Nicowijaya Narcism

Mereka yang mengenal Nico (panggilan akrabnya) dan pernah pergi bareng-bareng dengannya, pasti setuju bahwa teman Nico ini bejibun di mana-mana. Kami, teman-temannya di Cah Andong, sering terheran-heran dengan begitu banyaknya teman-teman baru yang diajak untuk kopdar bersama. Ada komunitas multiply, ada komunitas flickr, entah apalagi. Banyak teman, demikian kesan saya terhadap pemuda yang aslinya berdomisili di Lampung ini.

Saya sendiri tertarik mengangkat profil di kontes E-Narcism gara-gara karya dia yang menyebar luas di facebook. Jadi waktu itu, sedang heboh-hebohnya gerakan Indonesia United, dengan mengganti avatar di facebook dengan avatar bendera merah putih. Nico, sesuai pengakuannya, bercerita bahwa proses kreatif avatar merah putih dengan logo Indonesia United berlangsung cukup cepat. Penggemar disain minimalis ini lantas meng-upload ke facebook dan men-tag beberapa teman. Yang terjadi selanjutnya di luar dugaan. Tak hanya teman-teman Nico yang memakai avatar hasil karyanya, tapi juga orang-orang lain yang tak Nico kenal.

indonesiaunite-hi-s

Secara personal, saya mengenal Nico sebagai pemuda yang low profile. Tetapi sepak terjangnya di dunia maya membuktikan sebaliknya; cukup narsis:mrgreen: .
Blog sendiri dia ada dua (sekarduside.com dan nicowijaya.posterous.com), yang cukup rajin di update. Selain itu, di situs mikroblogging Plurk, ada sekitar lebih dari 350 teman yang dia miliki. Belum yang di deviant art.
Sebagai blogger, dia juga tergabung di Komunitas CahAndong. Beberapa kali diwawancara oleh media seperti Harian Jogja, sehingga namanya sempat muncul mewakili Cah Andong di beberapa surat kabar, termasuk dengan fotonya nampang di surat kabar tersebut (waktu itu pas Pesta Blogger 2008 mampir di Jogja).

Pemuda yang berprofesi sebagai freelancer di bidang web designer, flash animation, dan graphic desainer ini mengaku, bahwa eksis di dunia maya cukup membantu mendongkrak personal brandingnya. Dulu yang hanya dikenal di kalangan teman-teman kuliahnya, semenjak aktif di dunia maya, jaringannya mulai bertambah di luar kampus. Memang tidak secara langsung, karena Nico dari awal berprinsip untuk tidak money oriented, maka dia lebih tertarik untuk menambah teman daripada cari proyekan. Tapi yang terjadi adalah, dampak tak langsung dari pertemanan itu, dia sering ditawari berbagai proyek.

*Ternyata selain dua blog di atas, ada blog lainnya yaitu nico.wijaya.web.id yang berisi curhatan personalnyaΒ  dan akun lain di posterous yang menyimpan semua hasil karyanya.

Ikuti Kontes E-Narcism, Gaul dan Eksisnya si Teman di Internet, dan menangkan 6 buah iPod persembahan dari Bhinneka.com dan 24 t-shirt E-Narcism dari Grin Clothing.

18 thoughts on “Nicowijaya Narcism

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s