oleh-oleh dari cangkringan, kaliurang

Hari Minggu kemaren, niatnya sih mau jalan-jalan menyusuri kali di Kaliurang. Semi hiking tapi yang fun, untuk beginner macam saya ini.:mrgreen:

Tapi apa daya, hujan yang mengguyur kota Jogja, membuat rencana tersebut terancam gagal. Karena niat jeng-jeng sudah membulat, maka suatu improvisasi diperlukan. Maka, jadilah kemaren jalan-jalan buang bensin menyusuri Kaliurang. Ehm, rindu yang membuncah dengan alam, membuat kami nekat menyusuri Kaliurang sembari berhujan-hujan.

Kali ini tak banyak yang saya katakan, cukuplah gambar yang bicara.

di-atas-jembatan-kalikuning1

Ini di jembatan Kalikuning…eh, sekarang jembatannya baru loh. Baru dibangun, hehehe..udah selesai kok.

Ngalamun di jembatan ini bakalan disuguhi pemandangan Merapi yang indah buanget. Udah gitu, konstruksi jembatannya juga unik, karena menurun di tengah-tengah. Saya ga tahu, ini jembatan lahar ato bukan. Katanya kalo jembatan lahar, konstruksinya beda dengan jembatan biasa.

Trus, yang asik lagi, kamu bisa turun jembatan dan main-main di sungai ^^

*sempet mergoki bekas tapak manusia dan anjing. sepertinya ada yang ngajak anjingnya jalan-jalan menyusuri Kaliurang di pagi hari. Uwaah…jadi pengin punya Siberian Husky..*

jembatan-baru2

jembatan-kalikuing-lawas1

jembatan-kokoh1

brem-bali

*ini intermezzo. nemu botol kosong tak bertuan di pinggir jembatan. huhuuuww….ada yang mencoba untuk menghangatkan diri, rupanya…:mrgreen: *

Pakdheeee…pengen oleh-oleh dari Bali ini nih…πŸ˜›

sayurane-wong-ndeso1

Tau ga, ternyata tanaman meliar seperti ini, yang banyak terdapat di sekitar kali, oleh warga setempat sering dipetik dan dimasak gitu. Sempet ketemu sama ibu-ibu yang lagi methiki tanaman tersebut, ada dua jenis tanaman tapi lupa apa namanya. Katanya enak utk dimasak santan pedas ato dioseng. (mmm)

warung-umbul

warung-umbul2

pemanangan-dpn-warung

Sewaktu lewat warung ini, ntah kenapa, saya jadi ngiler dan memutusan untuk mampir. Sate jamurnya itu looohhh…saya kan suka sekali dengan berbagai jamuran. Kata Pak Bondan, jamur adalah The King of Vegetables. Padahal 40 menit sebelumnya, kami sudah makan lontong tuyuhan di deket kampus UII lho…tapi hawa dingin memang membuat siapapun cepat melapar…:mrgreen:

Dari warung tersebut, kita bisa melihat pemandangan indah, bukit Turgo yang diselimuti kabut dan kebun-kebun nan permai. ^_^

jangan-lobok-ijo

jangan-lombok-ijo2

jangan-lombok-ijo3

puyuh-bacem1

pepes-jamur

Pepes jamur ini sungguh sedap dan bisa untuk oleh-oleh. Cuma 1500 perak pebungkus. Kaliurang sepertinya memang jadi sentra industri kecil jamur, banyak yang membudidayakan jamur, terlihat dari banyaknya grajen untuk media jamur di rumah-rumah.

Olahan jamur yang lain, yang ohhhh….sungguh sedaaappp….. *merem melek*

sate-jamur-tiram

sunflower2

sunflower3

sunflower4

sunflower

minta-kembang

Ndak jauh dari warung tersebut, ada kebun cabe yang pinggirnya dipenuhi dengan bunga matahari. Berhubung bunga matahari ini termasuk bunga favoritku, jadilah ku manfaatkan untuk menikmatiΒ  keindahannya, syukur kalo bisa minta bijinya untuk ditanam. Eeee….ternyata boleh. Tuh, sama si Ibu, malah diambilin biji-biji dari bunga yang sudah tua.Β  See, bunganya tinggi ya ? Konon, tingginya bisa mencapai dua meter lho.

Kali ini, rute bergeser ke arah Kaliadem. Pemandangan di Kaliadem lebih eksotis, karena jika kita minggir sedikit, sudah bisa menyaksikan jurang-jurang nan curam. Dari atas kita bisa menyaksikan sisa-sisa wedhus gembel yang berubah wujud menjadi berkah bagi sebagian orang : tambang pasir.

Tak lupa, kalau mau terus, kita bisa ber-lava tour. Berhubung sudah sering, kami memutuskan untuk terus menyusuri jalur alternatif.

kaliadem2

kaliadem

tambang-pasir21

tambang-pasir

pedhut

Karena kabut alias pedhut semakin tebal (sementara kegiatan penambangan di bawah kami tidak jua berhenti), maka kami memutuskan pulang. Tentu saja dengan membawa segepok peps jamur yang menanti untuk dipanggang.

THE ENDΒ Β Β Β Β Β Β Β Β :mrgreen:

20 thoughts on “oleh-oleh dari cangkringan, kaliurang

  1. mau tongseng jamuuur… slurrp.

    meong : mana tongseng jamur di post ini ? keknya aku ga nyebut deh. jangan2 yang dimaksud adl sate jamur tiram, yg di foto ya ?

    kali tongeng jamur, yang aku tahu di warung sop sapi ‘Selaras’ di deket perumahan komperta purwomartani. enak tuh, tongsengnya, nyamleng tenan…

  2. Asyeeemmm….
    Jadi laper lagi…
    *salto ke warung*

    meong : aku juga masih terbayang2 rasa sate jamur tiram itu e….:mrgreen: pepesnya juga sedap e…..sekali makan aku minimal 3 bungkus tuh…

  3. itu rumah makan bekas Madame Dati?

    meong : bukan, zam, yang ini beda. menunya seperti yang kamu lihat di foto, beda dg madame dati. malah ada nasi goreng ijo dan menu standar macam ayam2an gitu. menu madam dati yang wajib ada, jamur tiram goreng krispi, ndak ada.

    mantab ini jeng-jengnya!

    meong : ayooo…nek balik jogja, musti rame2 dolan nang kaliurang iki…

  4. whoa…pengen makaaan !!!!
    mana oleh -olehnya, mbak e? tar bawain dong spesial buat mina, ke bandung. yah..? yah? yah?
    *peluk mbak memet*

    meong : *pengen ke bandung lagiiiii* *peluk mina*

  5. coba hotelnya ??πŸ˜‰

    meong : jaremu ono hotel sing garasine nyambung karo kamar…neng endi kuwi ?πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

  6. mantaph ku jadi pengen ke kaliurang lagi…
    terakhir taon 2002 khlo dak salah…

    “salam kenal mbak meong…”

    meong : wuah…..suah enam tahun berselang, kaliurang sudah berubah banyak. apalagi semenjak wedhus gembel 2006. kalikuning saja susunan batunya sudah berubah. untungnya, tetep adem…

  7. ngiler aku liat foto foto menu jamur. bulan depan mo mampir ah. mohon dipandu ya!

    meong : siap, pak !:mrgreen:
    itu dari arah jembatan kalikuning, ke arah The Cangkringan Resort. warungnya tusuk sate gitu, tepat di pertigaan.

  8. jembatan yang menurun di tengah kuwi jane….checkdamp, alias bendungan lahar yang difungsikan di atasnya sekaligus sebagai jalur evakuasi dab!

    meong : oh begitu….checkdamp…
    eh ??? dab ? DAB ???

  9. wahh aku jadi ngilaer nich……
    mas jangan di poting aja dong….tapi kirim juga ke kos aku tu tongseng jamur….ntar ku bayar dech….hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s