru tau kamu kidal met….
    dulu punya temen SMA yg kidal, agak kaku ngeliat dia nulis. wehehehehe

    lha aku nyante aja liat yg tangan kanan nulis, jengking, apa kek gitu:mrgreen:

  3. kalo aku main basket, pas latihan shooting pake tangan kiri malah lebih cepet bisanya daripada tangan kanan. pas latihan nendang bola sepak pake kaki kirim ternyata lebih kenceng daripada dengan kaki kanan. kidal gak ya?

    apakah kidal juga berlaku buat kaki ya…😕

  4. iya, katanya otak kanan yang lebih aktif makanya kidal , klo otak kiri normal. Dan orang yang kidal itu emang jago ngomong😀

    Aku rasa masalah kiri atau kanan itu masalah adat dan kebiasaan aja, orang terbiasa lihat nulis pake tangan kanan pas ngeliat pake tangan kiri jadi hal yang aneh. Aku punya temen yang kidal, dan sekarang dia bisa pake tangannya kira dan kanan.

    betul, masalah ada pd individu yg menafsirkan bhw kiri = bad

    Mouse ada koq yang buat kidal, malah aku dapet kibor yang buat Tangan Kiri, termasuk mousenya juga gituh, jadi klo di pake malah kagok.

    aku mau kibornyaaaaaaaa !!! tuker ma gudeg dehhhhh !!!

  5. wah baru tau mbak kidal.
    sama kek papa ku. tapi papa ku bisa nulis pake tangan kanan, gr2 waktu sd diiket tangan kirinya sama gurunya. lebih parah kan, hehe.

    nah itu..ITU, yang saya protes. segitu kejamnya…mengapa ?? memaksa orang kidal untuk berlaku sama dengan mereka yang ga kidal. wah gurunya papanya ocha nih, ga berjiwa pendidik nih…seremmmm T_T

    agama yg memihak org kidal? gak tau mbak, biasa aja kayaknya😀

    hahahaha…ini satir kok…

  6. Aku untuk urusan ngupil juga kidal kok Mbak🙂

    wah aku malah gak memperhatikan kl ngupil pake tangan mana…jangan2 pake jempol kaki😆

    Eh itu mouse kan bisa bisa dibalik setingan tombolnya kan? Kecuali bentuk mouse-nya emang sedikit mlungker ke kiri..

    oya ya ?? *gaptek*:mrgreen:

  7. Teman sebangku-ku pas SMP kidal. Akhirnya terjadi kesepakatan, aku duduk di kanan, dia di kiri. Biar kalo pas nulis siku kami nggak beradu😀

    hmmmm…sejak jiwa kami ternodai oleh ‘nyontek’ dan ‘ngepek’, yng jelas temen2ku seneng banget duduk disebelahku. lha, ergonomi bgt utk dicontek jeeee:mrgreen:

  8. keponakan saya dulu penganan (pengguna kanan), tapi suatu ketika kecelakaan tangan kanan. selama masih belum bisa dipakai, mulailah dia belajar menulis dengan tangan kiri. sekarang bisa nulis dengan dua tangan sekaligus. ini kayaknya makhluk yg jauh lebih aneh.:mrgreen:

    wow…bukan aneh tp luar biasa^^

  9. Wah, hati-hati lho mbak kalau memproklamasikan diri sebagai orang ‘kiri’, nanti diciduk intel…😆 Hihihi, di zaman orde baru dulu yang ‘kekiri-kirian’ dianggap bahaya laten juga, bukan?

    Anyway, masalah tangan kanan-kiri ini saya rasa sudah ada sejak zaman prasejarah, berawal dari ketakutan yang irasional dari nenek moyang kita dulu terhadap sesuatu yang ganjil (ganjil itu aneh, genap itu enggak, soalnya kalo ganjil pasti ada satu yang ‘stand-out’ dan gak ada pasangannya), langka, dan abnormal secara statistik.

    hmmmm…ic..ic…..

    Seingat saya, hanya 10% populasi dunia yang kidal. Ketika nenek moyang kita belum nyampe akalnya untuk memahami keanehan itu, maka “kutukan dewa” adalah jawaban yang pasti dan menenangkan. Sayangnya hal ini kadang masih terbawa sampai zaman sekarang, menyusup lewat norma-norma budaya dan agama…

    yupe…itu yang mo saya protes….penafsiran individu yang mendarahdaging hingga menjadi jiwa dalam menafsirkan agama jua…

    kalo orang katolik nrima komuni malah pake tangan kiri😛

    Soalnya supaya bisa diambil pake tangan kanan😛

    *ngakak berat*😆

  10. Amsal 3:16
    Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.
    =====
    Artinya tangan kanan dan kiri sama berharga
    =====

    mustinya begitulah, mas….Dia saja mencintai kita tanpa syarat….masak untuk urusan tangan doang, Dia minta musti dilayani pake tangan kanan sih ??

  11. coba dulu pake tangan kanan, klo nggak bisa ya pake tangan kiri.

    “bertakwalah kepada Allah semampu kalian”

    agama Islam itu mudah kok,,, jangan mempersulit diri

    lha yang mempersulit itu kan yang oknum-oknum di dalamnya:mrgreen:

  12. Saya tidak kidal. Saya pengin punya anak bertangan kidal. Anya, anak saya yang masih delapan bulan itu, kelihatannya lebih aktif menggunakan tangan kirinya daripada tangan kanan. Saya membiarkan itu secara alamiah. Jika memang dia lebih nyaman menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas, ya biarkan.

    whahahahaaha…..ups maap ketawa, habis saya geli banget dan ga habis pikir sih. ternyata ada ya, yg non kidal tp pengin kidal dan akhirnya ketika anaknya ada kecenderungan kidal malah dibiarkan. kl tante saya, bukannya dibiarkan, tp dipaksa kidal😆

    Tangan kiri tangan yang jelek? Tangan kanan tangan yang bagus? Well, saya tidak setuju dengan pendapat ini. Jika bertemu orang bule, saya selalu menggunakan tangan kiri untuk menerima atau memberikan sesuatu. Saya tahu dia tidak akan tersinggung.

    Tentang baik buruknya sisi tangan, ini hanya masalah budaya. Tangan kiri jarang digunakan untuk beraktivitas kecuali untuk, maaf, membersihkan diri seusai membuang hajat. Tapi, bukankah sekarang zaman modern, ada sabun antiseptik, ada air melimpah. Bersihkanlah tangan sesusai menyentuh sesuatu yang kotor. Oleh karena itulah saya tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan tangan kanan lebih bagus daripada tangan kiri.

    betul, sebenarnya itu lbh banyak ke masalah norma aja.
    Baca deh komentar saya tentang si kidal di halaman blog saya di: jalansutera.com/2006/09/15/si-kidal-itu

    Silakan tinggalkan pesan Anda di sana. Salam…

  13. “Missal, ada hadis yang mengatakan, jika memberi, jangan sampai tangan kirimu tahu. Seperti itulah. Saya benar-benar berontak. Kalau tangan kiri adalah buruk, mengapa saya dianugerahi menjadi kidal ??”

    maksudnya bukan tangan kiri itu buruk. tapi itu metafora kalo bersedekah itu jangan dipamerin ke orang2.

    tapi kenapa tangan kiri yang disimbolkan sbg sesuatu yg ‘buruk’ ?? kan, pamer ke orang2 alias riya’ itu buruk kan ??

  14. sebenarnya bukan agama, tetapi pemahaman orang tertentu mengenai agama.

    salah satu hal terburuk dalam pemahaman agama seperti itu adalah, tidak memberi peluang bagi orang lain untuk berbeda. padahal seringkali, untuk menjadi lebih baik, kita memang harus berbeda.

    utk keseian kali, saya setuju dg bung toga…

  15. masalah nya bukan agama ndak memihak ato gimana sih mbak.. setau sayah sebagai muslim, muslim punya keluwesan-keluwesan terhadap berbagai aturan hidup manusia kok.. jadi mungkin lebih ke penafsiran dimana kidal itu adalah sebuah anugrah dari Tuhan..🙂

    sedari dulu udah menyadari kl kidal ini adl anugerah, dan saya sgt bersyukur…merasa diri spesial dan istimewa krn berbeda dengan lainnya…^^

    lha ini terbukti toh bener kalo kata orang sanah kidal itu cerdas. mbak nyah ini cerdas ngolah kata-kata. hehehe..🙄

    hoooooh…bisa aja kamu yeeeey:mrgreen:

  16. hohoho…gw uda lupa nama mantan demenan lo yang fotografer gondrong nan kidal itu….. sapa ya? Ntar tak semedi dulu..biasanya langsung inget…😉

    aku masih inget banget wajahnya:mrgreen: lo masih inget ?? dia kayaknya anaknya sekrang udah banyak😆

  17. Ada hal hal tertentu yang saya lakukan dengan tangan kiri. Bermain badminton, masak, main congklak, dan mengocok kartu..selebihnya tangan kanan mendominasi. Pasang celana juga kaki kiri dulu, kalau kaki kanan dulu saya bisa jatuh. Bajupun begitu. Orangtua tidak pernah marah saya mau pakai tangan manapun, kecuali memberi dan menerima, bagi saya tangan kita gak ada yang buruk. Jadi, salah jika orang tua mengatakan “ayo sayang, tangan manisnya mana???” Toh keduanya berguna, dan manis🙂

  18. Kalau bersiwak dianjurkan pake tangan kanan bisa jadi karena tangan kiri dah dipake buat bersihin kotoran. Tapi kalau bersihin kotorannya pakai tangan kanan, mungkin sebaiknya bersiwak pakai tangan kiri, jadi mengurangi kemungkinan kontaminasi.


  19. 1. Tangan kiri sayah ( utamanya ) biyasa buwat ngguthil silit.

    2. Keduwa tangan sayah aktip. Memang kanan paling dominan. Tapi tangan kiri sayah jugak bisa kalok cuman ( sedikit ) nulis, megang garpu, dan meraba-raba….

  20. Jangan sedih mbak .. masalah ini sudah pernah saya postingkan tentang mengapa harus kanan yang membahas tentang keajaiban kiri.

    Bagi saya sih .. ga masalah, mau kanan ato kiri. Wong dua²nya ciptaan Tuhan koq. Jadi .. pinter² aja menggunakannya.

    Kalo saya sih, malah kepengin banget jadi kidal khususnya ketika sedang menulis. Kaya’nya orang kidal itu menurut saya ‘sexy’ banget — karena beda. Bisa menulis dengan cara berbeda.

    Saya justru sering terkagum² dengan orang kidal mbak. Senang melihat mereka menulis dan mengerjakan hal² lainnya.

    Tapi .. kalo soal memberi sesuatu, tetap menggunakan tangan kanan — sebagai bentuk penghormatan kita pada orang lain (budaya, red). Selebihnya, jika menyangkut diri sendir .. cue’ aja dengan kiri.

    Begitu kira² mbak.

  21. saya tidak kidal, tapi…
    makan bisa dengan tangan kiri dan kadang kanan
    gosok gigi dengan tangan kiri
    memakai mouse dengan tangan kiri
    maen gitar dengan tangan kiri

    sering juga menghayal kenapa saya tidak lahir kidal saja, secara… bill clinton itu kidal, bill gates juga kidal, kurt cobain dan jimmi hendrix juga kidal, everly brothers juga kidal dan valentino rossi juga😀

  22. Mungkin stigma aja karena sesepuh mengajarkan cebok pake tangan kiri. Orang tua saya agak aneh, karena mendorong saya makan dengan tangan kiri.

    Kenapa, karena tangan kiri lebih higienis. Hal paling kotor yang dipegang tangan kiri adalah dubur, itupun langsung dicuci. Tangan kanan dipake buat membuka pintu, menyalami orang, memegang ini itu, dll. Kita tidak bisa mengontrol kebersihan tangan orang lain, tapi kita bisa mengontrol kebersihan tangan kiri kita.

  23. Lho, ternyata kidal ya…. ???🙂

    Saya justru sering salut sama orang kidal. Karena biasanya orang kidal bisa menggunakan kedua tangannya sama baiknya (terampil), dan juga orang kidal yang biasanya paling bisa mem-balance otak kiri-kanan.

    Tetapi tetap saja orang biasanya cebok pake tangan kiri, iya kan ?:mrgreen:

  24. sesama kidal.. tos duluuu….

    aku nek pake kanan gag masalah. gara2 mind set disampluki ibuku dulu klo pake tangan kanan…

    sampe sekarang klo maen badminton ato everything that use more power aku pake kiri…

    tapi klo nulis bisa pake kanan…

  25. weh.. sayah ambidextrous, mbak. asik2 aja. mo cebok pake tangan kanan-kiri oke. makan 2-2nya juga oke. pegang mos juga kanan-kiri. cuma nulis aja emang tak paksa pake tangan kanan, soale tanganku kringeten terus.

    merasa dari kecil stand out? try to have only 7 1/2 fingers like me. hihi.

  26. memang orang kidal selalu apes, tapi jangan kuatir biasanyamereka ganteng atau cantik…seperti saya, seperti anda…hehehehe

    banyak lho temen temen kidal yang blogger…

  27. ibu dan adik perempuan saya kidal tapi bisa juga pake tangan kanan walaupun tidak sesempurna beliau pake tangan kirinya.

    Saya pernah pake tangan kiri untuk megang mouse, kebetulan tangan kanan saya sakit, memang agak sulit juga sih karena belum biasa tapi ga kaku-kaku amat. Yang sering ditanya sama orang karena saya nulis kwitansi dimulai dari posisi data yang kiri terlebih dahulu, dikira mereka saya kidal yang menyamar pake tangan kanan ….. hahahaha.

    Kalau dalam hal agama, mungkin karena tangan kiri buat nyebok, jadi kan kesannya kotor, masak ngasih tangan yang kotor ke orang🙂

  28. ooo…, baru tahu banyak juga yang ngributin status tangan kiri. saya sendiri bukan kidal tapi bernapsu pengen bisa nulis pake tangan kiri, gara2 dulu pernah tangan kanan ampe pegel2 banyakan nulis, sementara tangan kiri dengan santainya bermalas-malasan, sambil ngupil lagi, disuruh bantuin alasannya ndak bisa nulis. makanya sekarang tangan kiri saya gembleng biar punya ability kayak si kanan. hasilnya lumayan meski belum selincah si kanan.

    tangan kiri sama agama? gak segitunya kali, apalagi sampai nyangkut haram, yang bener aja…, kecuali buat nyolong, judi, atau nglempar sendal kemuka orang, pake tangan mana aja semua itu tidak dibenarkan.

    http://orenolazycat.blogspot.com/

  29. yang pernah gue baca malah kalau makan pakai tangan kiri hukumnya haram. tapi kalau kejadiannya begini masa mo seumur hidup bakalan haram …

    ah sudahlah biarkan keyakinan yang bicara hehhehe

    saya nga kidal tapi hobi pakai tangan kiri biar balance nih otak (ngaruh nga sih ????)

  30. bersyukur lah… soalnye gwe main bola nendang kebiasaanye pk kaki kanan, sampe sekarang gwe kg bisa yang namanya nendang pake kaki kiri walaupun udah sering latihan.. jadi intinye terima aje sih.. bila perlu lo latih deh kanan loe kan nga ada ruginye

  31. “Karena pisau di Indonesia semua didesain untuk tangan kanan”.Jangan bercanda deh mbak,malahan banyak pisau yang tajam di dua sisi,jadi mau kidal/bukan,sama saja.Saya kidal juga,dan saya bisa memakai pisau dengan tangan kiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s