kayak gini nih, seleb idol…..

Dikopi pais dari Kompas 27 Juli 2007 (dengan bbrp editan biar gak terlalu panjang^^) : 

 Mereka Penampil Sekaligus Pencipta

Budiarto Shambazy

Brian May, gitaris Queen, sebentar lagi menyelesaikan disertasi doktor di bidang ruang angkasa yang sempat ditinggalkan 35 tahun lalu gara-gara dia jadi bintang rock. May tiba di La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, beberapa hari lalu untuk melakukan penelitian observasi astronomis yang dibutuhkan bagi kelengkapan disertasinya yang berjudul “Radial Velocities in the Zodiacal Dust Cloud”.

Menurut Reuters, penelitian itu semestinya telah selesai hari Rabu (25/7). “Mungkin Anda ingin melihat teleskop yang kami pakai,” ujar May di situs pribadinya. “Galileo, Galileo, how full of coincidences life is…,” guyon May (60) yang menirukan lirik lagu paling terkenal milik Queen, Bohemian Rhapsody. Setelah menyerahkan disertasinya ke Imperial College di London, Inggris, ia mesti menunggu dulu tim universitas menilai karyanya yang akan diuji tahun depan.

May sedang kuliah ketika membentuk Queen bersama Freddie Mercury (vokal) serta Roger Taylor (drum) tahun 1970 dan program studi S-3 yang dijalaninya telantar karena Queen ternyata sukses besar. Namun, May terus mengerjakan disertasinya dan akhirnya menulis buku dulu yang berjudul Bang! The Complete History of the Universe bersama Patrick Moore dan Chris Lintott yang terbit tahun lalu.

Awal Juli ini, May—penggubah hit Queen seperti We Will Rock You dan Fat Bottomed Girls itu—menerima gelar doktor kehormatan dari Exeter University di Devon, Inggris. Tahun 2002, ia juga menerima gelar yang sama dari University of Hertfordshire, juga di Inggris. Nah, jika May bermusik sambil menyelesaikan studi, Bob Dylan (66) malah meninggalkan bangku kuliah untuk bermusik.

Tahun 2004, Dylan menerima gelar doktor kehormatan bidang musik dari University of St Andrews di Skotlandia, Inggris. Ikon pemberontakan generasi 1960-an ini juga menerima gelar yang sama untuk bidang ilmu yang sama dari Princeton University, Amerika Serikat (AS), tahun 1970. Ia pantas diganjar penghargaan karena semua universitas di AS mengajarkan lirik lagu-lagu Dylan sebagai mata kuliah wajib di fakultas seni, musik, dan filsafat.

Sebuah teori mengatakan, musisi modern, termasuk yang mendalami pop dan rock, mempunyai intelektualitas lebih baik dibandingkan dengan sekadar penampil semata-mata karena terbiasa menulis lagu serta liriknya. Mereka bukan hanya menjadi “penerjemah” (interpreter) yang tampil ke depan panggung, tetapi merangkap pula sebagai “pencipta” (kreator) yang menghasilkan materi sendiri.

Oleh sebab itu, mereka rata-rata menjalani tingkat pendidikan lumayan dari aneka disiplin ilmu. Art Garfunkel (64), salah satu vokalis Simon and Garfunkel, sarjana S-1 di bidang Sejarah Musik dan lulus S-2 bidang Matematika dari Columbia University. Garfunkel merupakan musisi musik pop yang menjalani pendidikan di universitas elite (“ivy league”) di AS, sementara rekannya, Paul Simon (65) lulus S-1 Sastra Inggris dari Queens College yang kurang terkenal.

Jagger ogah melanjutkan

Almarhum Gram Parsons (1946-1973) yang pernah bermain di The Byrds dan The Flying Burrito Brothers sempat kuliah di Harvard University. Sementara Huey Lewis (57) dari band Huey Lewis and The News juga pernah kuliah di Cornell University. Penyanyi musik rakyat, Joan Baez (66), kuliah di Boston University, tetapi putri profesor fisika itu terlalu malas menyelesaikan kuliah.

Jagger juga sempat kuliah di universitas elite, London School of Economics, tetapi ogah melanjutkan studi karena keburu tenar bersama Rolling Stones. Dexter Holland (41), vokalis The Offspring, meninggalkan status sebagai calon doktor biologi di University of Southern California. Raitt juga tak mau meneruskan kuliah di Harvard University dan Neil Diamond (66) pun melakukan hal yang sama di New York University (NYU).

Salah seorang musisi muda yang jenius adalah Greg Graffin (42), vokalis band punk Bad Religion. Ia meraih dua gelar S-1 bidang Antropologi dan juga S-1 serta S-2 Geologi dari University of California di Los Angeles (UCLA). Masih belum puas, Graffin menempuh pendidikan S-3 bidang Paleontologi dari Cornell University dan saat ini sudah menjadi profesor Biologi di UCLA.

Tom Morello (43), gitaris Rage Against The Machine dan Audioslave, lulus S-2 dengan predikat sangat memuaskan (summa cum laude) di bidang Ilmu Politik Harvard University. Berkat prestasinya ia sempat direkrut menjadi salah seorang staf senior bagi Senator Alan Cranston. Sementara almarhum Sterling Morrison (1942-1995), personel Velvet Underground, mendapat gelar S-3 bidang Literatur Abad Pertengahan dari NYU.

Lebih hebat lagi David Draiman (34) dari band Disturbed. Ia sekaligus meraih tiga gelar S-1 di bidang Bisnis, Ilmu Politik, dan Filosofi dari Loyola University. Sebelum bergabung bersama Disturbed, ia bahkan sudah menjadi ahli administrasi kesehatan masyarakat di sebuah rumah sakit. Tom Scholz (60), gitaris Boston, adalah lulusan S-2 Teknik dari Massachusetts Institute of Technology.

Setelah lulus, ia bekerja sebagai disainer produk perusahaan Polaroid. Tahun 1980, ia membentuk perusahaannya sendiri dan sampai kini telah menghasilkan 34 penemuan teknologi yang sudah dipatenkan. Sekali lagi terbukti bahwa musisi bukan cuma sekadar penampil, tetapi juga pencipta yang karya-karyanya dinikmati kita semua.

Woowww……bahkan Tom Morello yang cool, keren, and seksi abis itu pun makan sekolahan sampe jenjang S2, summa cum laude, Harvard laggggeee. Waw, gak kebayang, salah satu temen S2ku adalah rock star *ngiler*.

Angkat jempol tangan dan jempol kaki buat mereka semua. Rock star, rebel, anti kemapanan, cool, seksi, tapi smart abizzzz……gw kagum bgt sama orang2 kayak gitu. gw bilang mereka jenius. respect !!!!

So, gimana dg gw ? *hueehehehe….ngeloyor malu*

*balik lagi gak mau kalah* Gimana dengan seleb indonesia ?????

One thought on “kayak gini nih, seleb idol…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s