Apa Yang Bisa Dilakukan di Pesta Blogger 2010?

Puncak Pesta Blogger 2010 sudah didepan mata. Setelah lebih dari sebulan roadshow ke berbagai daerah, maka puncaknya di Jakarta tanggal 30 Oktober 2010 di Epicentrum Walk. Yang sudah daftar sudah menyiapkan apa saja? Yang masih ragu, coba dishare disini apa yang menjadi penyebab keraguanmu? Yang sudah pasti tidak hadir, siap bikin ‘event tandingan’ apa? *eh*

Sejak pertama digulirkan pada tahun 2007, pesta blogger tak pernah sepi dari polemik. Entah itu isu pusat-daerah, blogger elit/seleb dan non-seleb,  hingga ancaman pemboikotan terkait penggunaan fasum milik Bakrie pada pesta blogger sekarang.

 

Saya pribadi merasa tidak mempunyai  keterikatan dengan ajang  pesta blogger. Saya memang mengenal beberapa yang duduk dalam kepanitiaan, tetapi itu tidak otomatis membuat saya ‘merasa memiliki’ pesta blogger.  Tahun 2007 sebagai blogger newbie, saya ingin hadir ke pesta blogger  karena penasaran ingin jumpa dengan blogger-blogger yang saya sukai blognya. Tapi pesta blogger selanjutnya tidak membuat saya bernafsu untuk datang. Penyebabnya selain karena merasa tidak wajib datang, juga karena sudah mencicipi rasanya  kopdar. Ketika saya datang ke pesta blogger 2009 pun, lebih karena motivasi ‘dolan’ daripada acara pesta bloggernya sendiri.

 

Pesta Blogger 2010 kali ini sedikit berbeda.  Saya  sudah dua kali terlibat dalam mini pesta blogger yang diadakan di Jogja. Dari pengalaman saya terlibat dalam pbjogja,  saya justru kepengin hadir  pesta blogger di Jakarta besok.  Ada beberapa alasan yang timbul dari refleksi pribadi pengalaman pbjogja 2010.

 

Pesta blogger adalah ajang kopdar raksasa, dimana kita ‘ditantang’ untuk bisa keluar dari zona nyaman kita. Hal terutama kerasa banget bagi mereka yang cenderung introvert. Apalagi saya yang soliter, lebih senang menyendiri. Harus menyapa orang baru, berkenalan, sungguh rasanya seperti reptil buta yang habitatnya di bawah tanah tiba-tiba dibawa keluar ke permukaan dan teran benderan cahaya matahari.

Beberapa kali saya membaca postingan teman-teman yang kecewa ketika hadir di pesta blogger. Kekecewaan itu timbul karena merasa terasing dan dicuekkan oleh seleb-seleb blog. Selain itu juga merasa kesulitan untuk bergabung dengan gerombolan/rombongan blogger. Well, FYI, pesta blogger adalah ajang latihan yang sangat bagus untuk kaum pemalu dan soliter, untuk memperluas zona nyamannya.

Sebenarnya agak susah saya pahami, jika kita kecewa di suatu ajang kopdar karena tidak ada satupun yang menyapa kita, tapi lantas menyalahkan orang lain yang sombong/tidak ramah/tidak menyapa. Saya bisa memahami rasa teralienasi, terasing, dan kesepian ditengah keramaian. Rasa-rasa itu bisa kok dialami bahkan ketika sedang berkumpul dengan orang-orang yang kita kenal. Rasa sesunguhnya adalah netral hingga kita memberi respon, dan respon adalah pilihan kita. Misal kita merasa teralienasi, sesungguhnya terserah kita hendak bereaksi seperti apa. Kita hendak menarik diri dan menyendiri, atau mendatangi mereka dan  membuat nyaman diri kita di situasi  tersebut.

 

Sharing aja dari pengalaman gathering pbjogja kemarin. Walau saya mengenal beberapa hadirin dan hadirot, tapi jauh lebih banyak lagi yang saya belum kenal hadir digathering. Dan saya rupanya masih belum bisa beringsut dari ona nyaman utk menyapa orang yang tak  dikenal. Masih ragu dan malu. Dan akibatnya banyak melewatkan kesempatan untuk menambah rekan dan teman…

 

Jadi, saya bertekad datang ke pesta blogger 2010 dan melatih social skill saya bertemu dengan orang-orang baru.

 

Saya boleh soliter, tapi hal itu tak seharusnya menghambat saya untuk keluar dari ona nyaman.

21 thoughts on “Apa Yang Bisa Dilakukan di Pesta Blogger 2010?

  1. Ping-balik: Praba Nyoba Ngeblog

  2. Saya mau ke pesta blogger, Mbak. Sayang, bis langsung dari kampung saya ke tempat pesta susah muncul. Langka. Jadi nggak bisa datang sih.

    Karena saya mah belum pernah ke pesta blogger. Kalau saya mah kebayang-bayang itu pesta mirip pesta ulang tahun waktu kecil dulu. Waktu masih SD. Dateng ke tempat pesta temen, jam 4 sore. Makan kue. Nyanyi-nyanyi. Terutama lagu wajib, ‘di sana senang di sini senang’.

    Apalagi setelah baca tempat pestanya itu punya Pak Bakrie yang gagah perkasa. Waduh harus kita hormati tuh bapak, kali aja Pak Bakrie muncul. Nanti kalau muncul kan bisa diajak ramai-ramai oleh para blogger, ngopi atau ngeteh di Lapindo. Karena Pak Bakrie sudah berbaik hati memberikan fasilitasnya pada blogger. Maka saya yakin para blogger yang ikut pesta juga berbaik hati akan memberikan fasiltas pada Pak Bakrie untuk mandi lulur uap di Sidoarjo sana. Kali aja, setelah mandi lumpur, Pak Bakrie jadi tambah ganteng dan gagah perkasa.
    😀

  3. kayanya gw juga belon bisa dateng. Gw juga sama kaya Kimi dan punya problem dalam bersosialisasi dengan orang, khususnya yang baru kenal. apalagi gw cuman kenal mereka lewat blog dan belon kenal banget sama pribadi mereka gimana. Nanti jadi kambing congek lagi di sana.

    Jangankan kopdar kayak beginian, reunian aja gw sering males dateng. Hehehe

    mungkin suatu saat nanti saya ada keberanian untuk ikut kopdarnya nanti….

  4. Jarak rumah di Palmerah ke Kuningan sih cuma 30 menit, jalannya lurus-lurus. Tapi tetep ndak bisa datang karena belanja bareng istri kebutuhan calon beibeh qe3 Selamat kopdar🙂

  5. sudah datang tapi tetep malu-malu😆 hasyah payah saya.. dan saya tertampar dengan isi postingan ini, saya ini masih belum pandai bersosialisasi menghadapi orang baru!

  6. Hmmm..
    Introvet? Atau Ngeblognya dan atau komennya sering bablas sehingga
    kalau ketemu orangnya di darat jadi ga enak?
    Hahahaha…

    Cuma saran saja..
    Keep it real and do not let very personal things goes around in cyber…
    :D…

    <== Nggak dateng karena nggak punya blog juga..
    Lagi hobi komen2 doang hahahaha…

  7. ketinggalan informasi banyak banget neh….. T_T
    pengen kapan kapan ikutan pesta blogger ataupun kopdar……

    tp ne bru belajar ngeblog….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s